Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1) Media Komunikasi A. Media komunikasi kuno  Asap  Prasasti dan daun lontar  Kentongan  Beduk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1) Media Komunikasi A. Media komunikasi kuno  Asap  Prasasti dan daun lontar  Kentongan  Beduk."— Transcript presentasi:

1

2 1) Media Komunikasi A. Media komunikasi kuno  Asap  Prasasti dan daun lontar  Kentongan  Beduk

3 B. Media Komunikasi Modern  Koran di terbitkan di bandung Sora Merdeka 1 Mei 1920  Radio tahun 1886 sampai 1888 – Heinrich Pudolf Hartz  Radar(Radio Detecting and Ringing)  Telephon tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell  Televisi  Handy Talkie (HT)  Fax/ Faximile Fax over IP(FoIP) : Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui internet (berbasis IP). Faximile (Fax) : Mesin yang mengerjakan proses scan terhadap sebuah halaman hasil cetakan. Transaction Confirmation Report (TCR) : Laporan yang di berikan pada mesin faximili yang menerangkan tentang pengiriman. Telex : Pengiriman pesan dengan teknologi yang sudah lalu, dan sekarang sudah di gantikan dengan mesin fax. X.400 : Merupakan standard penting yang muncul untuk semua bentuk pesan elektronik,mencakup & telex.  HP (Handphone) di kenal pada 3 April 1973  Metal detector  Internet tahun 1970 di Amerika

4 2) Sejarah Perkembangan TIK Masa PrasejarahGambar di dinding guaPrasastiMasa SejarahSejarah Perkembangan TIK

5 Masa modern Sistem jaringan komunikasi Sistem jaringan komunikasi dengan satelit 1. Telepon 2. Faximile 3. Fiber Optik 4. Wifeless 1. Antena 2. TV 3. Radio 4. Seluler 5. Internet

6 2.1 Sejarah Komputer Negara yang terlibat dalam perang dunia ke dua berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki kpomputer. Pada tahun 1941 Konrad Zuse, seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.Pihak sekutu juga membuat pengembangan komputer yaitu pada tahun 1943 Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang di namakan colossus. Yang merupakan cikal bakal komputer adalah penemuan alat hitung di negara Cina yang disebut dengan ABACUS(Sempoa) yang di temukan antara tahun SM, alat hitung ini unik, tetapi memiliki kemampuan yang cukup tinggi.

7 2.2 Sejarah Perkembangan Komputer a.Kalkulator ditemukan oleh Frank Baldwin pada tahun 1872 sebagai tanda di mulainya industri mesin hitung. b.Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 adalah ilmuawan Skotlandia, warga Negara Amerika Serikat. c.Radio pertama kali ditemukan oleh Regilnd Aubrey Fessenden ahli fisika Amerika Serikat pada tahun 1906 d.TV(Televisi) diciptakan berawal dari ditemukannya Cakram Metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883 e.HP (Handphone) salah satu teknologi komunikasi yang saat ini sangat marak di gunakan oleh masyarakat yang dikenal mulai April 1973 f.Komputer digital ditemukan oleh Howard Hathaway Aiken ahli Matematika warganegara Amerika Serikat. Aiken menemukan komputer pada tahung1944 ia mengerjakan bersama 3 orang insinyur (Durfee, Hamilton, dan Lake).Komputer adalah mesin hitung elektronik dan otomatis, yang dapat menghitung dengan cermat dan cepat sekali, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. g.Komponen Transistor ditemukan oleh John Bardrrn, William Bradford Shocley dan Walter H. Brattain pada tahun Penemuan Transistor menimbulkan revolusi dalam industri elektronika. Transistor adalah alat untuk membangkitkan, mengatur, dan menguatkan sinyal listrik.

