Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUKADDIMAH Ketika anda melihat, membaca dan mempelajari power point ini, ingat bahwa ini hanya sekedar poin atau kisi- kisi pokok bahasan dari materi mata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUKADDIMAH Ketika anda melihat, membaca dan mempelajari power point ini, ingat bahwa ini hanya sekedar poin atau kisi- kisi pokok bahasan dari materi mata."— Transcript presentasi:

1 MUKADDIMAH Ketika anda melihat, membaca dan mempelajari power point ini, ingat bahwa ini hanya sekedar poin atau kisi- kisi pokok bahasan dari materi mata kuliah yang saya asuh, bukan diskripsi dan eksplanasi Alangkah indahnya jika anda juga melihat, membaca dan mempelajari power texs-nya yakni buku bacaan atau referensi yang saya cantumkan dalam tayangan ini; di samping anda juga harus aktif mengikuti jadwal kuliah saya. Terima Kasih. (Agus Suryono)

2 PERUBAHAN DAN BUDAYA ORGANISASI (Episode 01) Oleh Agus Suryono FIA - UB

3 REFERENSI Luthans, Fred, 1995, Organizational Behavior, Sevent Edition, McGraw-Hill, Inc, New York. Robbins, Stephen.P, 1996, Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1 dan 2, Prenhallindo, Jakarta. Ndraha, Taliziduhu, 2005, Teori Budaya Organisasi, Rineka Cipta, Jakarta. Pambundu Tika, Moh, 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Bumi Aksara, Jakarta.

4 Davis, Keith and Newstrom, John.W, 1993, Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketujuh, Jilid 1 dan 2, Erlangga, Jakarta. Gibson,James L, dan Ivancevich, John.M, dan Donelly, James.H, 1996, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, Edisi kedelapan, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta. Gitosudarmo, Indriyo, 1997, Perilaku Keorganisasian, BPFE, Yogyakrta. Griffin and Moorhead, 1986, Organizational Behavior, Boston, Massachusetts.

5 Moeljono, Djokosantoso,2003, Budaya Korporate dan Keunggulan Korporasi, Elex media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta Siagian, SP, 1987, Teknik Menumbuhkan Dan Memelihara Perilaku Organisasi, Gunung Agung, Jakarta. Thoha, Miftah, 1983, Perilaku Organisasi: Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Rajawali, Jakarta. Umar, Husein, 2003, Metode Riset Perilaku Organisasi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

6 Schein. E.H, 1984, Coming to a New Awareness of Organizational Culture, Sloan Management Review Winter , The Role of Foundation in Creating Organizational Culture: Organizational Dynamic. Summer , Organizational Culture and Leadership, Jossey Bass, San Fransisco.

7 BAGAIMANA ALUR PIKIR POSISI PERUBAHAN DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PERILAKU ORGANISASI SEBAGAI KERANGKA KERJA ?

8 STIMULUS ORGANISASI PERILAKU KONSEKUENSI ( V.X) (V.A) (V.A) (V.Y) Identifikasi Proses Perilaku Dinamika sbg SituasiPemahaman Partisipan konsekuensi Lingkungandr Partisipan dalam Organisasi dan Organisasi Organisasi Perilaku Konteksual:-Persepsi -Performance -Dinamika Kelompk 1.Perubahan-Kepribadian -Produktivitas -Konflik Lingkungan-Sikap -Kepuasan -Stres Kerja Sejarah-Motivasi kerja -Kekuasaan dan 2.Kekuatan-Proses -Kemangkiran Politik Organisasi Pembelajaran (Absence) -Kepemimpinan 3.Tantangan -Perpindahan -Perubahan & Organisasi Pegawai Pengembangan 4.Perubahan (Turn Over) Organisasi Global/Internsl Organisasi: -Komunikasi -Pengambilan Keputusan -Struktur Orgss -Budaya Kerja Organisasi UMPAN BALIK

9 RUANG LINGKUP MATA KULIAH PERILAKU ORGANISASI Perubahan DLLBudaya Organisasi

10 ALUR PIKIR BUDAYA KERJA (ORGANISASI) PERUBAHAN (BUDAYA) ORGANISASI PENGEMBANGAN ORGANISASI (ORGANIZATION DEVELOPMENT) PERUBAHAN TERENCANA (Planned Change)

