Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membaca Cepat Permulaan MATERI BAHASA INDONESIA 2013 SMK NURUL AMANAH ABDUL MUIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membaca Cepat Permulaan MATERI BAHASA INDONESIA 2013 SMK NURUL AMANAH ABDUL MUIS."— Transcript presentasi:

1 Membaca Cepat Permulaan MATERI BAHASA INDONESIA 2013 SMK NURUL AMANAH ABDUL MUIS

2 Cara membaca cepat bagi pemula dengan kecepatan 120 – 150 kpm (kata per menit) seperti berikut : 1.Carilah bacaan ringan yang banyaknya lebih kurang 300 kata. Atau jika bacaan panjang hitunglah setiap kata dalam bacaan hingga jumlah 300 kata (Lihat cara perhitungannya dalam penjelasan selanjutnya). 2.Sebelum membaca, catatlah dulu waktu mulai setepat- tepatnya. 3.Selesai membaca, catatlah waktunya. 4.Hitung berapa menit dan detik lamanya membaca. 5.Jika belum sampai target, ulangilah kembali dari awal pada bacaan yang lain. 6.Setelah mencapai target waktu, cobalah menguraikan kembali hal yang sudah dibaca dengan bahasa sendiri untuk mengukur tingkat ingatan dan pemahaman.

3 Membaca cepat bukan membaca dengan cepat tanpa ada yang terserap dari isi bacaan karena tujuan membaca adalah memahami isi bacaan yang dibaca. membaca cepat pemahaman adalah membaca dengan waktu yang lebih cepat dari membaca normal namun tetap dapat memahami isi bacaan sekurang-kurangnya 60 persen. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengubah pola membaca yang salah yang sudah menjadi kebiasaan dengan sistem membaca yang baru.

4 Cara lama Membaca cepat yang harus dihilangkan itu meliputi hal-hal berikut. 1.membaca dengan suara nyaring atau melafalkan kata per kata. 2.membaca dengan menunjukkan jari pada bacaan. 3.membaca dengan menggerakkan kepala mengikuti baris bacaan. 4.membaca dengan melihat kembali ke bacaan sebelumnya/regresi. 5.membaca dengan menggerakkan bibir. 6.membaca dengan melafazkan dalam batin atau pikiran kata-kata yang dibaca atau subvokalisasi.

5 Rumus mengukur kecepatan membaca dengan ukuran satuan kata per-menit (kpm). CONTOH : seseorang membaca 300 kata dalam 1 menit atau 120 detik,kecepatan membacanya:

6 Tips Untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan yang dibaca 1.Hitung jumlah kata dalam lima baris dahulu lalu bagi lima. 2.Hasilnya merupakanjumlah rata-rata per baris dari bacaan itu. 3.Lalu hitung jumlah baris yang dibaca 4.kalikan dengan jumlah rata-rata tadi 5.hasilnya merupakan jumlah kata yang dibaca

7 Jumlah kata per lima baris 50 kata : 5 Jadi jumlah per baris 10 kata Jumlah baris dalam bacaan yang dibaca 30. Maka, jumlah kata yang dibaca adalah 30 X 10 = 300 kata


Download ppt "Membaca Cepat Permulaan MATERI BAHASA INDONESIA 2013 SMK NURUL AMANAH ABDUL MUIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google