Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Reproduksi pada hewan Reproduksi aseksual -Fragmentasi : potongan tubuh bisa menjadi individu baru, seperti pada Cacing planaria (cacing pipih). -Partenogenesis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Reproduksi pada hewan Reproduksi aseksual -Fragmentasi : potongan tubuh bisa menjadi individu baru, seperti pada Cacing planaria (cacing pipih). -Partenogenesis."— Transcript presentasi:

1 Reproduksi pada hewan Reproduksi aseksual -Fragmentasi : potongan tubuh bisa menjadi individu baru, seperti pada Cacing planaria (cacing pipih). -Partenogenesis : berkembangnya sel telur menjadi individu baru tanpa didahului oleh peleburan dengan sperma (misal terbentuknya individu lebah pekerja)

2 Reproduksi Seksual pada hewan Dua macam Fertilisasi (cara pertemuan gamet) Fertilisasi Eksternal (External fertilization) Gamet Jantan dan betina dilepas di dalam air dimana fertilisasi terjadi. Sebelum pelepasan gamet bisa didahului oleh: - ampleksus ( misalnya pada amfibia) - ritual-gerakan khas-sentuhan-pengorbanan tertentu dari jantan ke betina (misalnya pada ikan) Fertilisasi Internal (internal fertilization) Gamet jantan dimasukkan ke dalam saluran reproduksi betina Sebelumnya bisa didahului oleh : - Melalui kopulasi (memasukkan penis ke alat rep. betina) - Bisa didahului oleh ritual tertentu, perkelahian, mencarikan makanan dll.

3  Tiga strategi Fertilisasi Internal : 1.Ovipari (Oviparity)  Telur yang telah difertilisasi tersimpan diluar tubuh ibu (betina) untuk melengkapi perkembangannya. 2.Ovovivipari (Ovoviviparity)  Telur yang telah difertilisasi berada ( retained) didalam tubuh ibu untuk melengkapi perkembangannya.  Embrio mendapat makanan dari kuning telur (Young obtain nourishment from egg yolk) 3.Vivipari (Viviparity)  Telur yang telah difertilisasi berada ( retained) didalam tubuh ibu untuk melengkapi perkembangannya.  Embrio mendapat makanan dari darah ibu melalui plasenta (Young obtain nourishment from mother’s blood)

4 Organ reproduksi Laki-laki

5 testis memproduksi sperma and hormon testosteron –Terbungkus dalam suatu kantung yang menggantung disebut skrotum (scrotum) Sperma memerlukan temperatur yang lebih dingin untuk berkembang. Spermatogenesis terjadi di dalam tubulus seminiferous Sperma selanjutnya di transfer ke epididimis untuk disimpan dan kematangan. Dari epididimis ke vas deferens Saat ejakulasi sperma melewati urethra yang kosong pada penis.  Asesoris kelenjar sek:  Termasuk vesicel seminal, kelenjar prostate, and kelenjar bulbourethral

6 Testis and pembentukan Sperma (spermatogenesis)

7 Struktur sperma manusia

8 Struktur Penis

9 penis mengandung silinder-silinder panjang dengan jaringan spong –Di jaringan ini terisi dengan darah yang menyebabkan ereksi –Stimulasi fisik diperlukan untuk ejakulasi –Sekitar 2-5 milliliters semen yang di ejakulasikan Volume ini mengandung beberapa ratus juta sperma Ditambah sekresi dari kelanjar prostat dan kelenjar lainnya

10 Organ reproduksi Wanita

11

12  Ovarium adalah organ reproduksi primer pada betina/wanita  Pembentuk gamet betina (ovum)  Mensekresikan hormon sek betina/wanita (estrogen and progesterone)  Saluran asesoris seperti : uterine tubes, uterus, and vagina  Internal genitalia – ovarium and saluran internal  External genitalia – external sex organs  Labia major (homolog dengan skrotum pada laki)  Labia minor (homolog dengan ventral penis)  Clitoris (homolog dengan penis)

13 perbandingan uterus mamalia

14 Oogenesis

15 * Saat lahir, ovarium wanita mengandung oosit sekitar 2 juta oocytes tertahan dalam profase I pada pembelahan meiosis pertama * Saat pubertas, pelepasan FSH menyebabkan diteruskannya meiosis I pada beberapa oosit Akan tetapi, hanya satu yang dominan dan diovulasi Sel telur matang disebut ovum Siklus ini berulang sekitar setiap 28 hari.

16 Follicular Phase

17 Perkembangan telur berlangsung didalam ovarium Oosit dan masa yang mengelilinginya disebut folikel Sekresi FSH (folicle stimulating hormone) memicu kematangan beberapa follicles dan meneruskan kembali meiosis pada oosit –Tetapi hanya satu yang mencapai kematangan penuh FSH juga menyebabkan ovary untuk mensekresikan estrogen –Negative feedback oleh estrogen, menyebabkan hypothalamus menghentikan pituitary’s FSH output

18 Jika fertilisasi tidak terjadi, produksi progesterone berhenti dan fase luteal berhenti. –Lapisan endometrium menjadi rusak/luruh –Hal ini menyebabkan pendarahan disebut menstruasi Jika fertilisasi terjadi, corpus luteum dipelihara oleh human chorionic gonadotropin (hCG) –hCG adalah hormon yang diproduksi oleh embrio Keberadaan hormon inilah yang dites untuk tes kehamilan Dua Hormon lain yang penting adalah –Prolactin Menstimulasi produksi susu –Oxytocin Menginisiasi pelepasan susu membantu kelahiran

19 kontrasepsi Abstinence Simplest and most reliable way Natural family planning, or the rhythm method Prevention of egg maturation Birth-control pills Estrogen and progesterone Shut down production of the pituitary hormones FSH and LH Birth-control injections Birth-control patches Prevention of embryo implantation Intrauterine devices (IUDs) RU486 (“morning after pill”) Sperm blockage Condoms Diaphragms Sperm destruction Spermicidal jellies Foams Sterilization Vasectomy in males Tubal ligation in females

20 STDs adalah penyakit yang disebarkan dari seorang ke orang lain melalui kontak seksual –termasuk: Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) –Disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV) Gonorrhea –Disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae Chlamydia –Disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis Syphilis –Disebabkan oleh bacterium Treponema pallidum Genital Herpes –Caused by the herpes simplex virus type 2 (HSV-2) Genital Human Papilloma Virus (HPV) –Beberapa tipe menyebabkan kutil pada genital –HPV is menjadi faktor kunci pada semua tipe kanker servik (leher rahim) Sexually Transmitted Diseases (STD)


Download ppt "Reproduksi pada hewan Reproduksi aseksual -Fragmentasi : potongan tubuh bisa menjadi individu baru, seperti pada Cacing planaria (cacing pipih). -Partenogenesis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google