Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VALIDITY AND RELIABILITY Dr. Muhamad Yunanto, MM..

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VALIDITY AND RELIABILITY Dr. Muhamad Yunanto, MM.."— Transcript presentasi:

1 VALIDITY AND RELIABILITY Dr. Muhamad Yunanto, MM.

2

3 Training Objectives Mengetahui dan dapat melakukan analisis berkaitan dengan Validity & Reliability Test Ch. 1 : A Decision Making Approach, Groebner, 2011 Ch. 4 : Reading Stat. and Research 6 th Ed, Huck, 2012 Ch. 4 : SPSS for Intermediate 2 nd, Leech, 2005

4 Measurement Error (1) Interviewer Bias Bias yang disebabkan oleh kesalahan interviewer, seperti kesalahan dalam bertanya, leading, atau masalah kebiasaan Non Response Bias Jika responden yang diperoleh kurang dari minimal yang direncanakan, biasanya terjadi pada mailsurvey, phonesurvey.

5 Measurement Error (2) Selection Bias Kesalahan dalam memilih responden, seperti pada phone survey, jika dilakukan siang hari maka tidak akan bisa mendapatkan responden yang bekerja. Observer Bias Terjadi pada saat riset kualitatif, di mana observer melakukan pengamatan tanpa instrumen yang terstruktur.

6 Measurement Error (3) Internal Validity Dalam melakukan penelitian, khususnya yang berkaitan dengan eksperimen, mereka yang mendapatkan kontrol dan perlakukan harus betul bisa bisa terjaga. External Validity Jika Internal Validity sudah diperoleh, maka External Validity akan diperoleh jika terdapat penelitian lain yang sejenis di tempat lain sudah dilakukan dengan internal validity yang baik pula.

7 Reliability Is … Reliability is Consistency. Instrumen yang digunakan harus memiliki konsistensi yang baik sehingga dapat digunakan dalam kondisi yang lain. Reliability Coefficient 0.00 (Unreliable) hingga 1.00 (Perfectly Reliable).

8 Reliability Test Test – Retest Reliability Pengukuran dilakukan dua kali, berapapun jarak waktu yang ada di antara keduanya. Tool : Pearson R Alternate Form Reliability Pengukuran dilakukan dua kali, dalam waktu yang dekat dengan dua set instrumen. Tool : Pearson R Split – Half Reliability Bentuk lain dari Alternate Form. Kedua set instrumen diukur bersamaan. Tool : Pearson R

9 Reliability Test Alpha Cronbach Metode yang diklaim paling baik saat ini, terutama bila instrumen menggunakan Likert Scale, berapa pun rentangnya. Point Biserial Metode yang setara dengan Alpha Cronbach untuk data dengan skala dikotomus. Interrater Reliability Kecocokan antar juri. Tool : Percentage and Pearson.

10 Reliability Test Kendall’s Coefficient Dilakukan pada saat beberapa orang diminta untuk menilai beberapa hal dengan skala ordinal. Tool : Kappa Coefficient. Cohen’s Coefficient Seperti Kendall’s namun dilakukan pada saat data yang digunakan berskala nominal. Tool : Cohen Coefficient.

11 Notes on Reliability Beberapa metode reliability dapat memiliki nilai yang berbeda, sehingga gunakan metode yang paling sesuai Reliabilitas menilai data, bukan instrumen Reliability adalah nilai taksiran, dipengaruhi oleh ukuran sampel. Perhatikan juga nilai Validity.

12 Validity Is … Validity is Accurasy Instrumen yang valid adalah instrumen yang mampu mengukur sesuatu yang seharusnya diukur Reliability dan Validlity Reliability yang tinggi tidak berarti Validity nya baik. Sebaliknya, jika Validity nya baik maka Reliabilitynya biasanya baik pula.

13 Validity Test Content Validity Tidak menggunakan metode statistika namun penilaian dari para ahli di bidangnya. Construct Validity Konvergen dengan butir yang satu kelompok dan Divergen dengan butir yang berbeda kelompok Factor Analysis Conformatory Factor Analysis : Untuk menguji dan Exploratory Factor Analysis : Untuk menggali

14 Notes on Validity Reliability tidak selalu sejalan dengan Validity Kondisi responden yang digunakan dalam validity test dan riset harus sama Seperti Reliability, nilai Validity juga sebuah estimasi, dan dipengaruhi ukuran sampel


Download ppt "VALIDITY AND RELIABILITY Dr. Muhamad Yunanto, MM.."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google