8 3.Pengertian komputer Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian di kenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer. Hardware komputer juga dapat di artikan sebagai peralatan psisk dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Software atau perangkat lunak komputer dapat di artikan sebagai suatu prosedur pengoprasian. Pengertian manusia terhadap kemputer dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia ) Konsep hardware – software – brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

9 3.1 Komputer Dari Generasi ke Generasi A. Komputer generasi pertama Cikal bakal komputer adalah ABACUS Di temukannya tabung hampa (vacum tube) sebagai alat penguat sinyal di temukan pada tahun 1946 beratnya 30 ton tbg Komputer elektronik pertama- ENIAC  Ciri – ciri Komputer Generasi pertama : o Ukuran sangat besar o Proses sangat lambat o Mengeluarkan panas o Kapasitas untuk menyimpan data kecil B. Komputer generasi kedua Menggunakan transfer resistor(trasistor) artinya dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula di pengaruhi Contoh komputer generasi ke dua adalah : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, Honeywell Model 800 dan MARK IV tahun 1957 di produksi di jepang.  Ciri – ciri Komputer generasi kedua : o Ukuran semakin kecil o Kecepatan semakin tinggi o Tidak mengeluarkan panas o Kapasitas menyimpan data semakin besar C. Komputer generasi ketiga Menggunakan ribuan transistor yg di sebut integerated circuit  Ciri –ciri komputer generasi ketiga : o Ukuran semakin kecil dari yang sebelumnya o Proses kerja lebih cepat dan tepat o Kapasitas memori sebesar (0,5 Jt karakter) D. Komputer generasi keempat Munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.  Ciri –ciri komputer generasi keempat : o Ukuran lebih kecil lagi dari ukuran sebelumnya o Kemampuannya sangat besar

10 3.2 Pengertian Komputer Berdasarkan Golongan a.General Purpose Computer Komputer yang biasa di gunakan setiap hari juga bisa di sebut sebagai general purpose computer, dimana bisa di gunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaan. b.Special –Purpose Computer Special –Purpose Computer di gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general purpose yang digunakan secara khusus dan di sesuaikan dengan konfirgurasi ataupun peralatan di dalamnya yang sudah di modifikasi sedemikian rupa.

11 3.3 Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya a.Komputer Mikro ( Personal Computer ) Pada awalnya komputer ini di ciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan perorangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas. Pada awalnya memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanyalah 32 hingga 64 KB, tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memili memory hingga 8 ataupun 32 MB. Karen harganya relatif murah, bentuknya kecil, dan teknologi yang di miliki dianggap memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), terapi dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat di gunakan pada saat yang bersamaan (konsep multi user). Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan komunikasi data dengan personal komputer lainnya di tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan modem. Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN hanya bisa digunakan untuk tempat yang tidak terlalu jauh (tidak lebih dari 2000meter), dan biasanya masih terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. b.Komputer Mini Komputer mini mempunyai kemampuan beberapa kali lebih besar jika di banding dengan personal komputer, hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang di gunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil. c.Komputer Mainframe Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframeadalah mainframe memiliki prosesor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan mainframe jauh lebih cepat jika di banding dengan mini komputer. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1milyar operasi perdetik. (1 G operations perseconds = 1 GOPS) d.Super-Komputer Ciri khas Super-komputer yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar di banding dengan main-frame. Harga Super- komputer sangatlah mahal. Pengguna Super komputer biasanya negara negara yang sudah maju dan perusahaan yang sangat besar.

12 3.4 Pengertian Komputer Menurut Data Yang Diolah a.Komputer Analog Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Analog banyak dipakai dipabrik – pabrik yang tujuannya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis. b.Hibrid Komputer Hibrid Komputer bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakkan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik, ataupun tulisan. c.Digital Komputer Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya ). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu.

13 4. Komputer Sebagai Alat Bantu Manusia Kemampuan dan kegunaan computer sebagai alat bantu manusia antara lain : a.Dapat memproses data dengan cepat dan tepat b.Dapat menghitung, membandingkan serta memonitor proses dalam industri c.Dapat menyiapkan, memproses serta menghasilkan informasi d.Dan lain-lain Komputer dapat digunakan untuk : a.Alat hitung b.Alat komunikasi c.Alat mencetak d.Alat mengkopy e.Alat kedokteran f.Alat mendesain mode g.Pengganti mesin ketik h.Dan lain-lain


Download ppt "1) Media Komunikasi A. Media komunikasi kuno  Asap  Prasasti dan daun lontar  Kentongan  Beduk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google