Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI I KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN SEPRIS YONALDI, SE,.MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI I KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN SEPRIS YONALDI, SE,.MM."— Transcript presentasi:

1 MATERI I KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN SEPRIS YONALDI, SE,.MM.

2 Para wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses Geoffrey G. Meredith et al (2000) Umum Seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan sumberdaya seperti financial (money), bahan mentah (matrials), dan tenaga kerja (labors), untuk menghasilkan suatu produk baru, bisnis baru, proses produksi atau pengembangan organisasi usaha Marzuki Usman, 1997:3 Konteks Manajemen

3 Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumberdaya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup KATA KUNCI KEWIRAUSAHAAN KATA KUNCI KEWIRAUSAHAAN KREATIF & INOVATIF

4 Tujuan Umum Mata Kuliah :  1.MAHASISWA BERPIKIR KRITIS,KREATIF,SISTEMIK, ILMIAH,BERWAWASAN LUAS,DAN MEMILIKI ETOS KERJA.  2.MAHASISWA MEMILIKI SEMANGAT BERWIRAUSAHA DAN JIWA BISNIS.  3.MAHASISWA MEMLIKI KESADARAN AKAN PENTINGNYA ILMU PENGETAHUAN UNTUK MEMULAI DAN MENGEMBANGKAN BISNIS.

5  4.MAHASISWA MEMILIKI KESADARAN UNTUK MERUBAH BUDAYA MENCARI KERJA MENJADI BUDAYA MENCIPTAKAN KERJA DAN MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA.  5.MAHASISWA MEMILIKI KESADARAN UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN DENGAN MELAHIRKAN KEMAMPUAN DAN MEMILIKI CITA-CITA YANG TINGGI.

6 Tujuan khusus MK Kewirausahaan  1.Agar memiliki minat kemauan dan kemampuan menjadi wirausahawan  2.Agar termotivasi untuk mendirikan usaha, terutama usaha kecil dan menengah  3.Agar memahami teknik untuk mendirikan usaha, cara membaca peluang usaha dan menjalankan usaha secara profesional  4.Mampu merancang rencana wirausaha kedepan dimulai dari sekarang.

7 KOMPETENSI DASAR DARI MK. KEWIRAUSAHAAN  1).MENJADI ILMUWAN DAN PROFESIONAL YANG BERFIKIR KRITIS,KREATIF,INOVATIF,SISTEM IK DAN ILMIAH  2).MENJADI WIRAUSAHAWAN YANG BERBASIS ILMU PENGETAHUAN,DENGAN MODAL “BISNIS”.

8 “B I S N I S “  B = BERBASIS ILMU  I = INOVATIF  S = STRATEGI  N = NIAT YANG KUAT  I = INFORMASI DAN TEKHNOLOGI  S = SUPEL

9 KEWIRAUSAHAAN / ENTREPRENEURSHIP  Pertanyaan : Apa yg akan dilakukan setelah mempelajari mata kuliah Kwrushn  A.Mencari pekerjaan / jadi pegawai  B.Menjadi Wirausahawan  C.Menjadi karyawan sambil berwirausaha

10  Bagaimana motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa.?  Bagaimana orientasi mahasiswa setelah lulus.?  1.Hanya mencari kerja, bukan menciptakan lapangan kerja,  2.Jumlah orang yg menganggur tiap thn bertambah,  3.Pertumbuhan lapangan kerja semakin sempit.

11 Sistem Pendidikan di Indonesia  Seorang penulis buku ttg Motivasi yaitu Max Gunther pernah mengkritik sistem pendidikan di Amerika Serikat tahun 70 an katanya hanya akan melahirkan lulusan “ Sanglaritis “ artinya mereka mempunyai mental buruh, yaitu ingin menjadi pegawai negeri atau pegawai swasta,kurang mampu dan mau menciptakan lapangan kerja sendiri, kasus di Indonesia hal itu masih terjadi sampai sekarang.

12 Kasus pengangguran di Indonesia  Jumlah pengangguran di Indonesia 10 % adalah kaum intelek yg menyandang gelar pendidikan perguruan tinggi.  Bahan Diskusi : Siapakah yang bersalah;apakah mahasiswa, orang tua atau pemerintah.?

