Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGARAN BAHAN BAKU. CONTOH SOAL 1 Berikut ini data yang disajikan oleh PT SRIWIDJAJA a. Perkiraan penjualan : b. Bahan baku yang digunakan dihitung menurut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGARAN BAHAN BAKU. CONTOH SOAL 1 Berikut ini data yang disajikan oleh PT SRIWIDJAJA a. Perkiraan penjualan : b. Bahan baku yang digunakan dihitung menurut."— Transcript presentasi:

1 ANGGARAN BAHAN BAKU

2 CONTOH SOAL 1 Berikut ini data yang disajikan oleh PT SRIWIDJAJA a. Perkiraan penjualan : b. Bahan baku yang digunakan dihitung menurut standar penggunaan kebutuhan (Standard Usage Rate/SUR) : Jenis brg Jumlah (unit) Harga/uni t Persd. awal Persd. akhir X15.000Rp Y30.000Rp Z20.000Rp Jenis bahan baku SatuanS U R Barang XBarang YBarang Z 1Unit234 2Kg3-3 3Unit142

3 c. Jumlah persediaan masing-masing bahan baku : d. Perkiraan bahan baku adalah : Jenis bhn bakuPersd.awalPersd.akhir unit4.000 unit kg8.500 kg unit unit Jenis bahan bakuHarga 1Rp 800,- per unit 2Rp 500,- per kg 3Rp 750,- per unit

4 Berdasarkan data di atas, susunlah : 1. Anggaran produksi untuk masing- masing jenis barang 2. Anggaran kebutuhan bahan baku yang dirinci menurut jenis barang dan jenis bahan baku 3. Anggaran pembelian bahan baku yang terperinci menurut jenis bahan baku dan nilainya. 4. Anggaran biaya pemakaian bahan baku yang habis digunakan yang dirinci menurut jenis bahan baku dan jenis barang.

5 CONTOH 2 Akibat pengalaman PT MARTILAON pada masa yang lalu yang kurang menguntungkan, khususnya yang menyangkut manajemen persediaan, menyebabkan perusahaan mengusahakan dilakukannya suatu sistem perencanaan serta pengawasan yang lebih baik untuk waktu yang akan datang. Untuk tahun depan PT Martilaon merencanakan akan menjual unit produk. Diketahui bahwa persediaan awal produk jadi sebesar unit dan persediaan akhir yang diinginkan unit.

6 Untuk membuat satu produk jadi dibutuhkan 2 kg bahan baku. Untuk merencanakan kapan saat pemesanan yang tepat dilakukan : Biaya penyimpanan bahan mentah per kg per tahunnya adalah Rp 100,- Setiap kali pemesanan, akan dikeluarkan biaya sebesar Rp 8.800,-

7 Persediaan minimum (safety stock) adalah untuk 2 minggu dan perusahaan merencanakan untuk melakukan pembelian bahan baku 20 kali. Dalam setahun dianggap 300 hari atau 50 minggu.


Download ppt "ANGGARAN BAHAN BAKU. CONTOH SOAL 1 Berikut ini data yang disajikan oleh PT SRIWIDJAJA a. Perkiraan penjualan : b. Bahan baku yang digunakan dihitung menurut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google