Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata pelajaran IPS Semester 1 untuk kelas VIII (Delapan)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata pelajaran IPS Semester 1 untuk kelas VIII (Delapan)"— Transcript presentasi:

1 Mata pelajaran IPS Semester 1 untuk kelas VIII (Delapan)

2 KONDISI FISIK, LINGKUNGAN HIDUP DAN PENDIDIKAN

3 Faktor fisik suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap kehidupan penduduk.

4  Iklim berpengaruh terhadap mata pencaharian penduduk.  Relief berpengaruh terhadap transformasi, suhu, dan kegiatan pariwisata.

5  Kondisi tanah mempengaruhi keadaan penduduk, seperti tanah kapur yang tandus, penduduknya miskin, tanah yang subur.  Flora dan fauna mempengaruhi kegiatan manusia dan mutu pangan.  Air menentukan suatu wilayah dapat dihuni manusia atau tidak.

6  Jumlah penduduk besar  Pertumbuhan penduduk cepat  Persebaran penduduk tidak merata  Kualitas penduduk rendah  Komposisi penduduk sebagian besar berusia muda

7 KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA

8 Kondisi Hubungan Dagang di Eropa dan Asia Barat pada abad XIV Pada abad ini kondisi politik di Eropa diwarnai adanya permusuhan antara Turki Usmani dengan kerajaan Kristen di Eropa.

9 Putusnya hubungan perdagangan antara Eropa dengan Asia Barat merupakan salah satu pendorong terjadinya penjelajahan samudra.

10 Ingin mencari sumber penghasil rempah- rempah. Adanya teori Copernicus yang menyatakan bumi itu bulat Jatuhnya konstantinopel ke tangan Turki Usmani

11 Pengaruh buku Imago Mundi (anggapan tentang dunia) karya Maropolo Berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi Ingin menyebarkan agama Nasrani Adanya semangat Recorquesta

12 KEBANGKITAN NASIONAL

13 Lahirnya nasionalisme di indonesia dipelopori oleh golongaan pelajar yang telah sadar bahwa bangsanya sedang dijajah oleh bangsa lain., sehingga memunculkan keinginan untuk mendapatkan kemerdekaan

14 Berkembangnya pendidikan di indonesia, telah melahirkan golongan terpelajar. Pada perkembangan selanjutnya golongan pelajar tersebut mampu membangkitkan kesadaran nasional di Indonesia.

15 PENYIPANGAN SOSIAL

16 Menurut pendapat Edwin H. Sutherland, penyimpangan sosial juga terjadi dalam lingkup masyarakat yang paling kecil yaitu keluarga

17  Keluarga yang tidak harmonis  Kondisi keluarga yang mengalami aquasi broken home  Sikap orang tua yang terlalu otoriter  Akibat pengaruh lingkugan yang kurang baik.

18 KEBUTUHAN SUMBER DAYA

19 Dalam kehidupan sehari-hari, manusia dibutuhkan pada dua permasalahan utama, yaitu kebutuhan dan ketersediaan sumber daya.

20 Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggu.

21 Kelangkaan merupakan keterbatasan sumber daya dalam memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Terdapat 2 pengertian terbatas dalam konsep kelangkaan, yaitu:

22 a. Terbatas dalam arti alat pemuas kebutuhan yang tersedia tidak sebanding dibandingkan dengan kebutuhan manusia. b. Terbatas dalam arti untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan, manusia harus mengeluarkan sejumlah pengorbanan.

23 a. Kebutuhan manusia terus-menerus meningkat,namun sumber daya baru belum ditemukan. b. Kecenderungan sifat manusia yang tidak cepat puas mengakibatkan berkurangnya sumber daya alam. c. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengola SDM.

24 PELAKU KEGIATAN EKONOMI

25 Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia akan melakukan kegiatan ekonomi. Setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan secara individual maupun bersama-sama.

26 Rumah tangga keluarga disebut juga rumah tangga konsumen dalam arti sempit keluarga sebagai kelompok masyarakat yang terdiri atas suami,istri dan anak

27 a. Usaha sendiri misalnya usaha pertanian, berdagang, industri rumah tangga. b. Menyewakan rumah atau tanah c. Bekerja pada pihak lain, misalnya menjadi pegawai negeri atau karyawan suatu perusahaan.

28 Rumah tangga produksi memiliki beberapa peranan dalam kegiatan ekonomi, antara lain, sebagai produsen dan sebagai pengguna faktor produksi.

29 Secara garis besar terdapat 3 peranan pemerintah dalam perekonomian yaitu sebagai produsen, sebagai konsumen dan sebagai pengatur kegiatan ekonomi.

30 Sesuai dengan pasal 33 ayat (2) UUD 1945, sebagai produsen, pemerintah berwenang mengelola berbagai sumber daya ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak, pemerintah berusaha mewujudkan pemeratan.


Download ppt "Mata pelajaran IPS Semester 1 untuk kelas VIII (Delapan)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google