Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Materi informasi yang dibutuhkan media, salah satunya bersumber dari PR.  Namun media massa terkadang “curiga” dan khawatir, informasi lebih diwarnai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Materi informasi yang dibutuhkan media, salah satunya bersumber dari PR.  Namun media massa terkadang “curiga” dan khawatir, informasi lebih diwarnai."— Transcript presentasi:

1

2  Materi informasi yang dibutuhkan media, salah satunya bersumber dari PR.  Namun media massa terkadang “curiga” dan khawatir, informasi lebih diwarnai kepentingan organisasi yang bersangkutan.  Sedangkan media, dalam hal ini selalu memposisikan sebagai pihak yang netral dan berpihak pada kepentingan publik.  Jadi, PR harus menyampaikan informasi dengan mengutamakan kepentingan publik.

3  Laba perusahaan PT Elektromando mengalami peningkatan 100 persen tahun ini dan mencapai Rp 4 miliar. Kuntungan tersebut direncanakan akan digunakan untuk pengembangan perusahaan di Indonesia bagian Timur. Presiden Direktur PT Elektromando, Yan Wijaya mengungkapkan hal itu, kemarin (2/12) di Jakarta.

4  Sekitar 1000 tenaga kerja diperlukan oleh industri pengolahan kayu di wilayah Indonesia timur tahun ini. Presiden Direktur PT Elektromando, Yan Wijaya mengatakan tadi siang, kepada pers di Jakarta. Menurutnya, industri pengolahan kayu di wilayah tersebut memiliki prospek yang sangat baik. Oleh karena itu, perusahaannya, akan melebarkan sayap seiring dengan meningkatnya laba perusahaan dalam lima tahun terakhir sebesar 100 persen per tahunnya.

5  Segera dan cepat : perangkat teknis produksi berita sampai dengan telinga pendengar radio, sederhana dan praktis. Biaya produksi juga lebih murah.  Aktual dan faktual : informasi radio paling cepat, paling baru dan sangat menarik faktanya.

6  Penting bagi masyarakat luas : informasi radio sangat dibutuhkan oleh pendengarnya.  Memiliki dampak luas : informasi terbaru dapat diakses oleh banyak orang.  Kelemahan :  Terbatas untuk indera pendengaran  Sering menghadapi gangguan suara (noise)  Personal.

7  Heterogen  Pribadi  Aktif  Selektif

8  Menggunakan kata-kata yang umum, lazim digunakan, sederhana dan mudah dipahami.  Hindari kata-kata yang sulit dimengerti :  Contoh : Perguruan tinggi hendaknya menciptakan academic milieu…  Sebaiknya ditulis : Perguruan tinggi hendaknya menciptakan lingkungan ilmiah …

9  Hindari penggunaan angka yang rumit.  Contoh : “lima ribu koma enam puluh”, diganti menjadi “sekitar lima ribu”  Bahasa yang menyentuh emosi  Contoh : Musibah kembali terjadi di Mekkah dan menimpa para jemaah haji. Ratusan jemaah haji meninggal dunia dan luka-luka saat melempar jumrah kemarin siang.

10  Kalimat ringkas dan hindari anak kalimat.  Contoh : “Indonesia dan Malaysia sepakat untuk menyelesaikan masalah Ambalat dengan sebaik- baiknya, sehingga kedua negara bisa saling menjalin hubungan erat dan menjaga kawasan Asean menjadi kawasan yang tetap aman serta damai.” Sebaiknya diubah menjadi : “ Indonesia dan Malaysia sepakat menyelesaikan kasus Ambalat dengan baik. Kedua negara juga tetap ingin menjalin hubungan erat dan menjamin kawasan Asean aman dan damai.”

11  Fokus pada kebutuhan pribadi.  Contoh : Jemaah haji asal Indonesia dikhawatirkan ikut terkena musibah runtuhnya hotel…  Fokus pada fakta yang menarik  Contoh : Kasus busung lapar kembali merebak di tengah masyarakat. Lima orang balita di desa Melati, Banten, Jawa Barat mengalami busung lapar dan kurang gizi.

12  Memberi gambaran  Seorang ibu menangis sedih karena dua anaknya tewas terkena banjir bandang di Jember.  Sebaiknya ditulis :  Trini menjerit dan menangis keras, ketika menemukan jenazah kedua anaknya saat banjir bandang telah surut kemarin siang di Jember. Tak henti-hentinya ia mengeluh dan menyesali kematian kedua buah hatinya.

13  Contoh lain :  Angin puting beliung yang melanda wilayah Bogor meluluhlantakkan banyak bangunan, termasuk rumah penduduk.  Sebaiknya ditulis :  Angin puting beliung yang melanda wilayah Bogor, menghancurkan 5 rumah penduduk, satu masjid, dan satu sekolah dasar.

