Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Negara dan Kebijakan Publik. Pertumbuhan Kegiatan Negara Sejak 1880 Istilah “negara” dan “pemerintah” kerap dipertukarkan, yakni lembaga yang memiliki.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Negara dan Kebijakan Publik. Pertumbuhan Kegiatan Negara Sejak 1880 Istilah “negara” dan “pemerintah” kerap dipertukarkan, yakni lembaga yang memiliki."— Transcript presentasi:

1 Negara dan Kebijakan Publik

2 Pertumbuhan Kegiatan Negara Sejak 1880 Istilah “negara” dan “pemerintah” kerap dipertukarkan, yakni lembaga yang memiliki kedaulatan tertinggi yang bisa membuat kebijakan yang mengikat seluruh warganegara. Lihat grafik halaman 71 yang menggambarkan pertumbuhan kegiatan yang dilakukan oleh negara di tiga negara berbeda: Swedia, Inggris dan Amerika Serikat.

3 Trend Aktivitas Negara di Swedia, Inggris, dan USA Secara umum, dalam kurun waktu 100 tahun, aktivitas negara berkembang pesat di ketiga kasus yang tergambar dalam grafik. Hal ini tak berkait sepenuhnya dengan tipe pemerintahannya (dikuasai oleh partai sosialis atau bukan). Ketiga negara ini memiliki sejarah yang berbeda, karakter partai politik yang berbeda, dan keterlibatan dalam perang dunia yang berlainan. Pada periode tertentu, perkembangan aktivitas negara melonjak drastis, sementara periode yang lain menurun tajam.

4 Mengapa Ukuran Negara dan Jumlah Aktivitasnya Terus Membesar? Tingkat kesejahteraan warganegara yang meningkat: Semakin banyak orang kaya yang ingin dan mampu membayar jasa yang diproduksi dan dikelola negara. Pendapatan negara melalui pajak terus meningkat: dengan penerimaan yang semakin besar negara mampu membiayai aktivitasnya lebih banyak dan lebih luas. Demokrasi: muncul dan berkembangnya demokrasi menghasilkan tuntutan publik yang semakin tinggi; dan politisi semakin cenderung mengumbar janji dan kebijakan yang ditujukan untuk melayani publik. Berkembangnya birokrasi: sekali birokrasi diciptakan, ia memiliki logikanya sendiri untuk terus berkembang. Dan birokrasi ini menjadi tangan negara yang terus bertumbuh. Perdagangan di tingkat global: dengan semakin pentingnya peran perdagangan global dalam ekonomi domestik, negara makin berkurang kemampuannya untuk mengontrol kehidupan ekonomi, dan ini menuntut kompensasi negara untuk berkembang mengatasi dan menghidupkan perannya.

5 APBN (dalam trilyun) Pendapatan Negara dan Hibah Belanja Negara

6 Apa Jenis Aktivitas Negara? 1.Transfer of resources: pemindahan sumber daya dari satu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya.

7 Apa Jenis Aktivitas Negara? 2. Memberikan Subsidi dengan sejumlah prasyarat tertentu. Perbedaannya dengan transfer of resources adalah soal keketatan persyaratan, dimana negara atau pemerintah melakukan intervensi lebih jauh terhadap pihak yang mendapat subsidi.

8 Apa Jenis Aktivitas Negara? 3. Melakukan regulasi: pemindahan sumber daya dari satu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya.

9 Apa Jenis Aktivitas Negara? 4. Pembangunan dan Administrasi: Kegiatan yang berskala besar dan melibatkan sejumlah besar warga negara pada akhirnya menuntut tertib administrasi.

10 Area/Bidang Kebijakan Negara Kebijakan di bidang pertahanan Kebijakan di bidang pendidikan Kebijakan di bidang riset dan pengembangan Kebijakan di bidang kesehatan dan kesejahteraan


Download ppt "Negara dan Kebijakan Publik. Pertumbuhan Kegiatan Negara Sejak 1880 Istilah “negara” dan “pemerintah” kerap dipertukarkan, yakni lembaga yang memiliki."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google