Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Muhammad Fathurrohman Praktisi Pendidikan di SMPN 2 Pagerwojo sekaligus Akademisi PPs S3 UIN Maliki Malang Disampaikan pada Workshop Peningkatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Muhammad Fathurrohman Praktisi Pendidikan di SMPN 2 Pagerwojo sekaligus Akademisi PPs S3 UIN Maliki Malang Disampaikan pada Workshop Peningkatan."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Muhammad Fathurrohman Praktisi Pendidikan di SMPN 2 Pagerwojo sekaligus Akademisi PPs S3 UIN Maliki Malang Disampaikan pada Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 2 Pagerwojo

2 APA AGENDA KITA? Konsep Visi? Cara Merumuskan Visi? Konsep Misi? Cara Merumuskan Misi Sekolah? Konsep Tujuan dan Sasaran Sekolah? Cara Merumuskan Tujuan dan Sasaran Sekolah? Konsep Strategi Utama Peningkatan Mutu Pendidikan? Perumusan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran SMPN 2 Pagerwojo?

3 Visi Visi dapat diartikan sebagai pandangan, keinginan, cita-cita, harapan dan impian tentang masa depan. Secara istilah: Visi adalah tindakan, kekuatan, kecakapan atau kemampuan melihat dan memahami untuk berimajinasi dalam mempersiapkan masa datang

4 Fungsi Visi Mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok. Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber daya manusia organisasi, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait) Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan.

5 Syarat Visi Menggambarkan kepercayaan-kepercayaan dan kebutuhan dan harapan stakeholder sekolah/madrasah. Menggambarkan apa yang diinginkan pada masa yang akan datang. Spesifik hanya khusus untuk sekolah/madrasah tertentu. Mampu memberikan inspirasi. Jangan mengasumsikan pada sistem yang sama pada saat ini. Terbuka untuk dilakukan pengembangan sesuai dengan organisasi yang ada, metodologi, fasilitas, dan proses pembelajaran.

6 Ruang lingkup Kepercayaan sekolah/madrasah harus sesuai dengan visi organisasi dan berbagai pandangan dari stakeholder. Kepercayaan sekolah/madrasah merupakan statement dari nilai-nilai sekolah/madrasah. Kepercayaan sekolah/madrasah merupakan deklarasi dari harapan sekolah/madrasah terhadap harapan pada produk yang dihasilkan. Kepercayaan sekolah/madrasah harus tepat dan dapat diimplementasikan.

7 Ruang Lingkup Visi Kepercayaan sekolah/madrasah akan menjadi pedoman dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Kepercayaan sekolah/madrasah merefleksikan ilmu pengetahuan, filosofi, dan semua perbuatan yang dilakukan sekolah/madrasah. Kepercayaan sekolah/madrasah merupakan komponen kunci dari perencanaan strategis

8 Warning! Ukuran ketercapaian visi tersebut masih sangat interpretatif karena masih bersifat kualitatif dan akan diinterpretasikan dengan sangat beragam oleh seluruh komponen sekolah/madrasah. Maka untuk mencegah penafsiran yang beragam harus ada KPI (Key Performance Indicators)

9 Contoh Visi Terwujudnya insan cendekia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, mandiri, kompetitif, berwawasan global, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan pembaharuan pemikiran keislaman serta bahasa dan seni

10 KPI Mampu bertindak sesuai dengan akhlak mulia, mandiri dan berkompetisi Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mampu melakukan pembaharuan pemikiran keislaman yang berbasis metodologis. Mampu berbicara dengan bahasa asing dan mengembangkan lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyah)

11 Misi Misi merupakan perwujudan yang lebih jauh dari visi. Secara Istilah, misi adalah tujuan fundamental dan unik yang menunjukkan perbedaan suatu organisasi dengan organisasi yang lain sejenis dan mengidentifikasi cakupan (scope) organisasinya

12 Syarat Misi Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan. Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap bidang utama yang digeluti organisasi.

13 Hal yang harus diperhatikan Misi harus mampu menggambarkan berbagai kepercayaan dan nilai-nilai yang dianut sekolah/madrasah. Statement misi harus berorientasi ke masa depan dan mampu menggambarkan sekolah/madrasah pada masa yang akan datang dengan berpijak pada apa yang telah ada.

14 Hal yang harus diperhatikan Statement misi harus fokus pada pencapaian visi. Statement misi bukan sesuatu yang umum, tetapi khusus berlaku untuk sekolah/madrasah tertentu. Statement misi merupakan statement yang singkat dan padat tidak lebih dari dua kalimat.

15 Contoh Misi Mengantarkan mahasiswa mampu berfikir kritis, metodologis, dinamis, mandiri dan peduli terhadap lingkungan sosial yang berwawasan universal dan global. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasarkan pada hasil penelitian dan kajian ilmiah yang berbasis akademik.

16 Lanjutan Mengembangkan kemampuan berbahasa (terutama Bahasa Arab dan Inggris) baik lisan, tulisan maupun terjemahan serta minat dan bakat secara maksimal bagi civitas akademika. Memberdayakan lembaga dengan berbagai unitnya sehingga menjadi sumber belajar yang ideal.

17 Warning! Untuk merumuskan misi, maka harus memperhatikan KPI yang dirumuskan dalam visi.

18 Formulasi Tujuan dan Sasaran Tujuan dan sasaran merupakan arah atau keadaan yang akan diupayakan untuk dicapai sekolah/madrasah dalam kurun waktu sedang dan pendek. Kurun waktu sedang itu berkisar antara 2-3 tahun sedangkan pendek paling lama 1 tahun.

19 Lanjutan Tujuan dan sasaran harus bernaung di bawah visi sekolah/madrasah tersebut. Jika sekolah/madrasah memiliki unit-unit atau bagian, maka tujuan dan sasaran dapat merupakan tujuan dan sasaran unit atau bagian- bagian tersebut.

20 Rumus Formulasi Tujuan dan Sasaran SMART (Specific, Measurable, Attainable, Responsible, Time Frame) (spesifik, dapat diukur, berdasar sumber daya yang ada, ada penanggung jawab dan memiliki kerangka waktu)

21 Contoh Dapat dilihat dalam pedoman pembuatan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran sekolah

22 Tugas dan Aplikasi Buat Formulasi visi, misi, beserta KPI lembaga anda! Tentukan tujuan, dan sasaran Lembaga pendidikan anda dengan rinci! Model 1, 4 dan 8 Tahun

23


Download ppt "Oleh : Muhammad Fathurrohman Praktisi Pendidikan di SMPN 2 Pagerwojo sekaligus Akademisi PPs S3 UIN Maliki Malang Disampaikan pada Workshop Peningkatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google