Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Globalisasi Nama kelompok : 1.Ellen Estisa (01) 2.Indah W. (02) 3.IQ Jurist W. (03) 4.Ridwan Ilham W. (04) 5.Asti W. (05) 6.Rachel M. (06)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Globalisasi Nama kelompok : 1.Ellen Estisa (01) 2.Indah W. (02) 3.IQ Jurist W. (03) 4.Ridwan Ilham W. (04) 5.Asti W. (05) 6.Rachel M. (06)"— Transcript presentasi:

1 Globalisasi Nama kelompok : 1.Ellen Estisa (01) 2.Indah W. (02) 3.IQ Jurist W. (03) 4.Ridwan Ilham W. (04) 5.Asti W. (05) 6.Rachel M. (06)

2 Pengertian Globalisasi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah proses masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global, yaitu dunia atau bola dunia atau dapat diartikan sebagai hal-hal kejadian secara umum dan keseluruhan yang berkaitan dengan dunia. Ada 3 kelompok tentang pandangan terhadap globalisasi : A. kelompok skeptis menurut kelompok ini globalisasi bukan sesuatu yang baru. Tingkat saling ketergantungan ekonomi yang terjadi sekarang sudah pernah terjadi di masa lalu. Bedanya, kini intensitas interaksi antarbangsa dan negara kian meningkat. B. kelompok hiperbola menurut kelompok ini, globalisasi membawa pandangan baru tentang konsep dunia tanpa tapal batas yang akan membawa perubahan baru. Artinya, kekuatan pasar lebih berkuasa daripada pemerintah sehingga negara- negara kehilangan sebagian besar kekuasaannya untuk mengontrol perekonomiannya sendiri

3 Pengertian c. kelompok transformatif bagi kelompok ini, tatanan global mengalami transformasi ( perubahan, tetapi masih banyak pula pola-pola lama yang bertahan.) Misalnya, pemerintah masih tetap memiliki kekuatan meskipun ketergantungan global semakin terasa di bidang-bidang kenegaraan. Pemerintah harus dapat mengambil sikap lebih aktif dan terbuka terhadap model-model kepemerintahan.

4 Proses Globalisasi A. Penjelajahan samudera Ketika penjelajahan samudera dilakukan pertama kali oleh bangsa- bangsa Eropa,ilmu pengetahuan dan teknologi mulai tersebar di wilayah-wilayah yang disinggahi.persebarannya itu diikuti oleh faktor- faktor lain, diantaranya sebagai berikut. 1.terpengaruhnya ajaran Corpenicus dalam pembuktian bahwa dunia bulat 2.ketertarikan kisah perjalanan yang dilakukan oleh orang-orang sebelumnya seperti Marcopolo 3.keinginan mencari pengetahuan dan tekhnologi dari wilayah atau bangsa lain 4.semangat mencari kekayaan, kejayaan dan misi dari bangsa, negara, dan agama nya (Gold, Glori dan Gospel)

5 Proses Globalisasi B. Revolusi Industri (1750 – 1850) peristiwa ini merupakan kelanjutan dari penjelajahan samudera. Dampak penjelajahan samudera mengakibatkan pada abad 17 terjadi peralihan masyarakan agraris dan perdagangan di abad pertengahan itu menjadi masyarakat industri modern dan perniagaan maju. Inggris menjadi negara pelopor revolusi industri sejak ditemukannya mesin uap (abad 18) dan Inggris menjadi negara penghasil tekstil utama. namun, globalisasi dalam perkembangan selanjutnya menjalar menjadi pengertian dalam bidang sosial, dan proses globalisasi terus bergerak menjadi 3 bidang utama dalam kehidupan manusia, yaitu ekonomi, politik, dan sosial budaya.

6 Aspek-aspek Globalisasi Bagi kehidupan bangsa Indonesia, pengaruh Globalisasi sudah menyebar ke berbagai aspek kehidupan. Misalnya globalisasi Informasi dan Komunikasi. Informasi dan komunikasi yang didukung teknologi canggih semakin efisien dan efektif. Contoh : Telepon, Radio, Televisi, Internet dapat mengatasi jarak jauh menjadi dekat, dapat digunakan berkomunikasi antar warga suatu negara dengan warga negara lain yang saling berjauhan. Barang yang ditawarkan lewat televisi dan koran lebih mudah dikenal konsumen. secara garis besar, beberapa aspek globalisasi telah menciptakan perubahan pada bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam. Aspek- aspek positif dan negatif dari globalisasi di antaranya sebagai berikut :

7 Aspek positif dan negatif globalisasi di bidang kenegaraan

8

9

10

11 Dampak Globalisasi Globalisasi telah banyak mempengaruhi aspek kehidupan. Pada satu sisi globalisasi telah menciptakan berbagai keuntungan dalam kehidupan manusia namun pada sisi lain globalisasi juga mempunyai beberapa dampak negatif bagi kehidupan.

12 Dampak Globalisasi secara umum:

13 Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya Dampak positif globalisasi bidang sosial budaya : Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwakemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagtainya. Dampak negatif globalisasi bidang sosial budaya : Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, mediatelevisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat. Semaikin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkangaya hidup berikut ini

14 Dampak Globalisasi di Bidang Hukum, Pertahan, dan Keamanan. Dampak positif : Menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadapdilaksanakannya hak-hak asasi manusia. Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yangmemihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel. Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjagakeamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional Dampak negatif : Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara semakin berkurang karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentaradan polisi. Perubahan dunia yang cepat, mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat secara global. Masyarakat sering kali mengajukan tuntutan kepada pemerintah dan jika tidak dipenuhi, masyarakat cenderung bertindak anarkis sehingga dapat mengganggustabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa

15 Globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan : Liberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komodit lain memberi peluangkepada Indonesia untuk ikut bersaing mereput pasar perdag angan luar negeri,terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang. Di bidang jasa kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancan egara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam. Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan : Arus masuk perdagangan luar negeri menyebakan defisit perdagangan nasional. Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia. Masuknya wisatawan ke Indonesia melunturkan nilai luhur bangsa.

16 Globalisasi bidang ekonomi sektor produksi Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi : Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi pr oduksi perusahaannya ke negara- negara berkembang dengan pertimbangan keuntungangeografis (melimpahnya bahan baku, areal yang luas, dan tenaga kerja yang masihmurah) meskipun masih sangat terbatas dan rentan terhadap perubahan-perubahankondisi sosial-politik dalam negeri ataupun perubahan-perubahan global, Indonesiamemiliki peluang untuk dipilih menjadi tempat baru bagi perusahaan tersebut. Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi : Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaa n dari luar.Akibatnya kondisi industridalam negeri sulit berkembang. Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri. Suatu perusahaan asing memindahkan usahanya keluar negeri mengakibatkan PHK tenaga kerja dalam negeri.

17 Secara garis besar : Dampak positif Globalisasi : 1.Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan 2.Mudah melakukan komunikasi 3.Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ) 4.Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran 5.Memacu untuk meningkatkan kualitas diri. 6.Mudah memenuhi kebutuhan Dampak negatif Globalisasi: 1.Informasi yang tidak tersaring 2.Perilaku konsumtif 3.Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit 4.Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk 5.Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat

18


Download ppt "Globalisasi Nama kelompok : 1.Ellen Estisa (01) 2.Indah W. (02) 3.IQ Jurist W. (03) 4.Ridwan Ilham W. (04) 5.Asti W. (05) 6.Rachel M. (06)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google