Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Teori pengambilan keputusan adalah teknik pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau proses memilih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Teori pengambilan keputusan adalah teknik pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau proses memilih."— Transcript presentasi:

1 TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

2 Teori pengambilan keputusan adalah teknik pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau proses memilih tindakan sebagai cara pemecahan masalah. Tujuan analisis keputusan adalah untuk mengidentifikasi apa yang harus dikerjakan, mengembangkan kriteria khusus untuk mencapai tujuan, mengevaluasi alternatif yang tersedia yang berhubungan dengan kriteria & mengidentifikasi risiko yang melekat pada keputusan tersebut Pengertian

3 Dasar-dasar Pengambilan Keputusan : Intuisi Pengalaman Fakta Wewenang Rasional Proses Pengambilan Keputusan : Tahap Penemuan Masalah Tahap Pemecahan Masalah (state of nature) Tahap Pengambilan Keputusan ( pay off )

4 Beberapa Teknik dalam pengambilan keputusan Situasi KeputusanPemecahanTeknik Ada kepastian (certainly)Deterministic Linear programming Model transportasi Model penugasan Model antrian Model network Ada resiko (Risk)probabilistic Model kepututsan inventory probabilistic Model antrian probabilistic Tidak ada kepastian (Uncertainly) Tidak diketahui Analisis keputusan dalam keadaan ketidakpastian Ada konflik (conflict)Tergantung tindakan lawan Teori permainan

5 Hasil dari setiap alternatif tindakan dapat ditentukan dimuka dengan pasti. Misal model linear programming, model integer programming dan model deterministik. Tujuan : Lebih dari satu tujuan. Lebih dari satu alternatif tindakan Setiap tindakan mempunyai satu atau lebih hasil KEPUTUSAN DALAM KEPASTIAN

6 KEPUTUSAN DALAM KONDISI BERESIKO Kurang pastinya kejadian-kejadian dimasa mendatang, maka kejadian ini digunakan sebagai parameter untuk menentukan keputusan yang akan diambil. Situasi yang dihadapi pengambil keputusan adalah mempunyai lebih dari satu alternatif tindakan, pengambil keputusan mengetahui probabilitas yang akan terjadi terhadap berbagai tindakan dan hasilnya dengan memaksimalkan expected return (ER) atau expected monetari value (EMV)

7 Penjual koran mengambil koran waktu pagi dan menjualnya, harga jual koran Rp dan harga beli Rp 800 koran yang tidak laku disore hari tidak mempunyai harga. Dari catatannya probabilitas koran yang laku setiap hari: Probo = prob. Laku 10 = 0,10 Prob1 = prob. Laku 50 = 0,20 Prob2 = prob. Laku 70 = 0,30 Pertanyaan: berapa koran yang harus dibeli setiap harinya? CONTOH:

8 JAWAB: Probabilitas Koran Jumlah dan probabilitas permintaan koran 10=0.1050=0.2070= Pay off = 10 (1.000) – 10 (800) = Pay off = 70 (1.000) – 70 (800) =

9 Expected Return ER (0.10)+2.000(0.20)+2.000(0.30) ER (0.10) (0.20) (0.30) ER (0.10) (0.20) (0.30)

10 KEPUTUSAN DALAM KETIDAKPASTIAN Kriteria pengambilan keputusan dalam ketidakpastian: 1. Kriteria Maximax Keputusan didasarkan pada kondisi optimis dan mencari nilai maksimumnya. 2.Kriteria Maximin Keputusan didasarkan pada kondisi pesimis atau mencari nilai maksimum pada kondisi pesimis. 3. Kriteria Minimax Regret/Penyesalan Keputusan didasarkan pada nilai regret minimum. Nilai regret diperoleh dari nilai OL pada setiap kondisi dan dipilih yang maksimum.

11 4.Kriteria Hurwicz Keputusan didasarkan pada perkalian hasil dan koefisien optimisme. Koefisien ini merupakan perpaduan antara optimis dan pesimis. Menggunakan koefisien optimisme (α) dan koefisien pesimisme (1 - α). Koefisien ini anda dapat diperoleh melalui hasil penelitian atau pendekatan relatif dari data tertentu. 5. Kriteria Laplace Probabilitas semua kejadian sama, probabilitas tertinggi adalah keputusan terbaik.

12 Pilihan Investasi Kondisi Ekonomi (dlm Juta) TurunSedangNaik ABCABC Contoh Kasus Uncertainly

13 Pilihan Investasi Perhitungan Regret Minimax Regret TurunSedangNaik ABCABC

14 Pilihan Investasi Kondisi Ekonomi (dlm Juta) MaximaxMaximin Hurwicz α=0.6 Laplace Minimax Regret ABCABC Keputusan investasi yang terbaik dengan menggunakan 5 metode adalah investasi C


Download ppt "TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Teori pengambilan keputusan adalah teknik pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau proses memilih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google