Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Temu 10 Analisis Statistik Descriptive. Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu mengaplikasikan perangkat lunak Statistical Package for Social Sciences.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Temu 10 Analisis Statistik Descriptive. Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu mengaplikasikan perangkat lunak Statistical Package for Social Sciences."— Transcript presentasi:

1 Temu 10 Analisis Statistik Descriptive

2 Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu mengaplikasikan perangkat lunak Statistical Package for Social Sciences (SPSS) untuk analisis deskripsi

3 Tujuan Instruksional Khusus Mahasiswa mengetahui fungsi dari komponen perangkat lunak SPSS Mahasiswa mampu melakukan proses analisis deskriptif

4 PENDAHULUAN Statistik dalam aplikasinya berhubungan banyak dengan angka-angka dengan harapan dapat memberikan suatu informasi atas suatu keadaan, fenomena, atau kejadian terhadap keberadaan angka-angka yang berupa data tersebut. Beberapa pengertian statistik menurut perkembangannya antara lain : –Statistik adalah sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun maupun angka-angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik.

5 Statistik adalah sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka. Statistik adalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat-sifat data atau hasil pengamatan. Sehingga ruang lingkup biostatistik sama dengan statistik pada umumnya hanya saja data yang akan dikumpulkan, disajikan, dianalisis, diinterpretasikan dan disimpulkan berkaitan dengan sumber data yaitu mahluk hidup (bio) atau dilandasi oleh ilmu- ilmu biologi dan kesehatan, sehingga biostatistik merupakan bentuk statistik yang digunakan pada ilmu-ilmu kesehatan.

6 PEMBAGIAN STATISTIK A. Statistik deskriptif atau statistik deduktif adalah statistika yang berkenaan dengan metode atau cara mendeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan, atau menguraikan data sehingga mudah untuk dipahami. Dengan kata lain, statistik deskriptif hanya berfungsi menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan.

7 B. Statistik inferensi atau statistik induktif adalah statistika yang berkenaan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri dari suatu populasi. Ada keterkaitan yang sangat erat antara statistik deskriptif dengan statistik inferensia, yaitu bahwa pada umumnya statistik deskriptif senantiasa mendahului/mengawali tahapan statistik inferensi, karena sebelum dilakukan penarikan kesimpulan mengenai suatu keadaan yang sedang diteliti, maka data dijelaskan dalam bentuk deskriptif agar analisis lebih akurat dan memperoleh manfaat yang lebih maksimal.

8 Entry Data Dari hasil suatu pengumpulan data tentang panjang tungkai mahasiswa UIEU, maka didapatkan data sebagai berikut : Tentukan nilai Tendensi pusat, dispersi, kurtosis

9 Variavel set up

10 Entry Data

11 Analisis

12

13

14

15 Interpretasi

16 TUGAS Lakukan interpretasi hasil analisis deskriptif diatas dengan menggunakan pengetahuan statistik yang saudara peroleh sebelumnya


Download ppt "Temu 10 Analisis Statistik Descriptive. Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu mengaplikasikan perangkat lunak Statistical Package for Social Sciences."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google