Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengotor Bahan Pangan Pestisida Tugas Mata Kuliah KI-5261 Biokimia Pangan Oleh: Hairunnisa 10508037.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengotor Bahan Pangan Pestisida Tugas Mata Kuliah KI-5261 Biokimia Pangan Oleh: Hairunnisa 10508037."— Transcript presentasi:

1 Pengotor Bahan Pangan Pestisida Tugas Mata Kuliah KI-5261 Biokimia Pangan Oleh: Hairunnisa

2 Pestisida Bahan yang digunakan untuk mencegah, mengendalikan, dan membasmi hama. Dapat berupa bahan kimia, biological agent (virus atau bakteri), antimikroba, disinfektan.

3 Jenis Pestisida Tipe PestisidaTarget HerbisidaGulma FungisidaJamur InsektisidaSerangga AkarisidaTungau (kutu) NematosidaNematoda (cacing) MolluksisidaMolusca (siput) RodentisidaTikus

4 Herbisida Berdasarkan cara kerjanya, terdapat dua macam herbisida  Herbisida kontak (mengganggu fotosintesis) contoh: NOXONE 297 SL  Herbisida sistemik (mengganggu enzim pembentuk asam amino) contoh: Rambo Gold 480 SL Salah satu komponen yang terkandung: glifosat dan fosfinositrin

5 Herbisida Bahan kimia yang digunakan pada herbisida (glifosat dan fosfinositrin) ini dapat didegradasi oleh mikroba. Sel mikroba memiliki enzim yang dapat mendegradasi ikatan senyawa organik dengan fosfat.

6 Fungisida Diklasifikasikan menjadi dua golongan,  Fungisida selektif Contoh: fungisida sulfur, tembaga, quinon, heterosiklik (sulit didegradasi)  Fungisida nonselektif Contoh: fungisida hidrokarbon aromatik, anti-oomycota, organofosfat, fungisida yang menghambat sintesis sterol, dan fungisida sistemik lain (mudah didegradasi)

7 Insektisida Diklasifikasikan menjadi organik dan anorganik,  Insektisida Organik Senyawa organofosfat (mudah didegradasi) Senyawa organoklorin (sulit didegradasi karena senyawa ini tetap aktif walaupun bertahun-tahun lamanya) Karbamat (mudah didegradasi dalam suasana basa) Fumigan (sulit didegradasi dan sangat toksik karena mudah menguap)

8 Insektisida Diklasifikasikan menjadi organik dan anorganik,  Insektisida Anorganik (mudah didegradasi karena berasal dari bakteri, pohon, atau bunga) Silica (berasal dari molekul diatom, menghilangkan selubung lilin pada kutikula serangga) Rotenon (berasal dari pohon Derris, bekerja dengan menyerang permukaan tubuh hama)

9 Akarisida Contoh akarisida,  Permethrin (dapat didegradasi menggunakan sinar-UV)  Ivermectin (sulit didegradasi karena strukturnya yang sangat kompleks)

10 Akarisida Contoh akarisida,  Organochlorine (sulit didegradasi)  Carbamate (mudah didegradasi)  Organophosphate (mudah didegradasi)

11 Nematosida Diperoleh dari akar Marigold, Jamur Nematophagus. Keduanya ditemukan memiliki aktifitas nematicidal. Biasanya nematosida mengandung karbamat yang mudah didegradasi oleh enzim dari sel mikroba.

12 Molluksisida Memiliki tiga kelas utama,  Logam garam (mudah didegradasi) contohnya, besi (III) fosfat, sulfat aluminium. Digunakan dalam berkebun organik.  Metaldehida  Inhibitor Acetylcholinesterase

13 Rodentisida Mengandung bahan aktif brodifakum yang merupakan Vitamin K letal yang bersifat antagonis pada antikoagulan. Senyawa ini berbahaya pada lingkungan dan makhluk hidup lain jika tersebar karena sulit didegradasi.

14 Kesimpulan Tipe PestisidaProses Degradasi Herbisida Mudah Fungisida Selektif: Sulit Nonselektif: Mudah Insektisida Bergantung pada senyawa yang digunakan Akarisida Bergantung pada senyawa yang digunakan Nematosida Mudah Molluksisida Bergantung pada senyawa yang digunakan Rodentisida Sulit

15 Daftar Pustaka ticides/default.htm (diakses pada 23 Maret 2012 pukul WIB) ticides/default.htm hama-dan-penyakit-dengan-pestisida-organik.html (diakses pada 23 Maret 2012 pukul WIB) hama-dan-penyakit-dengan-pestisida-organik.html (diakses pada 23 Maret 2012 pukul WIB) natural.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blo g&id=37&Itemid=61 (diakses pada 23 Maret 2012 pukul WIB) natural.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blo g&id=37&Itemid=61


Download ppt "Pengotor Bahan Pangan Pestisida Tugas Mata Kuliah KI-5261 Biokimia Pangan Oleh: Hairunnisa 10508037."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google