Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persepsi dan Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Dr. Ilham Prisgunanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persepsi dan Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Dr. Ilham Prisgunanto."— Transcript presentasi:

1 Persepsi dan Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Dr. Ilham Prisgunanto

2 Persepsi tentang Komunikasi Organisasi  Persepsi Redding dan Sanborn Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks.  Persepsi Katz dan Kahn Komunikasi organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi dan pemindahan arti dalam suatu organisasi. Organisasi sebagai lingkungan yang terbuka yang menerima energi dari lingkungannya dan mengubah energi tersebut menjadi produk atau servis dari sistem dan mengeluarkannya pada lingkungan.

3 Persepsi lanjutan Persepsi Zelko dan Dance Komunikasi organisasi adalah suatu sistem yang saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan eksternal. Dari bermacam-macam persepsi para ahli tsb mengenai komunikasi organisasi dapat disimpulkan, : 1.Komunikasi organisasi terjadi dalam suatu sistem terbuka yang kompleks yang dipengaruhi oleh lingkungannya sendiri baik internal maupun eksternal. 2.Komunikasi organisasi meliputi pesan dan arusnya, tujuan, arah dan media. 3.Komunikasi organisasi meliputi orang dan sikapnya, perasaannya, hubungannya dan keterampilannya.

4 Definisi dan Konsep Kunci Komunikasi Organisasi  Definisi menurut Goldhaber, Komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti dan selalu berubah-ubah.

5 Definisi Definisi Menurut Pace dan Faules Komunikasi organisasi adalah pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan-hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan. Unit Komunikasi adalah hubungan antara orang- orang. Sedangkan unit komunikasi organisasi adalah hubungan antara orang-orang dalam jabatan-jabatan atau posisi-posisi.

6 1. Proses Organisasi adalah suatu sistem terbuka yang dinamis, didalamnya terdapat proses menciptakan dan saling menukar pesan diantara anggotanya dan gejala ini berlangsung secara terus-menerus serta tidak ada henti-hentinya maka jelas komunikasi organisasi merupakan suatu proses. 2.Pesan Pesan adalah susunan simbol yang penuh arti tentang orang, obyek, kejadian yang dihasilkan oleh interaksi orang dengan orang. Komunikasi efektif kalau pesan yang dikirimkan diartikan sama dengan apa yang dimaksudkan oleh si pengirim.

7 7 Konsep kunci Komunikasi Organisasi 3.Jaringan Jaringan komunikasi adalah satu seri orang atau satu urutan orang-orang yang masing-masing menduduki posisi dan peranan tertentu dalam organisasi. 4. Keadaan saling tergantung Organisasi adalah suatu sistem terbuka yang terdiri dari bagian-bagian yang saling bekerja sama dan tergantung satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan. Jadi bila satu bagian mengalami gangguan akan berpengaruh pada bagian lain atau keseluruhan sistem sehingga implikasinya keputusan yang dibuat oleh pemimpin harus menghitung kemungkinan dampaknya bagi organisasi secara keseluruhan.

8 7 Konsep kunci Komunikasi Organisasi 5. Hubungan Organisasi merupakan sistem terbuka dan system kehidupan sosial yang hidup matinya tergantung atau ada pada tangan manusia. Jaringan tempat jalannya pesan dalam suatu organisasi dihubungkan oleh manusia. Hubungan manusia dalam organisasi berkisar mulai dari yang sederhana, yakni hubungan antara dua orang (dyadic), kelompok kecil, dan besar. Thayer : individu, kelompok, organisasi Pace dan Boren : interpersonal (dyadic), serial(dyadic yang diperluas), kel. kecil(3- 12), kel. besar/ audience -Hubungan posisional, berdasarkan struktur otoritas dan tugas2 fungsional, mis : hub. Atasan dan bawahan -Hubungan berurutan, pesan mengalir berurutan dari orang yang berada di posisi puncak ke oarng kedua ketiga dst.

9 7 Konsep kunci Komunikasi Organisasi 6. Lingkungan Artinya semua totalitas secara fisik dan sosial yang ada di sekitar organisasi yang harus diperhitungkan dalam pembuatan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem. -Internal : karyawan, staf, dan komponen organisasi lainnya spt, tujuan, produk, dsb. -Eksternal : langganan, saingan dan teknologi. Organisasi sebagai suatu sistem terbuka harus berinteraksi degan lingkungan eksternalnya entah itu teknologi, ekonomi, undang2x, faktor sosial. Organisasi juga harus memonitor peraturan pemerintah, isu dalam masyarakat, kontroversi politik, perbedaan kultur, dsb.

10 7. Ketidakpastian  Artinya perbedaan informasi antara yang tersedia dengan informasi yang diharapkan.  Ketidakpastian bisa disebabkan Karena terlalu banyak atau sedikit informasi yang diterima organisasi dari pada yang sesungguhnya diperlukan.  Untuk mengurangi ketidakpastian ini organisasi dapat menciptakan dan menukar pesan diantara anggota, melakukan suatu penelitian, pengembangan organisasi dan menghadapi tugas2x yang kompleks dengan integrasi yang tinggi.


Download ppt "Persepsi dan Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Dr. Ilham Prisgunanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google