Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASPEK TEKNIKAL. PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Analisis teknikal selain mengidentifikasikan kebutuhan- kebutuhan teknikal proyek juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASPEK TEKNIKAL. PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Analisis teknikal selain mengidentifikasikan kebutuhan- kebutuhan teknikal proyek juga."— Transcript presentasi:

1 ASPEK TEKNIKAL

2 PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Analisis teknikal selain mengidentifikasikan kebutuhan- kebutuhan teknikal proyek juga menilai kelayakan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut pada berbagai alternatif lokasi.

3 PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN Analisis teknikal perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya agar  tidak terjadi kegagalan proyek baik kegagalan jangka pendek yaitu menyangkut masalah keuangan maupun  kegagalan jangka panjang yaitu menyangkut invetasi tersebut secara keseluruhan.

4 PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Tidak ada ukuran baku dalam menilai kelayakan teknikal, tetapi membandingkan dan menggunakan pengalaman proyek lain yang sejenis merupakan hal yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan teknikal.

5 PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Untuk membuat analisis teknikal yang baik diperlukan informasi sebanyak- banyaknya dari berbagai sumber.  Informasi tersebut berupa informasi produk, informasi, informasi bahan baku dan lain-lain.

6 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK

7 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Dalam analisis teknikal, terdapat proses eleminiasi yang diamksudkan untuk menghilangkan alternatif teknikal yang tidak sesuai dengan kondisi-kondisi intern maupun ekstern. Kondisi intern dalam hal ini adalah kondisi perusahaan yang bersangkutan dan kondisi ekstern adalah kondisi di luar perusahaan tersebut misalnya peraturan pemerintahan dan Undang-Undang.

8 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Dalam analisis teknikal, terdapat proses eleminiasi yang diamksudkan untuk menghilangkan alternatif teknikal yang tidak sesuai dengan kondisi-kondisi intern maupun ekstern. Kondisi intern dalam hal ini adalah kondisi perusahaan yang bersangkutan dan kondisi ekstern adalah kondisi di luar perusahaan tersebut misalnya peraturan pemerintahan dan Undang-Undang.

9 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Persyaratan-persyaratan teknikal dalam setiap tahap dalam proses eliminasi perlu dipenuhi sehingga alternatif yang tidak sesuai dengan persyaratan yang diharapkan atau direncanakan, sebaiknya dihilangkan sebagai elemen dalam proyek. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pengambilan keputusan yang tentang proyek sedini mungkin.

10 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Pengambilan keputusan yang salah bisa mengakibatkan kegagalan proyek di dalam pelaksanaannya. Persyaratan pertama yang perlu dipenuhi adalah berkenaan dengan pemilihan teknologi yang akan digunakan dalam proyek.

11 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Persyaratan kedua melihat kemungkinan proyek menyimpang dari peraturan pemerintah atau Undang- Undang yang berlaku atau tidak.

12 PERSYARATAN TEKNIKAL PRODUK Persyaratan ketiga adalah menyangkut biaya produksi dan biaya alternatif teknikal lain dan perlu tidaknya dilakukan penelitian dan tes klerikal melalui laboratorium atau yang sejenis dan perlu tidaknya melakukan studi teknikal lebih lanjut.

13 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK 

14 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Terdapat banyak elemen teknikal yang perlu dinilai dalam analisis teknikal suatu studi kelayakan perusahaan.  Penilaian tersebut perlu dilakukan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan biaya produksi proyek.

15 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Terdapat banyak elemen teknikal yang perlu dinilai dalam analisis teknikal suatu studi kelayakan perusahaan.  Penilaian tersebut perlu dilakukan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan biaya produksi proyek.

16 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Terdapat banyak elemen teknikal yang perlu dinilai dalam analisis teknikal suatu studi kelayakan perusahaan.  Penilaian tersebut perlu dilakukan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan biaya produksi proyek.

17 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Elemen pertama adalah persediaan bahan baku, barang dalam proses maupun barang jadi. Selain itu skedul produksi dan proses produksi juga perlu dilakukan sebaik- baiknya.  Perencanaan proses produksi penting karena akan berpengaruh terhadap perencanaan mesin dan peralatan, kebutuhan ruang dan peletakannya, peralatan pengangkutan bahan dan kebutuhan tenaga kerja.

18 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Semua elemen tersebut akan mempengaruhi luas dan bentuk bangunan proyek dan letak lokasi yang akan dipilih meskipun masih ada faktor lain yang mempengaruhi pemilihan lokasi. Misalnya, letak sumber bahan baku, letak pasar, letak sumber tenaga kerja, peraturan pemerintah setempat, sumber air, bahan bakar dan tenaga pembangkit listrik serta faktor lainnya.

19 PENILAIAN TERHADAP ELEMEN- ELEMEN TEKNIKAL PROYEK  Penilaian elemen-elemen tersebut di atas dilakukan dengan menilai berbagai alternatif. Alternatif yang memiliki nilai ekonomis tertinggi dalam arti memiliki biaya terendah adalah alternatif yang dipilih.


Download ppt "ASPEK TEKNIKAL. PENGERTIAN ASPEK TEKNIKAL DALAM STUDI KELAYAKAN  Analisis teknikal selain mengidentifikasikan kebutuhan- kebutuhan teknikal proyek juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google