Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERILAKU ORGANISASI Oleh : Dr. RM. Moch. Wispandono, SE, MS PRODI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERILAKU ORGANISASI Oleh : Dr. RM. Moch. Wispandono, SE, MS PRODI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA."— Transcript presentasi:

1 PERILAKU ORGANISASI Oleh : Dr. RM. Moch. Wispandono, SE, MS PRODI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

2 ISI KONTRAK PERKULIAHAN MATA KULIAH : PERILAKU ORGANISASI Deskripsi Perkuliahan Manfaat Mata Kuliah Tujuan Pembelajaran Organisasi Materi Strategi Perkuliahan Referensi (utama dan penunjang) Tugas-Tugas Kriteria Penilaian Jadwal perkuliahan dengan pokok bahasan

3 DESKRIPSI MATA KULIAH MATA KULIAH Perilaku Organisasi (PO) memberikan pemahaman mengenai Telaah dan penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang dan kelompok bertindak di dalam organisasi. Pembahasan MK ini ditekankan pada Interelasi perilaku individu, kelompok, dan organisasi. Untuk mencapai target tersebut, maka pemberian materi atau perkuliahan menyajikan ceramah, dialog, diskusi/tanya jawab, dan seminar kecil.

4 MANFAAT MATA KULIAH Mahasiswa dapat memahami hakekat manusia dan kelompok dalam kehidupan berorganisasi; Mahasiswa dapat mengenali berbagai unsur pokok dalam organisasi (orang, struktur, teknologi, dan lingkungan) yang bisa mempengaruhi perilaku individu dan kelompok; Mahasiswa dapat menganalisis perilaku yang muncul dari orang-orang dan kelompok dalam organisasi; Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil analisis dan pembahasan perilaku individu dan kelompok dalam kehidupan organisasi karena berbagai faktor yang mempengaruhinya ke dalam penarikan kesimpulan dan saran yang benar dan tepat.

5 TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah mengikuti mata kuliah ini, Mahasiswa S2 Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi UTM diharapkan akan dapat menganalisis dan membuat thesis perilaku individu dan kelompok yang bisa mempengaruhi kehidupan dan tujuan organisasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, Mahasiswa S2 Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi UTM diharapkan akan dapat menganalisis dan membuat thesis perilaku individu dan kelompok yang bisa mempengaruhi kehidupan dan tujuan organisasi.

6 Studi PO Memahami Organisasi Sistem Organisasi Budaya Organisasi Individu Dalam Organisasi: Sikap & Kepuasan Kerja Individu Dalam Organisasi: Motivasi Kerja dan Dinamika Karir Individu Dalam Organisasi: Stress Dan Konflik Gambar: Organisasi Materi PO Pra UTS

7 STRATEGI PERKULIAHAN Metode perkuliahan ini sekitar 75% berupa ceramah atau penjelasan materi kuliah di depan kelas dan sekitar 25% diskusi/Tanya jawab, seminar kecil dan game untuk selingan. Pada setiap awal pertemuan akan dilaksanakan review materi perkuliahan sebelumnya yang bertujuan untuk mengingatkan kembali dan mengukur tingkat pemahaman mahasiswa atas materi yang telah dipelajari dan memiliki keterkaitan dengan materi yang akan dibahas di pertemuan berjalan. Pada setiap akhir perkuliahan (tatap muka), mahasiswa akan diberi tugas untuk menganalisis perilaku individu/kelompok/organisasi sampai pada tahap penarikan kesimpulan yang harus dikumpulkan pada saat akan mempresentasikan makalah di perkuliahan (tatap muka) berikutnya, dikerjakan secara kelompok.

8 BUKU BACAAN Davis & Newstrom (1985), Perilaku dalam Organisasi. Penerbit Erlangga, Jakarta Robbins, S PERILAKU ORGANISASI: STRUKTUR-PROSES. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Thompson, J. ORGANIZATION IN ACTION. Apabila mahasiswa membaca buku teks lainnya mengenai Perilaku Organisasi, dipersilahkan.

9 KRITERIA PENILAIAN 1.Keaktifan 2.Tugas 3.UTS


Download ppt "PERILAKU ORGANISASI Oleh : Dr. RM. Moch. Wispandono, SE, MS PRODI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google