Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kuliah PAI 1 Pert. Ke XII 20-23 Desember 2011 Takdir dan Keadilan Ilahi  Sunnatullah  Qadla’ dan Qadar  Keadilan Allah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kuliah PAI 1 Pert. Ke XII 20-23 Desember 2011 Takdir dan Keadilan Ilahi  Sunnatullah  Qadla’ dan Qadar  Keadilan Allah."— Transcript presentasi:

1 Kuliah PAI 1 Pert. Ke XII Desember 2011 Takdir dan Keadilan Ilahi  Sunnatullah  Qadla’ dan Qadar  Keadilan Allah

2 Sunnatullah  Menurut Ahmad Kan’an, Sunnatullah adalah hukum- hukum yang terdapat di alam ciptaan-Nya  Menurut Nurcholis Madjid, sunnatullah adalah ketentuan-ketentuan tentang kehidupan manusia secara sosial dan historis  Hukum Allah yang berlaku untuk makhluknya, yang sesuai dengan keseimbangan, kestabilan dan keteraturan, tanpa ada penyimpangan (kecuali Allah menghendaki) atau dikenal juga dengan natural laow

3 Sunnatullah “Sebagai sunnah Allah yang berlaku atas orang-orang yang Telah terdahulu sebelum (mu), dan kamu sekali-kali tiada akan mendapati peubahan pada sunnah Allah”. (Q.S. Al-Ahzab: 62) “Karena kesombongan (mereka) di muka bumi dan Karena rencana (mereka) yang jahat. rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri. tiadalah yang mereka nanti-nantikan melainkan (berlakunya) sunnah (Allah yang Telah berlaku) kepada orang-orang yang terdahulu[yaitu Turunnya siksa kepada orang-orang yang mendustakan rasul]. Maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penggantian bagi sunnah Allah, dan sekali-kali tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi sunnah Allah itu”. (Q.S. Faathir: 43)

4 Takdir Allah Takdir, adalah ketentuan Allah yang berlaku untuk makhluk-Nya. Perbedaan Sunnatullah dengan Takdir Allah Dalam Contoh berikut: Siang-Malam (sunnatullah), wafat manusia pada waktu siang atau malam (takdir Allah) = mubrom (final) Baik-Buruk (sunnatullah), manusia mendapatkan baik atau buruk adalah takdir Allah. Jika manusia memilih yang baik maka mustahil mendapatkan keburukan = ghairu mubrom (belum final)

5 Keadilan Allah Antara sunnatullah, takdir Allah dan keadilan Allah ketiganya tidak berdiri sendiri (pahami Q.S. al-Nahl: 14) Allah menciptakan baik dan buruk sebagai pilihan (Q.S. al-Mulk: 2) Allah tidak menghendaki keburukan menimpa manusia (Q.S. al-Nahl: 30, 32, 36, 90 Hak seseorang sesuai dengan kewajibannya (Q.S. al-Baqarah: 286, al-Anbiyaa’: 47, al-Nahl: 97, yaasiin: 54, al-Zalzalah: 7-8, al-Qaari’ah: 6-11) Keadilan Allah adalah yang hakiki (Q.S. al-Thiin: 8)

6 Walloohu a’lamu bishshowaab


Download ppt "Kuliah PAI 1 Pert. Ke XII 20-23 Desember 2011 Takdir dan Keadilan Ilahi  Sunnatullah  Qadla’ dan Qadar  Keadilan Allah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google