Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAGAIMANA CARA MENGUTIP?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAGAIMANA CARA MENGUTIP?"— Transcript presentasi:

1 BAGAIMANA CARA MENGUTIP?
DESIDERIA CEMPAKA WM

2 AGENDA CEK PARAGRAF TEMAN ANDA BERI NILAI SESUAI KETENTUAN
60 JIKA SATU PARAGRAF SATU IDE UTAMA SAJA 70 JIKA SESUAI EYD 80 JIKA TULISAN RAPI DAN MUDAH DIPAHAMI 90 BEYOND: KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA, DLL

3 Bagaimana cara mengutip?
Salah satu ciri khas membuat karya ilmiah adalah menggunakan kutipan dari penulis ilmiah, ilmuan, akademisi, atau publikasi yang terkenal lain ke dalam tulisan tersebut. Gaya mengutip terkadang berbeda untuk setiap universitas, maupun jurnal nasional dan internasional. KEY: Setiap penulis perlu menyesuaikan aturan ini sesuai dengan aturan institusi atau aturan publikasi

4 GAYA APA (American Psikological Association), Chicago Style,
Harvard Style, dan Modern Language Association (MLA). RECOMMENDED WEBSITE: OWL PURDUE ZOTERO (SOFTWARE)

5 APA (American Psychological Association)
Gaya pengutipan APA adalah gaya yang paling sering digunakan untuk penelitian pada ilmu sosial, seperti psikologi, sosiologi, ilmu komunikasi, dan lain-lain APA mengalami revisi hingga edisi terbarunya yakni edisi ke 6. (Paiz et al., 2013). Untuk menulis ilmiah dengan gaya APA, tulisan perlu ditulis dengan spasi double dalam kertas standar US Letter berukuran 8.5 inci x 11 inci. Selain itu marjin yang harus digunakan adalah 1 inci untuk semua sisi. APA juga merekomendasikan menggunakan ukuran huruf 12 dengan jenis huruf Times New Roman.

6 APA Judul, Abstrak, Bagian Tubuh
Saat menggunakan format APA, maka ikutilah gaya metode Nama Belakang Penulis-Tahun dalam kutipan di dalam teks. Ini artinya, nama penulis dan tahun publikasi dari sebuah tulisan perlu diletakkan di dalam teks misalnya: (Stohl, 2010). , dan Referensi.

7 CONTOH Jika organisasi merupakan kumpulan orang yang terorganisir, maka pergerakan mahasiswa pada saat terjadi Arab Spring merupakan organisasi online pula (Stohl, 2010). Itulah sebabnya membuat organisasi sekarang tampaknya lebih mudah.

8 APA KUTIPAN LANGSUNG MENGGUNAKAN HALAMAN
Menurut Wibowo (2002), “Mengingat alinea merupakan penopang keutuhan sebuah wacana, berarti ada baiknya pula kita menyenggol soal penalaran” (hal. 105). Wibowo (2002) mengatakan, “Mengingat alinea merupakan penopang keutuhan sebuah wacana, berarti ada baiknya pula kita menyenggol soal penalaran,” (hal. 105) apakah implikasinya pada tulisan ilmiah.

9 APA DUA PENULIS Public Relations menghadapi tantangan baru dengan adanya digital media (DiStasio&Messner, 2010). Riset yang dilakukan oleh DiStaso dan Messner (2010) menyebutkan bahwa …

10 APA LEBIH DARI DUA PENULIS
Ketika sebuah tulisan ilmiah dibuat oleh lebih dari dua orang, maka pembaca dapat menyebutkan semua nama belakangnya (maksimal hingga lima orang) tetapi juga bisa menggunakan “et al.” (Kenis, Connor, Woods, Berry, & Harlow, 1997) (Kenis et al., 1997)

11 BEBERAPA PENULIS TULISAN YG BERBEDA
(Harlow, 1983; Berndt, 2002) (H. Johnson, 2001; W. Johnson, 1998) (Benrdt, 1999 a) dan ketika komunikasi… (Berndt, 1999b) Smith menyebutkan bahwa…(seperti dikutip oleh Johnson, 2008, p. 109). Smith menyebutkan bahwa…(dalam Johnson, 2008, p. 109).

