Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012

2 Oleh: Kharisma Safiri ( ) Wulan Wijayati ( ) Amiruddin ( ) Dosen: Iga Aju Nitya Dharmani, SE., MM.

3 A. LATAR BELAKANG Pendidikan berbasis kompetensi yang dioperasionalkan dalam kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan kegiatan pendidikan di tingkat satuan pendidikan atau lembaga pendidikan formal (SMA). Kurikulum ini menekankan pada kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik sesuai tujuan pendidikan nasional. Kompetensi ini selain harus dapat diaplikasikan oleh peserta didik juga harus dapat diintegrasikan pada kecakapan hidup (life skill) secara nyata yang pada gilirannya mereka diharapkan mampu secra mandiri mengatasi masalah yang dihadapinya.

4 Berdasarkan tuntutan kurikulum tersebut serta sesuai dengan visi dan misi sekolah, setiap civitas akademika di SMA Negeri 16 Surabaya senantiasa berusaha agar dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kreaktivitas para peserta didik guna mengaktualisasikan potensi para siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan kreaktivitas peserta didik yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan ektrakurikuler yang dikemas dalam bebagai kegiatan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Kegiatan yang bersifat internal berupa perlombaan atau pertandingan antarsiswa SMAN 16 Surabaya, sedangkan kegiatan eksternal berupa kegiatan yang melibatkan para siswa dari tingkat SLTP, SLTA dan umum. Sebagai realisasi dari pemikiran diatas, SMAN 16 Surabaya akan menggelar kegiatan rutin tahunan dalam bentuk Pentas Seni SMAN 16 Surabaya tahun 2012.

5 B. PEMBAHASAN Pengertian Pentas Seni dan Tujuannya Pentas seni adalah salah satu bentuk kegiatan sekolah yang bertujuan menyalurkan minat dan bakat siswa dibidang seni dan juga sebagai ajang sekolah untuk dapat mengembangkan potensi para peserta didiknya. Pameran hasil karya siswa adalah suatu kegiatan yang mengedepankan/menonjolkan kreativitas dan potensi diri (siswa, sekolah, dan atau suatu lembaga tertentu), baik yang telah diraihnya maupun yang sedang diprogramkan.

6 Pentas seni merupakan media komunikasi yang efektif dan efisien antarpelajar guna mentransformasikan budaya lama sampai ke budaya masa kini, menjaga keharmonisan di semua kalangan pendidikan, dan mempertahankan sebuah kesatuan.

7 Kegiatan Pentas Seni SMAN 16 Surabaya tahun 2012 dalam rangka kegiatan rutin setiap tahun memiliki kegiatan yaitu sebagai berikut, seni musik, teater, dan drama komedi. Kegiatan ini wajib di ikuti oleh perwakilan setiap kelas dan apabila terdapat kelas yang tidak mengikutinya maka terdapat sangsi yaitu dikenakan denda senilai Rp ,00.

8 C. RANCANGAN KEGIATAN PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN Nama atau tajuk kegiatan Rencana atau program kerja kebudayaan ini diberi tajuk “PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012” yang merupakan usaha mewujudkan serta pengembangan konsep dari berbagai kegiatan dan pertunjukan yang diadakan di SMAN 16 Surabaya. Semua kegiatan tersebut belum ada titik temu untuk berkompetisi dalam satu wadah. Maka, dengan kegiatan “PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 202” ini mungkin bisa membuka takbir untuk kegiatan sejenis dan lainnya antarpelajar di SMAN 16 Surabaya ini.

9 2. Tema Kegiatan Adapun tema kegiatan Pentas Seni SMAN 16 Surabaya tahun 2012 ini adalah “Always Keep The Faith” (Selalu menjaga kepercayaan). Artinya setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat untuk selalu percaya bahwa menghargai kemajemukan dan membekali mereka dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia. Disamping itu kegiatan ini akan bisa menjadi sebuah jembatan yang akan bermuara dengan lahirnya ide dan gagasan-gagasan yang genius tentunya. Lebih jauh kegiatan PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012 ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan dan saling kenal satu sama lainnya di antara pelajar.

10 3. Maksud dan tujuan Tujuan kegiatan Pentas Seni SMAN 16 Surabaya adalah : 1. Dapat mengningkatkan kreativitas siswa-siswi dalam kegiatan seni 2. Mengasah suatu keahlian para siswa 3. Bisa tampil dalam ajang nasional 4. Menjadi hiburan di sekolah 5. Ajang mencari bakat unggul 6. Sarana adu prestasi antarkelas 7. Dll.

11 4. Waktu dan Tanggal Kegiatan a. Kegiatan Pentas Seni Hari : Senin Tangal : 21 Juni 2010 Waktu : Wib Sampai Selesai Tempat : Lapangan Basket SMAN 16 Surabaya b. Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang Hari : Rabu Tangal : 23 Juni 2010 Waktu : Tempat : Lapangan Basket SMAN 16 Surabaya

12 5. Susunan Acara Pentas Seni a. Pembukaan Dalam kegiatan pembukaan yang di isi oleh ketua osis untuk melakukan sambutan sambutan kepada para siswa dan selanjutnya di teruskan oleh MC.

13 b. Kegiatan Inti Selanjutnya Kegiatan seni Musik berlangsung yang di ikuti oleh setiap kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 3, memang kegiatan ini memakan waktu yang paling lama karena setiap kelas yang tampil bisa memakan waktu sekitar 10 menit waktu itu digunakan untuk mencoba alat musik dan kemudian bernyani, kegiatan ini di ikuti oleh lebih dari 20 band. Dan kemudian di lanjutkan oleh kegiatan seni teater yang di lakukuan oleh para teater dari SMAN 16 Surabaya yang telah di latih terlebih dahulu. Selanjutnya yang terahir adalah kegiatan drama komedi kegiatan ini di lakukukan oleh siswa-siswi yang telah diseleksi terlebih dahulu dan kemudian terpilih beberapa siswa untuk menjadi suatu peran yang sesuai dalam suatu adegan tersebut.

14 C. Penutup Kegiatan Penutup berisi tentang pengumuman pemenang lomba pentas seni dari juara 3 sampai juara 1 yang dibacakan oleh MC kemudian dilanjutkan oleh ucapan penutup untuk menyudahi acara pentas seni.

15 6. Anggaran Dana NO.URAIANJUMLAH 1.PENYEWAAN PANGGUNGRp ,00 2.PENYEWAAN ALAT MUSIKRp ,00 3.BIAYA PENATAAN PANGGUNG Rp ,00 4.KONSUMSIRp ,00 5.SPANDUKRp ,00 6.DLLRp ,00 TOTALRp ,00

16 7. PENUTUP Makalah program perencanaan tentang “Pentas Seni SMAN 16 Surabaya tahun 2012” ini semoga bermanfaat bagi semua warga SMAN 16 Surabaya dan dapat dijadikan pedoman dalam pembuatan makalah yang akan dating sehingga dapat meningkatkan kreatifitas semua siswa-siswi SMAN 16 Surabaya.

17 DAFTAR PUSTAKA ulan-contoh-proposal-kegiatan.html ulan-contoh-proposal-kegiatan.html adakan-pentas-seni-di-sekolah.html adakan-pentas-seni-di-sekolah.html

18


Download ppt "PERENCANAAN PENTAS SENI SMAN 16 SURABAYA TAHUN 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google