13 Hasil penelitian :  Mahasiswa sulit untuk mau dan memulai wirausaha dg alasan mereka tdk diajar dan dirangsang berusaha sendiri;  Didukung oleh lingkungan budaya masyarakat dan keluarga yg dari dulu selalu ingin anaknya menjadi orang gajian / pegawai;  Para orang tua kebanyakan tdk memiliki pengalaman dan pengetahuan berusaha.

14 Ir.Ciputra (Kompas )  Generasi muda sdh saatnya mengubah pola pandang,jangan hanya berfikir menjadi pegawai setelah lulus dari Lembaga Pendidikan Tinggi,apalagi Pegawai Negeri,menjadi Wirausaha perlu difikirkan sebagai pilihan.  Untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan Indonesia butuh 4 juta wirausaha terutama yg Inovatif,di Indonesia baru ada atau 0,18% sebaiknya 2% dari populasi.

15 Ada tiga jenis Wirausaha (Ir.Ciputra)  1.Necessity Entrepreneur yaitu menjadi wirausaha karena terpaksa dan desakan kebutuhan hidup.  2.Replicative Entrepreneur,yang cenderung meniru-niru bisnis yang sedang ngetren sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan.  3.Inovatip Entrepreneur,wirausaha inovatip yang terus berpikir kreatif dlm melihat peluang dan meningkatkannya.

16  Maka mereka lebih cenderung mendorong anak-anaknya untuk mencari pekerjaan atau menjadi karyawan;  Orang tua merasa lebih bangga bahkan merasa terbebas,bila anaknya telah selesai kuliah mampu menjadi pegawai;  Salah satu faktor lain adalah tidak ada atau sulitnya memiliki modal untuk berwirausaha.

17 Solusi :  Lembaga pendidikan tinggi diharapkan mampu menciptakan jiwa wirausaha sehingga mereka mampu mandiri dan menciptakan lapangan kerja;  Pendidikan Kewirausahaan / Entrepreneurship Indonesia perlu ditingkatkan.

18 Latar belakang perlu berwirausaha  Agar mampu menatap masa depan yang lebih baik,  Berwirausaha diharapkan seseorang mampu mandiri,membuka lapangan kerja bagi orang lain.  Menjadi Bos bagi usahanya atau lebih baik membayar gaji dari pada menjadi orang gajian.

19 Mengubah Pola Pikir :  Bagaimana mengubah pola pikir baik mental maupun motivasi orang tua,dosen dan mahasiswa agar kelak anak-anak dibiasakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dari pada mencari pekerjaan.

20 Kendala bagi seseorang memulai usaha :  Adanya ketakutan akan rugi atau bangkrut;  Merasa tidak memiliki masa depan yang pasti jika berwirausaha;  Merasa bingung darimana memulai usaha.

21 WIRAUSAHA DENGAN CERDAS?  PRINSIP : 1. Pahami setiap tindakan yg akan dilakukan, ikhlas, terencana, terkonsep,dengan langkah & strategi jitu jgn sekedar iseng atau coba-coba. 2. Peluang sukses selalu ada; kerja keras, lurus dan benar, cermat, serta hemat

22 Wirausaha/bisnis berbasis Ilmu  A.Penguasaan terhadap konsep Manajemen adalah Kunci sukses menjalankan bisnis atas dasar wawasan dan cara pandang ke depan yang akhirnya menjadi pilihan.

23  Mengetahui teknik pemasaran.  Menanamkan motivasi sehingga bergerak secara dinamis,kompak.  Mengatur pos pengeluaran,tidak besar pasak dari pada tiang

24  B.Mereka yang sukses dalam melakukan usaha / bisnis orang yang punya Visi dan Misi, ketrampilan, keberanian, dan keyakinan, integritas dan komitmen moral yang tinggi, kedermawanan, serta tidak sekali-kali mencoba berbuat dusta atau bohong.

25  C.90 presen orang kaya itu karena bisnis bukan menjadi pegawai / karyawan perusahan.  D.Kemiskinan dan kefakiran merupakan ancaman dan tantangan.  E.Yakinkan bahwa bisnis merupakan perintah Tuhan dlm mencari nafkah shg dekatkanlah sikap dan tatacara bisnis anda dengan nilai spiritual.

