Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng. Input Devices Keyboard, speech, handwriting Mouse Perangkat penunjuk 3D Layar sentuh (touchscreen) Light pen Output Devices.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng. Input Devices Keyboard, speech, handwriting Mouse Perangkat penunjuk 3D Layar sentuh (touchscreen) Light pen Output Devices."— Transcript presentasi:

1 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng

2 Input Devices Keyboard, speech, handwriting Mouse Perangkat penunjuk 3D Layar sentuh (touchscreen) Light pen Output Devices Layar, Speaker Scanner Printer Memory Memori jangka pendek => volatile memory : RAM Memori jangka panjang => magnetic disc, optical disc Processing

3

4 Input berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dan cara atau mekanisme memberi perintah ke komputer. Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti sistem komputer.

5 Salah satu kunci dalam membantu pemilihan piranti input dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya secara aman, efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan.

6 Pemilihan piranti input harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem. Secara umum piranti input yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor : Karakteristik Pengguna Tugas yang harus dikerjakan Konteks Pekerjaan

7 Cocok dengan karakteristik psikologi pengguna, keahlian dan pengalaman yang pernah dilakukan. Sebagai contoh, orang yang lebih tua mungkin dibatasi oleh kondisi seperti arthritis sehingga tidak mampu untuk mengetik dalam waktu lama. Pengguna yang belum berpengalaman mungkin tidak familiar dengan layout keyboard.

8 Sesuai degan tugas yang akan dilakukan dilakukan. Misalnya tugas menggambar membutuhkan piranti input yang dapat melakukan gerakan secara kontinyu Untuk memilih dari suatu daftar pilihan membutuhkan piranti input yang dapat melakukan gerakan secara diskrit

9 Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya. Sebagai contoh, masukan suara berguna pada situasi dimana tidak ada permukaan untuk meletakkan keyboard, tetapi tidak cocok dengan kondisi berderau berderau. Scanning otomatis akan cocok jika terdapat sejumlah besar data yang harus dimasukkan dalam waktu singkat.

10 Direct Input: mouse, keyboard Indirect Input: scanner, network 2 macam sistem input Batch input => sebagian besar dikerjakan komputer Interactive input => umum terjadi

11 QWERTY

12 Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.

13 Alphabetic

14

15 DVORAK

16 Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.

17 Chord Keyboard

18 Special Keyboard

19 Special Keyboard - Maltron

20 Keyboard proyeksi

21 Kitty, untuk input pada PDA, Pocket PC, dan Wearable Computers

22 Cursor Keys                    (a)(b) (c)(d) (e)(f) (g) (h)

23 Cursor Keys

24 Tata letak yang terbaik adalah yang alami Populer : T terbalik Biasa mempunyai typematic (auto repeat) Pergerakan lain dengan tombol HOME, TAB, END, dsb.

25 Phone Pad

26 Numeric Key

27 Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm. Agak cekung. Dibuat dengan bahan yang bersifat dof. Diaktifkan dengan gaya gf. Jika ditekan masuk 3-5 mm. Tombol-tombol khusus lebih besar (Enter, Shift, Backspace). Tanda bagi Caps Lock, Num Lock. Warna yang informatif. Label harus cukup besar untuk dibaca. Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai.

28 Biasanya ditulis F1…F12, Fn. Keuntungan menggunakan tombol fungsi antara lain: mengurangi beban ingatan. mudah dipelajari lebih cepat, karena jumlah penekanan tombol berkurang mengurangi kesalahan.

29 Proses Voice Recognition: 1.User mendiktekan teks ke mikrofon 2.Satuan analog to digital converter (ADC) menerjemahkan gelombang suara menjadi satuan digital sehingga bisa diproses oleh komputer. Pengukurannya meliputi: alunan, volume, kesunyian, serta fonem. 3.Software digunakan untuk membandingkan input suara dengan database, apakah cocok. 4.Komputer akan menampilkan input suara, dapat berupa teks, suara, dsb.

30 Pengenalan ucapan (speech recognition) masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah: Lebih menuntut ingatan kerja pemakai. Derau latar belakang (background noise) bermasalah. Variasi kinerja ucapan pemakai (pronounce) mempengaruhi keakuratan.

31 Macam-macamnya: Discrete-word recognition Speech recognition Speech store and forward Speech generation Audio tones, audiolization, music

32 Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu. Kehandalan 90-98% untuk kosakata kata. Berguna jika: Tangan pembicara sibuk. Mobilitas diperlukan. Mata pembicara sibuk. Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard.

33 Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal. Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara. Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice, Windows Speech Recognition

34 Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.  Voice mail : bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.

35 Komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu. Contoh: Windows Narrator, Siri, Voice Talk

36 Mouse Trackball Joystick Touchscreen Digitizing tablet Keyboard

37 Mouse

38

39 2 karakteristik mouse: Pergerakan mendatar Memiliki 1—3 tombol 2 metode deteksi gerak: Mekanik => menggunakan bola, dapat untuk hampir semua permukaan Optik => menggunakan LED, mendeteksi perubahan fluktuasi intensitas yang terefleksi

40 Trackball

41 Joystick

42 Wheel Steer

43 Touchscreen Bekerja dengan interupsi matriks dari semburan cahaya atau dengan perubahan kapasitas atau refleksi ultrasonik. Keuntungan: Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus Sangat baik dalam pemilihan menu Layak untuk penggunaan dalam lingkungan yang bersih dan aman. Kerugian: Cepat kotor Tidak presisi untuk daerah pilihan yang kecil Menimbulkan kelelahan pada lengan dan mata karena harus dekat dengan layar

44 Ada dua macam: Resistive => dapat menggunakan semacam pen berujung kecil karena sensor berdasarkan sentuhan Capacitive => hanya dapat menggunakan jari karena sensor berdasarkan sentuhan

45 Light Pen Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya. Kelemahan: Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Light pen harus diangkat. Melelahkan

46 Tablet Digital / Stylus Ada berbagai varian: Resistive tablet => deteksi titik temu. Pen dan jari dapat digunakan Magnetic tablet => deteksi medan magnetik Sonic tablet => mirip dengan magnetic tablet, tapi tidak memerlukan permukaan khusus

47 Touchpad

48

49

50 Special

51 Model pergerakan tangan dalam menggerakkan kursor di tampilan. Ditemukan oleh Paul Fitts (1954). Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.


Download ppt "Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng. Input Devices Keyboard, speech, handwriting Mouse Perangkat penunjuk 3D Layar sentuh (touchscreen) Light pen Output Devices."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google