Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pelatihan STOP-CALL-WAIT. Apa yang dimaksud dengan KONDISI NORMAL ? Apa yang dimaksud dengan KONDISI ABNORMAL ? Kondisi Normal adalah : Bila urutan proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pelatihan STOP-CALL-WAIT. Apa yang dimaksud dengan KONDISI NORMAL ? Apa yang dimaksud dengan KONDISI ABNORMAL ? Kondisi Normal adalah : Bila urutan proses."— Transcript presentasi:

1 Pelatihan STOP-CALL-WAIT

2 Apa yang dimaksud dengan KONDISI NORMAL ? Apa yang dimaksud dengan KONDISI ABNORMAL ? Kondisi Normal adalah : Bila urutan proses kerja dapat dilakukan sesuai dengan Standard yang sudah ditetapkan (SOP, TSK, OPL) Kondisi Abnormal adalah : Bila proses kerja tidak mengikuti Standard yang sudah ditetapkan, karena adanya problem/penyimpangan (contoh : part nyangkut yang mengakibatkan adanya proses kerja tambahan yang tidak sesuai SOP)

3 Kenapa Stop-Call-Wait harus dilakukan ? Tindakan ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penanganan kondisi abnormal yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja, kerusakan mesin, defect produk atau pencemaran lingkungan

4 Terminologi STOP-CALL-WAIT Stop (MENGHENTIKAN) : Menghentikan mesin atau proses kerja saat ditemukan kondisi abnormal Call (MEMANGGIL) : Memanggil pimpinan kerja ( Koordinator/Spv ) untuk datang ke lokasi ditemukannya kondisi abnormal. Note : bila ada kondisi abnormal tetapi sudah masuk dalam scope tanggung jawab operator  tidak perlu memanggil Wait (MENUNGGU) : Menunggu & tidak melakukan apapun sampai ada instruksi dari pimpinan kerja termasuk usaha penanganan kondisi abnormal yang terjadi.

5 1.Hentikan proses kerja 1.Menunggu & tidak melakukan apapun 2.Tunggu instruksi dari pimpinan 1. Proses tdk sesuai prosedure 2. Ada kelainan pada proses 3. Ada kondisi yg membahayakan & ragu 1.Panggil pimpinan kerja ( Koordinator / Spv)

6 Cara melakukan Call Pihak yang dipanggil adalah : Atasan langsung dan pihak terkait. Cara panggil : 1.Dengan panggilan langsung. 2.Dengan memencet tombol andon 3.Dengan alat komunikasi lain (tlp,HT,dsb)

7 FLOW Kondisi Abnormal untuk bagian Maintenance Tekan Emergency Stop Cabut Safety Plug (Pocket) Cabut Safety Block Gantungkan FUDA pada mesin Kondisi AMAN ? Proses perbaikan mesin s/d SELESAI Kondisi ABNORMAL Ambil FUDA milik sendiri Kembalikan safety tools ke posisi semula Cek pemastian Orang/Tool yg tertinggal Tdk Ya Informasi ke pimp. Produksi 10 Shutter safety Pin 11


Download ppt "Pelatihan STOP-CALL-WAIT. Apa yang dimaksud dengan KONDISI NORMAL ? Apa yang dimaksud dengan KONDISI ABNORMAL ? Kondisi Normal adalah : Bila urutan proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google