26 Shidiq : jujur dan berani Amanah : dipercaya Tabligh : betanggungjawab Fatonah : mempunyai kecerdasan serta peduli terhadap lingkungan

27  Dpt dipercaya  Kemampuan menghadapi berbagai karakter manusia  Kemampuan dalam administrasi  Dpt melihat resiko dalam penjualan  Mengembangkan kreatifitas dan inovasi  Mampu mengatur keuangan

28 INSTING USAHA / BISNIS ?  Kemampuan membaca pasar  Kemampuan negoisasi / tawar menawar  Kemampuan menentukan kapan dapat mengambil keuntungan / tidak  Kemampuan utk mengetahui dan menemukan sumber2 potensi  Supel, ramah, sopan, menghargai dan menghormati dg tdk mengurangi nilai harga diri.

29 Bgmna memulai usaha / Bisnis ?  Lihat keadaan pasar yg kompleks dan dinamis  Dpt mjd mesin penggerak bisnis  Lihat kebutuhan dan harapan konsumen  Bangun tg jawab etika moral  Inovasi produk pasar dan modal bisnis  Komunikasi yg baik thdp konsumen

30  Pelayanan secara personal pd konsumen  Ukur kemampuan finansial dg jenis bisnis  Dapatkan nilai ekonomis

31 Kesadaran Pentingnya Ekonomi yg Kuat  Dengan ekonomi yg kuat manusia dpt memenuhi sgla kebutuhan hidupnya : sandang, pangan, papan, kesehatan.

32 9 Karakteristik Wirausaha Dorongan Berprestasi David Mc Clelland Optimis Berorientasi Pada Hasil Karya Yang Baik Mampu Mengorganisikan Berorientasi Pada Uang Sangat Bertanggung Jawab Berorientasi Pada Imbalan Bekerja Keras Memperhatikan Kualitas Semua wirausahawan yang berhasil memiliki keinginan besar untuk mencapai suatu prestasi Sebagai besar wirausahawan “mabuk kerja”, demi mencapai sasaran yang ingin di cita-citakan Wirausahawan menangani dan mengawasi sendiri bisnisnya sampai mandiri, sebelum ia mulai dengan usaha baru lagi Wirausahawan sangat bertanggung jawab atas usaha mereka, baik secara moral, legal, maupun mental Wirausahawan mengharapkan imbalan yang sepadan dengan usahanya. Imbalan itu tidak hanya berupa uang, tetapi juga pengakuan dan penghormatan Wirausahawan hidup dengan doktrin semua waktu baik untuk bisnis, dan segala sesuatu mungkin (Excellence Oriented); Seringkali Wirausahawan ingin mencapai sukses yang menonjol, dan menuntut segala yang first class Kebanyakan wirausahawan mampu memadukan bagian-bagian dari usahanya dalam usahanya. Mereka umumnya diakui sebagai “komandan” yang berhasil Uang yang dikejar oleh para wirausahawan tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan pengembangan usaha saja, tetapi juga dilihat sebagai ukuran prestasi kerja dan keberhasilan

33 Geoffry G Meredith (1996:5-6) 6 Ciri & Watak Kewirausaha NoCiri-CiriWatak 1Percaya Diri Keyakinan, ketidak ketergantungan dan optimis 2 Berorientasi pada tugas dan hasil Kebutuhan untuk berprestasi. Berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energic dan inisiatif 3Pengambilan Resiko Kemapuan untuk mengambil resiko yang wajar dan suka tantangan 4Kepemimpinan Perilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain, menanggapi saran dan kritik 5Keorisinilan Inovatif dan kreatif serta fleksibel 6Berorientasi ke masa depan Pandangan kedepan, perspektif

