Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kantung Suara Tujuan : Untuk mengetahui pola dan perubahan perilaku, pengambilan keputusan dan lain-lain yang berkaitan dengan kebiasaan pemakaian sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kantung Suara Tujuan : Untuk mengetahui pola dan perubahan perilaku, pengambilan keputusan dan lain-lain yang berkaitan dengan kebiasaan pemakaian sumber."— Transcript presentasi:

1 Kantung Suara Tujuan : Untuk mengetahui pola dan perubahan perilaku, pengambilan keputusan dan lain-lain yang berkaitan dengan kebiasaan pemakaian sumber air bersih dan tempat BAB.

2 1. Tunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan tempat untuk BAB/AB 2. Tanyakan apa dan bagaimana keadaan di daerah mereka, kemudian pilih gambar jenis sarana sanitasi/AB yang sesuai dengan kondisi setempat. Dipasang secara horizontal 3. Pasang gambar jenis pengguna sarana sanitasi (kakek, nenek, ibu, bapak, anak-anak serta bayi) dipasang secara vertikal dan berdasarkan penggunaan SAB Proses Kegiatan:

3 4. Tempatkan amplop di masing-masing pilihan 5. Masukkan tanda suara untuk memperlihatkan sarana apa yang digunakan masyarakat dalam bersanitasi. Pemberian suara dilakukan seorang demi seorang. Bedakan juga tanda suara untuk kelompok wanita dan pria

4 a. Sumber yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk beberapa pemakaian/keperluan sebelum dan setelah sarana baru dari program dibangun dan bervariasi menurut iklim /musim. b. Mengamati/memahami perbedaan pola sumber yang dipakai antara kaya dan miskin (berdasarkan tingkat kesejahteraan). Mendalami perubahan yang ada akibat intervensi program (alasan mengapa mereka berubah dan mengapa mereka tetap menggunakan sumber lama) Informasi Minimum : Sarana Air Bersih (SAB)

5 Pola kebiasaan BAB sebelum dan setelah ada intervensi program. Alasan mengapa berubah dan tidak. Memahami perbedaan pola antara kaya dan miskin. Pola BAB (Sanitasi) :

6 Jumlah rumah tangga yang menggunakan sumber air bersih untukminum dan memasak saat ini Menurut kelompok kayaMenurut kelompok miskin PilihanSkorKonversi kePilihanSkorKonversi ke Kurang dari ¼00 00 Antara ¼ sampai ½125Antara ¼ sampai ½ 125 Antara ½ sampai ¾250Antara ½ sampai ¾ 250 Lebih dari ¾, tetapi belum semua 375Lebih dari ¾, tetapi belum semua 375 Semua4100Semua4100 EU 5EU 6

7 Skoring Kebiasaan Buang Air Besar di Jamban Wanita muda + remaja Skor Konversi ke Pria muda + remaja Skor Konversi ke Wanita tua Skor Konversi ke Masih BAB di sembarang tempat 00 Masih BAB di sembarang tempat Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125 Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125 ½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250 ½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250 > ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375 > ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375> ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375 Semua selalu menggunakan jamban 4100 Semua selalu menggunakan jamban 4100Semua selalu menggunakan jamban 4100 EU 7EU 8EU 9

8 Pria tuaSkor Konversi ke Anak-anak (5 –12 th) Skor Konversi ke Bayi + Balita *) Skor Konversi ke Masih BAB di sembarang tempat Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125 Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125 Kurang dari ½ masyarakat selalu menggunakan jamban 125 ½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250 ½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250 ½ – ¾ masyarakat selalu menggunakan jamban 250 > ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375 > ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375 > ¾ tapi belum semua, selalu menggunakan jamban 375 Semua selalu menggunakan jamban 4100 Semua selalu menggunakan jamban 4100 Semua selalu menggunakan jamban 4100 EU 10EU 11EU 12 *) kotoran bayi/balita dibuang oleh ibunya atau pengasuhnya.


Download ppt "Kantung Suara Tujuan : Untuk mengetahui pola dan perubahan perilaku, pengambilan keputusan dan lain-lain yang berkaitan dengan kebiasaan pemakaian sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google