Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1

2  Karyawan adalah sumberdaya perusahaan  Sebagai sumberdaya:  Digunakan secara efisien  Penggunaannya harus efektif  Hal-hal penting dalam manajemen SDM  Motivasi  Daya / kekuatan dan pengaruh  Peningkatan efektivitas Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI2

3  Pemenuhan terhadap kebutuhan karyawan dipakai sebagai motivator  Hirarki kebutuhan menurut Maslow: (dari yang terendah) 1. Kebutuhan fisiologis 2. Kebutuhan keamanan 3. Kebutuhan sosial 4. Kebutuhan dihargai 5. Kebutuhan aktualisasi diri Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI3

4  Faktor higiene menurut Herzberg: 1. Pencapaian dan penghargaan 2. Tanggung jawab 3. Kemajuan 4. Pertumbuhan Faktor tersebut diatas, bila tidak ada, menimbulkan ketidakpuasan, bila ada, menjadi motivator Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI4

5  Karyawan tidak menyukai dan berusaha menghindari kerja.  Manajer harus memaksa, mengancam dan mengawasi dengan ketat Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI5

6  Karyawan bukannya tidak menyukai kerja, tetapi memandang kerja sebagai sesuatu hal yang alami, sebagaimana halnya bermain dan beristirahat.  Hal yang paling memuaskan adalah: 1.Dihargai 2.Aktualisasi diri Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI6

7  Motivasi sangat dipengaruhi oleh:  Kepercayaan atasan terhadap karyawan  Karyawan ingin hasil kerjanya bermutu  Pendapat karyawan dihargai dengan pengambilan keputusan secara kolektif  Nilai-nilai budaya diindahkan  Ada :  Rotasi kerja  Perluasan ketrampilan  Generalisasi  Pelatihan berkelanjutan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI7

8 5 daya utama dalam organisasi: 1. Daya untuk memaksakan 2. Daya yang berlegitimasi 3. Daya berdasar keahlian 4. Daya berdasar penghargaan 5. Daya referen (berbasis karisma) Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI8

9 1. Kewenangan (otoritas), sesuai hirarkhi 2. Penugasan: kemampuan untuk menentukan penugasan 3. Anggaran: punya otoritas menentukan alokasi dana 4. Promosi: punya pengaruh dalam kenaikan jabatan 5. Dana: menentukan penghasilan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI9

10 6. Penalti: menentukan konsekuensi tindakan 7. Tantangan kerja: menentukan pekerjaan yg menantang 8. Keahlian: memiliki pengetahuan khusus 9. Keakraban: memiliki hubungan yang akrab Manajer jangan hanya mengandalkan kewenangan, dana, penalti Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI10

11 1. Be proactive: Take initiative, be responsible 2. Put first things first: Use discipline to put off today's pleasures for greater future pleasures. 3. Begin with the end in mind: Develop a mental image of how projects, including your life, will turn out. 4. Think win/win: There's plenty for all. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI11 COVEY’S 8 HABITS: PENINGKATAN EFEKTIVITAS

12 5. Seek first to understand, then to be understood: Listen more, speak less. 6. Synergize: The whole is greater than the parts. 7. Sharpen the saw: Improve physically, mentally, emotionally and spiritually. 8. Find your voice, and inspire others to find theirs: Don't ignore that longing to make a difference. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI12 COVEY’S 8 HABITS: PENINGKATAN EFEKTIVITAS

13 Kegiatan untuk mendapatkan manfaat/ efektivitas tertinggi dlm penggunaan personil proyek Waspadai:  Sifat sementara pada proyek: o Hubungan antar personal bisa beda pada proyek yang berbeda o Sifat dan jumlah stakeholder bisa berbeda pada fase/tahap yang berbeda  Kegiatan administrasi perlu untuk mendukung penilaian kesesuaian hasil proyek Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI13

14 9 BIDANG PENGETAHUAN YANG PERLU DIKUASAI MANAJER PROYEK (SUMBER: SCHWALBE, I.T.PROJECT MANAGEMENT, THOMSON LEARNING,2006 dengan modifikasi) Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI14 PIRANTI&TEKNIK MANAJEMEN INTEGRASI PROYEK MANAJMCAKUPANPROYEKMANAJMWAKTUPROYEKMANAJMBIAYAPROYEKMANAJMMUTUPROYEK MANAJMSDMPROYEKMANAJMKOMUNI-KASIPROYEKMANAJMRESIKOPROYEKMANAJMPEMBE-LIANPROYEK KEBU- TUHAN & HARAP- AN STAKE- HOLDER PROYEKBERHASIL BAHASAN

15 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI15 LAHIRNYA PROYEK MEMULAI PROYEK PERENCANAAN PROYEK PENGAWASAN PROYEK PENUTUPAN PROYEK WAKTU PELAKSANAAN PROYEK BAHASAN

16 KLP PROSES PERENCANAAN Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI16 KLP PROSES PELAKSANAAN KLP PROSES MONITORING & PENGAWASAN 2 Penerimaan anggota tim proyek 1 Perencanaan SDM proyek 4 Mengelola Tim proyek 3 Membangun tim proyek

17 PENGERTIAN UMUM Mengidentifikasi dan mendokumentasikan,  Peran dalam proyek,  Tanggung jawab,  Hubungan pelaporan  Membuat rencana manajemen penentuan staf Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI17

18 1. Faktor lingkungan perusahaan seperti budaya dan struktur organisasi 2. Aset proses organisasi (template, daftar pengecekan misalnya tentang kompetensi, pelatihan, dll) 3. Kebutuhan sumberdayamisalnya tentang persyaratan sumberdaya untuk melaksanakan kegiatan proyek. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI18

19 1. Struktur organisasi dan deskripsi masing-masing posisi 2. Jejaring (networking): formal dan informal komunikasi 3. Teori organisasi: teknik menyusun organisasi, membagi pekerjaan, dll Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI19

20 1. Rencana SDM: 1. Organisasi dan uraian tugas 2. Akuisisi, jadwal tugas, pemutusan hubungan, kebutuhan pelatihan, penilaian & penghargaan, kesesuaian dengan aturan pemerintah dll, perlindungan keamanan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI20

21 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI21

22 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI22

23 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI23

24 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI24

25 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI25 R = responsibility, only one R per task A = accountability C = consultation I = informed

26 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI26

27 Ke materi selanjutnya Teknologi dan Desain27MANAJEMEN PROYEK TI


Download ppt "PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google