Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PERENCANAAN FONDASI TIANG BOR PADA PROYEK GEDUNG IKPT JAKARTA Nugraha Sadeli Utama NPM 10307065.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PERENCANAAN FONDASI TIANG BOR PADA PROYEK GEDUNG IKPT JAKARTA Nugraha Sadeli Utama NPM 10307065."— Transcript presentasi:

1 UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PERENCANAAN FONDASI TIANG BOR PADA PROYEK GEDUNG IKPT JAKARTA Nugraha Sadeli Utama NPM

2 LATAR BELAKANG Dalam pembangunan suatu proyek konstruksi dibutuhkan perencanaan struktur yang kuat, aman, dan nyaman. Salah satu bagian bangunan untuk mendukung hal tersebut adalah fondasi. Fondasi merupakan bagian yang penting dalam bangunan, karena itu pertimbangan teknis dalam memilih tipe, menentukan kedalaman dan dimensi, kapasitas dukung dan merancang strukturnya merupakan hal yang harus dipelajari dengan baik.

3 TUJUAN Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk merencanakan desain fondasi tiang bor pada proyek Gedung IKPT Jakarta yang meliputi: 1.Dimensi fondasi tiang bor. 2.Daya dukung fondasi tiang bor. 3.Penurunan fondasi tiang bor. 4.Daya dukung lateral fondasi tiang bor dan defleksi akibat beban lateral. 5.Dimensi Pile Cap.

4 BATASAN PENULISAN Pada penulisan tugas akhir ini, penulis membatasi pembahasan pada: 1.Perencanaan desain fondasi tiang bor menggunakan cara manual. 2.Perencanaan desain fondasi tiang bor menggunakan bantuan program Plaxis.

5 LANDASAN TEORI

6 FONDASI Fondasi adalah bagian dari suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur atas ke tanah, baik akibat beban vertikal maupun beban horizontal.

7 Fondasi Fondasi Dangkal Fondasi Telapak Fondasi Memanjang Fondasi Rakit Fondasi Dalam Fondasi Sumuran Fondasi Tiang Tiang Pancang Tiang Bor Jenis Fondasi Secara Umum

8 FONDASI TIANG BOR Hampir di setiap proyek konstruksi fondasi tiang merupakan teknologi fondasi dalam yang telah jamak dipergunakan. Salah satu metode pemasangan tiang fondasi ini adalah dengan sistem bor. Kedalaman dan diameter dari tiang bor dapat divariasi dengan mudah, fondasi tiang bor dipakai untuk beban ringan maupun beban berat seperti bangunan bertingkat tinggi dan jembatan.

9 Contoh Pelaksaaan Konstruksi Tiang Bor

10 METODE PERENCANAAN Diagram Alir Tugas Akhir

11 Diagram Alir Analisis Desain Fondasi Tiang Bor dengan Cara Manual

12

13 Diagram Alir Analisis Desain Fondasi Tiang Bor dengan Program PLAXIS

14 HASIL PEMBAHASAN 1.Digunakan dimensi fondasi tiang bor dengan diameter 0,5 m dan panjang tiang bervariasi pada setiap titik fondasi antara 21 m sampai 39 m. 2.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh daya dukung sebesar: NoBoring HoleDaya Dukung --ton 1BH BH BH BH BH BH

15 3.Penurunan yang terjadi berdasarkan cara manual: Penurunan yang terjadi berdasarkan program PLAXIS: NoBoring HolePenurunan --m 1BH BH BH BH BH BH NoBoring HolePenurunan --m 1BH BH BH BH BH BH

16 Sedangkan untuk penurunan kelompok tiang diperoleh penurunan sebesar 0,0020 m sampai 0,0101 m. 4.Daya dukung lateral tiang adalah sebesar: Defleksi yang terjadi akibat beban lateral adalah sebesar 1 inch atau 0,0254 m. NoBoring HoleDaya Dukung Lateral --ton 1BH BH BH BH BH BH

17 5.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dimensi pile cap yang bervariasi pada setiap titik fondasi yaitu dengan panjang dan lebar antara 0,8 m sampai 4,8 m dan tebal pile cap sebesar 1 m.

18 KESIMPULAN 1.Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh desain dimensi fondasi tiang bor dengan diameter 0,5 m dan panjang tiang bervariasi pada setiap titik fondasi antara 21 m sampai 39 m. 2.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh daya dukung fondasi tiang bor sebesar 65,02 ton sampai 127,82 ton. 3.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh penurunan fondasi tiang bor tunggal sebesar 0,0234 m sampai 0,0468 m. Sedangkan untuk penurunan kelompok tiang diperoleh penurunan terbesar sebesar 0,0020 m sampai 0,0101 m.

19 4.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh daya dukung lateral tiang bor sebesar 11,22 ton sampai 17,61 ton. Defleksi yang terjadi akibat beban lateral adalah sebesar 1 inch atau 0,0254 m. 5.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dimensi pile cap yang bervariasi pada setiap titik fondasi yaitu dengan panjang dan lebar antara 0,8 m sampai 4,8 m dan tebal pile cap sebesar 1 m.

20 SARAN Dalam melakukan perencanaan fondasi hal penting yang harus diperhatikan adalah karakteristik tanah dimana bangunan tersebut akan didirikan. Oleh karena itu mutlak diadakan penyelidikan tanah (soil investigation) terlebih dahulu. Selain itu, untuk perancangan selanjutnya sebaiknya seismic design ikut diperhitungkan.

21 Gambar Detail 1.Fondasi Tiang BorFondasi Tiang Bor 2.Detail Pile Cap Type-1Detail Pile Cap Type-1 3.Detail Pile Cap Type-2Detail Pile Cap Type-2 4.Detail Pile Cap Type-3Detail Pile Cap Type-3 5.Detail Pile Cap Type-4Detail Pile Cap Type-4 6.Detail Pile Cap Type-5Detail Pile Cap Type-5 7.Detail Pile Cap Type-6Detail Pile Cap Type-6 8.Detail Pile Cap Type-7Detail Pile Cap Type-7 9.Detail Pile Cap Type-8Detail Pile Cap Type-8 10.Detail Pile Cap Type-9Detail Pile Cap Type-9


Download ppt "UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PERENCANAAN FONDASI TIANG BOR PADA PROYEK GEDUNG IKPT JAKARTA Nugraha Sadeli Utama NPM 10307065."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google