11 ORGANISASI IDENTITAS/ SIMBUL2 ORGANISASI KEBANGGAAN ORGANISASI LOYALITAS TERHADAP ORGANISASI SPIRIT/ ETOS KERJA

12 APA ITU PERILAKU ORGANISASI ?

13 PERILAKU ORGANISASI Merupakan konsep manajemen sumber daya manusia (MSDM) Studi tentang apa yang dilakukan orang dalam suatu organisasi dan bagaimana perilaku tersebut berdampak pada kinerja (performance) organisasi Suatu kajian dan penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang bertindak di dalam organisasi

14 Bidang studi yang menyelidiki atau mengamati hubungan (korelasi) atau pengaruh (influence) yang ditimbulkan oleh individu, kelompok dan struktur terhadap perilaku (manusia) di dalam organisasi dengan tujuan menerapkan pengetahuan yang di dapat untuk meningkatkan efektivitas, efesiensi, dan produktivitas organisasi Sarana manusia untuk keuntungan manusia (memanusiakan manusia)

15 KARAKTERISTIK PERILAKU ORGANISASI PERILAKU (Individu/agency, Kelompok, Team work dalam organisasi) STRUKTUR ORGANISASI (Bersifat tetap) PROSES ORGANISASI (Interaksi antar anggota organisasi)

16 PERILAKU BIROKRASI (Miftah Thoha, 2002) merupakan hasil interaksi dari karakteristik individu (kemampuan, kebutuhan, kepercayaan, pengalaman, pengharapan) dan karakteristik birokrasi (hirarkhi, tugas-tugas, wewenang, tanggung jawab, sistem reward, sistem kontrol) Hal ini berarti bahwa secara formula psikologis perilaku seseorang tidak hanya ditentukan oleh dirinya sendiri, melainkan ditentukan oleh sampai seberapa jauh interaksi antara dirinya (agency) dengan lingkungannya (structure).

17 PERILAKU BIROKRASI Karakteristik Individu: Kemampuan Kebutuhan Kepercayaan Pengalaman Pengharapan Karakteristik Birokrasi : Hirarkhi Tugas- tugas Wewenang Tanggung jawab Sistem reward Sistem kontrol PERILAKU BIROKRASI

18 Perilaku merupakan suatu fungsi dari interaksi antara seseorang individu dengan lingkungannya. P = f (I. L) P = perilaku, f = fungsi, I = Individu, L = lingkungan

19 APA SAJA UNSUR PERILAKU ORGANISASI?

20 UNSUR PERILAKU ORGANISASI ORANG STRUKTUR LINGKUNGAN TEKNOLOGI

21 ORANG DALAM ORGANISASI Membentuk sistem sosial intern organisasi Terdiri dari pribadi dan kelompok (besar maupun kecil) Kelompok formal (resmi) dan informal (tidak resmi) Semua kelompok bersifat dinamis Kelompok terbentuk, lalu berubah, dan akhirnya dapat bubar

22 Orang-2 dalam organisasi adalah machluk hidup yang berjiwa, berpikiran dan berperasaan yang menciptakan organisasi untuk mencapai tujuan mereka Organisasi dibentuk untuk melayani manusia, bukan sebaliknya (orang hidup untuk melayani organisasi)

23 STRUKTUR Struktur Organisasi (hirarkhi) Desain kerja dan peta stress kerja Kebijakan sumber daya manusia Pola Budaya Organisasi (hirarkhis, individual, fatalisme/nrimo, egaliter)

24 LINGKUNGAN ORGANISASI Merupakan bagian dari suatu sistem yang lebih besar yang memuat banyak faktor dan unsur Suatu organisasi tidak dapat menghindar dari pengaruh lingkungan yang sifatnya dinamis Lingkungan luar lebih intens mempengaruhi sikap orang-2, mempengaruhi kondisi kerja, dan menimbulkan persaingan untuk memperoleh sumberdaya dan kekuasaan

25 TEKNOLOGI Adalah peralatan atau instrumen yang dipergunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan

26 Lanjutkan Ke Episode 02 APA TUJUAN MEMAHAMI PERILAKU ORGANISASI ?

27 TERIMA KASIH DAN SUKSES


Download ppt "MUKADDIMAH Ketika anda melihat, membaca dan mempelajari power point ini, ingat bahwa ini hanya sekedar poin atau kisi- kisi pokok bahasan dari materi mata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google