Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTERNET. PENGERTIAN INTERNET Interconnected Network - atau Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTERNET. PENGERTIAN INTERNET Interconnected Network - atau Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan."— Transcript presentasi:

1 INTERNET

2 PENGERTIAN INTERNET Interconnected Network - atau Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

3 Sejarah Perkembangan Internet A. Asal Mula Internet Cikal bakal jaringan Internet pertama kali dikembangkan tahun1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Pada tahun 1977, lebih dari 100 komputer mini dan mainframe terkoneksi dengan ARPAnet yang sebagian besar berada di universitas.

4 Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Berkutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982,disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada Pada tahun 1986 dibentuk NSFNET (Nation Science Foundation Network) menggantikan ARPAnet, bulan maret tahun 1990 ARPAnet dibubarkan.

5 Perkembangan Internet di Indonesia Di tahun an awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia. Sekitar belasan anak muda ITB yang tergabung di Amatir Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986-an dengan bermodal pesawat Rig HF SSB Kenwood TS430 dengan komputer Apple II. Komunikasi data packet radio di band 40m yang kemudian di dorong ke arah TCP/IP. Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan store and forward yang mengkaitkan banyak “server” BBS amatir radio seluruh dunia agar dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990-an komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Canada dengan panggilan YC1DAV/VE3 rekan-rekan amatir radio di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia-Canada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio. BPPT, LAPAN, UI, & ITB mengadopsi teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun an. AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP Koordinasi dan aktifitas- nya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list Di tahun 1994-an mulai beroperasi IndoNet yang merupakan ISP komersial pertama Indonesia

6 PENGALAMATAN DI INTERNET Secara sederhana sebuah alamat di internet dapat dipahami sbb: (alamat untuk sebuat web site) (alamat untuk sebuah ) ftp://ftp.dante.de (alamat untuk sebuah direktori komputer di internet)

7 Layanan Internet yang dapat kita peroleh 1. (elektronik mail)adalah fasilitas untuk menerima dan mengirim teks, suara, video dan gambar melalui internet. 2. Network news, disebut BBS (Bulettin Board Service) adalah fasilitas untuk berdiskusi dengan sebuah topik. 3. File transfer protocol (ftp) adalah fasilitas yg digunakan untuk mentransfer file ke server web. 4. Remote login / telnet, yaitu fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. 5. Information browsing (Gopher) adalah fasilitas untuk menemukan informasi di internet dalam bentuk teks. 6. Advanced browsing / world wide web (www) adalah fasilitas untuk menemukan informasi di internet dalam bentuk teks, grafis, suara dan video. 7. Automatic title search (Archie dan Veronica) adalah fasilitas pencarian pencarian informasi dengan mengetikan title (judul) topik 8. Automatic contents search /WAIS (Wide Area Information System) adalah pencarian otomatis dengan meneliti isi dokumen. 9. Teleconference adalah fasilitas berkomunikasi dengan audio visual baik perorangan maupun kelompok.

8 BROWSER Di antara browser-browser yang sering di gunakan adalah: Internet explorer Netscape Navigator/Comunicator Opera NCSA Mosaic, Amaya Mozilla Lynx, dll.

9 Perangkat keras untuk akses internet Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara lain: 1. Komputer Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet anatra lain sebagi berikut: Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi- aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

10 2. Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.

11 Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain: 1. Modem Dial Up Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu: 1) Modem Internal Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Keuntungan a)Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis b)b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. Kelemahan a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari powersupply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

12 2) Modem Eksternal Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Keuntungan a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain b) dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem. Kelemahan a) harga lebih mahal dari pada modem internal b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

13 2. Modem Kabel Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PCdengan sambungan TV kabel. koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

14 Pengenalan Internet Explorer Kolom Addres Menu Bar Titile Bar: Disini muncul Nama web yang Anda buka Status bar : Menampilkan status dan nama link Tool Bar Scroll Bar : Forward StopRefresh Home Print Yahoo messanger

15 Fungsi Tombol/Icon Penjelasan dari tombol-tombol tersebut adalah sebagai berikut : Back : Kembali ke halaman sebelumnya yang telah diakses Bila telah kembali kehalaman sebelumnya dengan Button Back. Forward : maka untuk Maju ke halaman berikutnya gunakan tombol ini. Stop :Tombol ini digunakan untuk menghentikan proses penampilan situs web yang telah diketik pada address bar Referesh : Digunakan untuk mengulangi kembali proses penampilan situs web. Stop :Digunakan untuk kembali ke halaman awal dari internet explorer. Search :Digunakan untuk melakukan pencarian Favorites :Digunakan untuk daftar alamat situs web yang kita sukai (sering dikunjungi), agar memudahkan kita untuk membukanya kembali. History :Tombol ini digunakan untuk melihat daftar alamat situs yang pernah dikunjungi. Print : Digunakan untuk print halaman web

16 Menyimpan Hasil Browsing Perintahnya Klik Menu File|Save As

17 Latihan Bukalah Alamat Situs seperti tertera dibawah ini :


Download ppt "INTERNET. PENGERTIAN INTERNET Interconnected Network - atau Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google