Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMA Negeri 3 Depok. Pengertian Lingkungan Hidup Lingkungan adalah apa yang ada disekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMA Negeri 3 Depok. Pengertian Lingkungan Hidup Lingkungan adalah apa yang ada disekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau."— Transcript presentasi:

1 SMA Negeri 3 Depok

2 Pengertian Lingkungan Hidup Lingkungan adalah apa yang ada disekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau benda, berupa benda mati, benda hidup benda nyata ataupun abstrak. Lingkungan merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling mendukung satu sama lain.

3 Munurut UU no 32 tahun 2009 : Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.

4 Norma adalah aturan, ukuran atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai dan memperbandingkan sesuatu. o Norma Sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompokmasyarakat dan dalam batasan wilayah tertentu. Contoh : cara, kebiasaan, tingkah laku, dan adat istidat ( usage, folkways, mores, and custom )

5 o Norma Hukum  UU RI No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup  UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.  UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM pasal 3  Amandemen ke- 2 UUD 1945, Pasal 28 H ayat 1  Badan PBB pada Protokol Kyoto mengenai lingkungan hidup.

6  Mengamati lingkungan hidup Lingkungan mulai berubah drastis mulai dari penemuan mesin uap oleh James Watt, dan terjadi revolusi industri.  Mencoba mengamati lingkungan sekitar Secara sederhana komponen lingkungan hidup adalah tanah, air dan udara. Bila ketiganya tercemar, semua mahluk pun akan terkena imbasnya.

7 Permasalahan Lingkungan Hidup Ada dua faktor yang menyebabkan faktor lingkungan, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Beberapa masalah ling hidup, oleh manusia : Penggundulan hutan, polusi, banjir, tanah longsor, pemanasan global, hujan asam, ledakan penduduk, kepunahan dan beberapa penyakit yang muncul karena budaya kotor. Beberapa masalah ling hidup oleh alam : banjir dan longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, kebakaran hutan, angin puting beliung dll.

8 a)Lingkungan alami ( ling fisik atau ling asal di bumi ) adalah sesuatu yang dapat dilihat secara kasat mata, dan belum terjamah manusia. b)Lingkungan Binaan adalah ling yang sudah direkayasa oleh manusia c)Lingkungan sosial budaya adalah lingkungan yang dipengaruhi oleh sosial dan budaya masyarakat setempat ( bersifat abstrak )

9 a.Lingkungan hidup adalah keseluruhan ruang yang ada di bumi. b.Norma yang mendasari ling hidup adalah norma sosial dan norma hukum. c.Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu alami, binaan dan sosial budaya. d.Lingkungan hidup yang baik adalah lingkungan hidup yang masing – masing mahluk hidup dan komponen di dalamnya dapat berinteraksi dengan baik.

10 e.Ling hidup yang berada di bumi, baik benda mati, atau hidup, manusia dan alam mampu berhubungan secara timbal balik. Sehingga manusia dan alam sekitarnya dapat memberikan manfaat antara satu sama lain. f.Lingkungan hidup terdiri dari 2 komponen yaitu biotik ( produsen, konsumen, pengurai, dentritivor ) dan abiotik ( tanah, air, udara, cahaya matahari )

11 1.Menyediakan SDA bagi kebutuhan manusia. ( bahan pangan, energi dll ) 2.Menyediakan ruang bagi manusia dan mahluk hidup lainnya, untuk melakukan aktifitas kesehariannya, untuk bertahan hidup dan berkembang biak. 3.Memberiakan kesempatan bagi manusia terutama untuk bereksplorasi, membuat berbagai penemuan, ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pengamatan dan penelitian.

12


Download ppt "SMA Negeri 3 Depok. Pengertian Lingkungan Hidup Lingkungan adalah apa yang ada disekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google