12 Daftar Pustaka Gaya APA
Memiliki hanging indent atau daftar tulisan terletak satu setengah inci dari marjin sebelah kiri, untuk semua baris kecuali baris pertama. Nama penulis ditulis nama belakangnya, lalu nama depannya menggunakan singkatan atau inisial. Daftar pustka harus diurutkan secara alphabetis dan setiap nama belakang penulis. Untuk tulisan dengan nama penulis yang sama, maka diurutkan sesuai dengan kronologis waktunya mulai dari yang paling lama hingga tulisan paling baru. Tulisan dimulai dengan urutan sebagai berikut: Nama belakang (koma) singkatan nama depan (titik) dalam kurung-tahun (titik) Judul (titik) nama buku atau jurnal (koma) kota (titik dua) penerbit atau nomer jurnal (titik)

13 DP APA Satu penulis: jika penulis hanya satu maka daftarnya akan menjadi seperti contoh berikut ini: Altheide, D. (1985). Symbolic interaction and ‘uses and gratifications: Towards a theoretical integration. Jahrgang, 11, 3,

14 DP APA Dua penulis atau lebih: Jika terdapat dua orang penulis atau lebih, maka daftarlah nama belakang dan inisialnya, juga gunakan tanda “koma” dan tanda “&”. Seperti contoh di bawah ini: Blumler, J.G. and Katz, E. (1974). The Uses of Mass Communication. Sage: Newbury Park, CA. McQuail, D., J. G. Blumler, and J. R. Brown. (1972). The television audience: a revised perspective. Sociology of mass communication, ed. McQuail, D, Harmondsworth: Penguin.

15 DP APA Daftar Pustaka untuk jurnal, dan media massa: Jika pembaca ingin memasukkan daftar tulisan di jurnal dan konferensi maka formatnya akan menjadi: Nama belakang, B. C. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, volume nomor (issue nomor), halaman. doi: Jika daftar pustaka juga menggunakan media massa, maka formatnya akan mirip dengan jurnal, yakni: Nama belakang, B. C. (Tahun). Judul Artikel. Nama media massa, halaman, baris. Sebagai contoh: Mings, S. M. (1997). Uses and gratifications of online newspapers: A preliminary study. The Electronic Journal of Communication, 7(3).

16 DP DALAM APA Daftar Pustaka untuk Buku dan Sumber Elektronik: Jika ingin memasukkan daftar pustaka dari sebuah buku, maka formatnya adalah sebagai berikut: Nama belakang, B. C. (tahun). Judul Buku. Lokasi: Penerbit Sebagai contoh: McQuail, D. (1983). Mass Communication Theory. London: Sage. Jika ingin mengambil dari sumber tulisan elektronik, maka formatnya adalah: Nama belakang, B. C. (tahun). Judul tulisan. Nama sumber tulisan elektronik. Diambil dari (Tanggal bulan tahun) (http://www.alamatwebsite.com) Misalnya seperti contoh dibawah ini: Newspaper Association of America. (2004). U.S. daily circulation of newspapers. Diambil dari (21 October 2004)

17 LATIHAN CEK: OWL PURDUE APA
BUATLAH KUTIPAN UNTUK 5 JENIS KUTIPAN YANG BERBEDA MEDIA (IN TEKS DAN DP) (JURNAL, BUKU, KORAN, BAHAN INTERNET, DAN LAIN-LAIN) BUATLAH KUTIPAN UNTUK 4 JENIS PENULIS YG BERBEDA) (1 PENULIS, 2 PENULIS, 5 PENULIS, ORGANISASI)


Download ppt "BAGAIMANA CARA MENGUTIP?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google