14  Satu pokok pikiran pada satu kalimat  Tidak menggunakan kalimat langsung  Gambarkan  Dibagi per bagian, bukan per alinea  Penembakan secara serampangan kembali lagi terjadi di Amerika // Insiden terbaru berlangsung kemarin di pusat perbelanjaan Omaha, Nebraska // Pelaku adalah remaja usia sembilan belas tahun bernama Robert Hawkins // Ia menembakkan senjata semi otomatis membabi buta// Delapan orang tewas serta lima orang luka-luka, lalu ia menembak dirinya sendiri //

15  bahwa  adalah  telah  akan  sedang

16  Dalam pembuatan radio release, perhatikan durasi berita.  3 kata = 1 detik  Durasi news release umumnya detik

17  Masukkan (insert) aktualitas untuk menghidupkan suasana dan menguatkan informasi  Aktualitas ada 2 macam :  Statement nara sumber, baik saat pidato atau wawancara  Suara tertentu yang bisa menggambarkan situasi.

18  Aktulitas yang baik digunakan untuk sebagian berita, bukan pengulangan.  Contoh :  Kata pengantar : Petani di sejumlah daerah resah menyusul kebijakan impor beras. Mereka khawatir, impor beras akan menjatuhkan harga beras lokal. Bagaimana dengan pernyataan Bulog berkaitan dengan masalah ini ?  Insert : “Impor beras dilakukan untuk mengganti simpanan beras Bulog. Beras tersebut tidak akan dilempar ke pasar dan tidak akan mempengaruhi harga beras lokal”, (insert suara pernyataan Kabulog).

19  Hindari jargon-jargon, akronim, bahasa hukum, istilah yang tidak lazim  Jelaskan jabatan lebih dulu, baru nama orangnya  Jelaskan dengan runtut dan sederhana  Jelaskan dengan konkret

20  Pada hari Rabu, tanggal 6 Desember 2012, saya melihat seorang pedagang wanita tua yang menjajakan dagangannya di atas kepala dan di badannya. Dia terpaksa berkeliling menjajakan dagangannya setelah penertiban di Ciledug yang melarang pedagang menggelar dagangannya di kaki lima. Setelah ada perbelanjaan Carefour, Ciledug, lebih tertib.

21  Usia dan nama wanita pedagang  Jenis dagangannya  Berapa lama ia berdagang  Kesannya saat sebelum dan sesudah adanya Carefour  Keuntungan sebelum dan sesudah ada Carefour  Apakah memang karena adanya Carefour, maka pedagang dilarang berdagang ?

22  Peresmian hypermarket Carefour awal Desember lalu di Ciledug, Banten, berbuah kesengsaraan// Setidaknya hal itu dirasakan Sri, wanita berusia empat puluh tahun// Wajahnya berkerut melebihi usianya, menandakan beratnya beban hidup// Peresmian Carefour, mensyaratkan ketertiban lingkungan//

23  Pedagang sayur mayur, semula menggelar dagangan di pinggir jalan seputar ritel raksasa itu// Kini mereka tak lagi ada// Para pedagang terpaksa pindah atau berkeliling, menjajakan dagangannya seperti Sri// Mereka terpaksa kehilangan pelanggan tetap// keuntungan pun tak lagi utuh//  Insert : …

24  Insert suara Sri dengan latar belakang suara lalu lintas dan hingar bingar lingkungan : “Banyak dagangan saya yang tidak laku. Saya jadi bingung”.  Inilah potret pembangunan yang tidak berpihak pada rakyat kecil // Kemanakah mereka harus mengadu ?//.

25  Harian Arab News di Arab Saudi melaporkan pemerintah Saudi berencana membangun monorail yang menghubungkan tempat- tempat suci untuk mengangkut jamaah haji pada musim haji yang akan datang.  Berikut reporter kami Larasati melaporkan dari Arab Saudi :

26  “Pemerintah Saudi berencana membangun monorail yang menghubungkan tempat- tempat suci untuk mengangkat jamaah haji pada musim haji. Hal ini disampaikan oleh Menteri Transportasi Arab Saudi Riyad Al Ashim dalam acara konferensi pers di Hotel Hilton Internasional Arab Saudi.”

27  Pemerintah Saudi Arabia akan membangun monorail ke tempat-tempat suci di Makkah dan Madinah // Pembangunan dimulai Januari dua ribu delapan dan selesai dua ribu sembilan //  Insert : “Panjang monorail mencapai 200 kilometer. Biaya pembangunan diperkirakan mencapai 500 juta real.”  Demikian penjelasan Menteri Transportasi Arab Saudi Riyad Al Ashim dalam konferensi pers, Rabu dua Januari (2008).

28  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan pola pembatasan kendaraan pribadi setelah sarana transportasi massa beroperasi penuh. Perencanaan ini sebagai antisipasi perkiraan puncak kemacetan di tahun 2012.

29  Pembatasan kendaraan pribadi di jalan-jalan protokol Jakarta akan diberlakukan tahun duaribu dua belas // Pada saat itu, sarana transportasi massa telah tersedia dan beroperasi penuh.  Insert :  “Kebijakan ini untuk mengantisipasi terjadinya puncak kemacetan lalu lintas tahun dua ribu sebelas,” demikian menurut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.


Download ppt " Materi informasi yang dibutuhkan media, salah satunya bersumber dari PR.  Namun media massa terkadang “curiga” dan khawatir, informasi lebih diwarnai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google