34 M, Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993:6-7) 8 Karakteristik Wirausaha Desire for responsibility Memiliki tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya Future orientation Beorientasi ke masa depan, perspektif dan berwawasan jauh kedepan Skill at organizing Keterampilan mengorganisasikan sumberdaya untuk menciptakan nilai tambah Value of achievement over money Selalu menilai prestasi dengan uang Desire for immediate feedback Selalu menghendaki umpan balik segera High level of energy Memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya Preference of moderate risk Menghindari resiko yang rendah maupun yang tinggi Confidence in their ability to success Percaya akan kemampuan diri sendiri untuk berhasil

35 Keuntungan & Kerugian Berwirausaha  Kesempatan untuk mengontrol jalan hidup sendiri dengan imbalan kepemilikan yang diperoleh dari kemerdekaan untuk mengambil keputusan dan resiko  Kesempatan menggunakan kemampuan dan potensi diri secara penuh dan aktualita diri untuk mencapai cita-cita  Kesempatan untuk meraih keuntungan tak terhingga dan masa depan yang lebih baik dengan waktu yang relatif lebih singkat  Kesempatan untuk memberikan sumbangan kepada masyarakat dengan lapangan kerja dan pengabdian serta memperoleh pengakuan KEUNTUNGAN KERUGIAN Tidak ada kepastian pendapatan Resiko kehilangan modal/asset/investasi Meningngalkan zona kemapaman Geoffrey G. Merideth

36 KEUNTUNGAN Keuntungan & Kerugian Berwirausaha  Otonomi (Pengelolaan yg bebas & tidak Terikat - “Boss”)  Tantangan Awal dan Perasaan Motif Prestasi (Merupakan hal yg mengembirakan, peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan, sangat memotivasi wirausaha)  Kontrol Finansial (Bebas dalam mengelola keuangan dan merasa sebagai kekayaan sendiri) KERUGIAN Peggi Lambing & Charles L Kuehl Pengorbanan Personal (Pada awal bekerja keras, sedikit waktu untuk kepentingan keluarga dan rekreasi) Beban Tanggung Jawab (Mengelola semua fungsi bisnis, baik pemasaran, keuangan, personil, dll) Margin Keuntungan Kecil & Kemungkinan Gagal (Mempergunakan Modal sendiri yang relatif kecil sehingga margin kecil)

37 Konsep Pembentukan Kewirausahaan Kekuasaan berada ditangan kaum rohaniawan (AGAMA) yang secara kebetulan adalah orang yang mampu membaca dan menulis Kekuasaan bergeser dari AGAMA ke POLITIK. Penemuan mesin cetak yang memungkinkan pengetahuan dapat disebarluaskan kepada lebih banyak orang Politisi mulai lebih berkuasa dan mempertahankan kekuasaan itu, birokrasi dibuat Kekuasaan bergeser perlahan dari POLITIK ke EKONOMI. Penemuan microchip memungkinkan informasi lebih menyebar kepada kelompok-kelompok yang lebih besar Ekonomi menjadi sangat penting, sehingga menjadi penyebab jatuhnya pimpinan politis Keseimbangan kekuasaan bergeser perlahan dari BIROKRASI menjadi KEWIRAUSAHAAN. (Bill Gates dipilih menjadi orang paling berkuas di Inggris) Perpindahan/Pergeseran Kekuasaan Thn 1000 Thn 1455 Thn 1555 Thn 1970 Thn 1995 Thn 2020

38 Proses Pembianaan Wirausaha Baru di Perguruan Tinggi Klasikal Semester Awal Pembekalan Semester IV - VI Motivasi Usaha Presentasi Proposal Usaha Kunjungan Tempat Usaha Magang Tutorial Monitoring & Evalusi Realisasi Usaha Syarat: - Min. Nilai C - Minat Usha Proses 2 (Smt VII – IX) - Prop. Usaha Mtg - Ada Dukungan Usaha (Pasar, Mnj, Mdl & Teknologi) Kerjasama - P. Tinggi - DUDI - Dikmenti - Perbankan Proses 3 (Lulus S1) Pemantauan & Pemanduan 1-2 thn 3-5 thn 6-10 thn Proses 1 Kerjasama - P. Tinggi - DUDI (Duna usaha & industri) - Dikmenti - Perbankan - BUMN Kewirausahaan Latihan Klasikal Pembinaan Lanjutan


Download ppt "MATERI I KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN SEPRIS YONALDI, SE,.MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google