Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Leaders Are Not Alone: Model Pengambilan Keputusan & Dimensi Domestik #11, Senin, 3 November 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Leaders Are Not Alone: Model Pengambilan Keputusan & Dimensi Domestik #11, Senin, 3 November 2014."— Transcript presentasi:

1 Leaders Are Not Alone: Model Pengambilan Keputusan & Dimensi Domestik #11, Senin, 3 November 2014

2 Bedah Kasus FCTC Apa itu FCTC? Berita & sosialisasi FCTC Posisi pemerintah

3 Masih ingat? 3 objek kajian dalam analisis politik luar negeri? Pengaruh level analisa dalam studi PLN?

4 Pengaruh Level Analisa (Marijke Breuning, 2007: )

5 Pemimipin & para penasehat utamanya Permanent bureaucracy, dimana pemimpin memperoleh informasi dan yang mewujudkan FP.

6 Bagaimana cara menganalisa di tingkat negara (state level of analysis)? 1.Identifikasi decision unit. 2.Gaya manajemen kepemimpinan (executive management style). 3.Model pengambilan keputusan (models of decision making). 4.Pengaruh dimensi domestik (domestic constraints).

7 Decision Units The person or the group who are in a position not only to make foreign policy decision but also to prevent any other entity within the government from explicitly reversing that decision. (Hermann et. al., “How Decision Units Shape Foreign Policy Behavior,”dalam New Directions in the Study of Foreign Policy, ed. Charles F. Hermann et. al. (Boston: Allen dan Unwin, 1987), 311) Orang atau kelompok yang berwenang membuat kebijakan, serta yang bisa menjaga pihak-pihak di dalam pemerintahan melawan/bertentangan dengan kebijakan tersebut.

8 Gaya Manajemen Kepemimpinan (Executive Management Style) FormalistikKompetitifKolegial 1. Kemungkinan informasi akan disimpangkan Tinggi Tidak ada mekanisme cek ketika terjadi penyimpangan informasi Rendah Pemimipin mendapatkan beragam perspektif yang diperdebatkan, dan ia memilih perspektif terbaik sesuai penilaiannya. Rendah Beragam perspektif dikemukakan dan diperdebatkan, sehingga dapat saling mengoreksi perspektif masing- masing. 2. Tingkat paparan konflik substantif dan interpersonal terhadap pemimpin Rendah untuk keduanya Tinggi untuk keduanya Tinggi untuk konflik substantif. Rendah untuk konflik interpersonal.

9 FormalistikKompetitifKolegial 3. Kesigapan dalam proses pembuatan keputusan Rendah Fokus pada solusi terbaik. Kemungkinan bereaksi lamban atau kurang tepat dalam situasi krisis. Tinggi Fokus pada solusi yang dapat dilakukan. Sangat tergantung pada keterampilan dan keterlibatan pemimpin. Tinggi Bertujuan memperoleh solusi yang terbaik dan yang dapat dilakukan. Sangat tergantung pada keterampilan dan keterlibatan pemimpin.

10 FormalistikKompetitifKolegial 4. Kecermatan dalam mempertimbang- kan setiap alternatif Ketika bekerja dengan baik: tinggi. Cermat, tertib, objektif. Ketika tidak bekerja dengan baik: rendah. Kemungkinan terjadi tekanan politik dan opini publik yang melawan kebijakan. Ketika bekerja dengan baik: tinggi. Pemimpin bisa terpapar informasi bias dan parsial, namun dari banyak masukan ia dapat menilai informasi yang terbaik. Ketika tidak bekerja dengan baik: rendah. Terjadi kompetisi antar staff, perilaku yang mementingkan diri sendiri daripada melayani masyarakat. Ketika bekerja dengan baik: tinggi. Perdebatan dan semangat teamwork memastikan banyak pandangan dipertimbangkan. Ketika tidak bekerja dengan baik: rendah. Tidak saling dukung, pemikiran kelompok yang dikedepankan.

11 Model Pengambilan Keputusan (Models of Decision Making) RasionalOrganisasionalPolitik Birokratik (Politbiro) Kebijakan ditentukan oleh: Kepentingan nasional. Kelembaman organisasi dan apa yang bisa dilakukan. Tawar menawar antara individu dan agensi. Aktor kunci:Pemerintah, berperilaku seolah-olah tunggal dan rasional. Organisasi, berperilaku atas dasar prosedur standar operasional (Standard Operating Procedures/ SOP). Para individu, berperilaku berdasar peran dan kepentingan pribadi.

12 RasionalOrganisasionalPolitik Birokratik (Politbiro) Proses pengambilan keputusan: 1. Identifikasi kepentingan nasional 1. Kepentingan dan keahlian organisasi menentukan pilihan. 1. Horizontal: kepentingan ditentukan oleh peran dan agensi. 2. Identifikasi pilihan- pilihan. 2. Adopsi SOP.2. Vertikal: kepentingan ditentukan oleh hirarki jabatan. 3. Analisa cost and benefit terhadap pilihan. 3. Kebijakan diambil berdasar pilihan yang dapat dilakukan. 3. Tawar menawar dan manuver politik lainnya menentukan kebijakan yang akan diambil. 4. Memilih alternatif kebijakan terbaik yang melayani kepentingan nasional.

13 Pengaruh Dimensi Domestik (Domestic Constraints) Kondisi sistem politik: –Rezim otoriter, semi-otoriter, demokratis –Monarki murni, monarki konstitusional –Presidensial: ada kelompok-kelompok lobby –Parlementer: ada koalisi Peran warga negara dalam pemerintahan: –Sejarah dan budaya nasional –Budaya politik Peran press/media


Download ppt "Leaders Are Not Alone: Model Pengambilan Keputusan & Dimensi Domestik #11, Senin, 3 November 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google