Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apa itu Pesona Kimia ??? Pesona Kimia merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Temu Kimia yang diadakan oleh BEMJ KIMIA pada setiap tahunnya. Pesona.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apa itu Pesona Kimia ??? Pesona Kimia merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Temu Kimia yang diadakan oleh BEMJ KIMIA pada setiap tahunnya. Pesona."— Transcript presentasi:

1

2 Apa itu Pesona Kimia ??? Pesona Kimia merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Temu Kimia yang diadakan oleh BEMJ KIMIA pada setiap tahunnya. Pesona Kimia adalah acara yang diadakan sebagai ajang Kopmetisi mata pelajaran Kimia untuk para siswa/I SMP dan SMA. Saat ini TEMU KIMIA telah berumur 14 tahun, dan begitu pun dengan Pesona Kimia.

3 Ada Apa saja di PESONA KIMIA XIV ? Kompetisi Kimia SMP se-JABODETABEK dan BantenKompetisi Kimia SMA se-JABODETABEK dan BantenLomba Poster SMA se-JABODETABEK dan Banten

4

5 Bentuk Perlombaan Pada kompetisi ini, setiap peserta mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia. Soal berjumlah 50 butir dan berbentuk pilihan ganda. Waktu pengerjaan soal selama 60 menit. Apabila terdapat ketidakjelasan atau ketidaksempurnaan soal, peserta dapat melapor ke panitia Pesona Kimia. Pada kompetisi ini, setiap peserta mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia. Soal berjumlah 50 butir dan berbentuk pilihan ganda. Waktu pengerjaan soal selama 60 menit. Apabila terdapat ketidakjelasan atau ketidaksempurnaan soal, peserta dapat melapor ke panitia Pesona Kimia.

6 Peserta tidak diperkenankan meminjam ataupun meminjamkan alat tulis ke peserta lain. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya untuk mengerjakan soal. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Peserta tidak diperkenankan meminjam ataupun meminjamkan alat tulis ke peserta lain. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya untuk mengerjakan soal. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal.

7 Peserta tidak diperkenankan bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain. Peserta yang bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain akan mendapat peringatan dari pengawas. Apabila sudah mendapat 2 kali peringatan, maka untuk selanjutnya peserta akan didiskualifikasi. Jawaban benar bernilai 4, jika salah bernilai -1 dan jika tidak diisi bernilai 0. Peserta yang terlambat, tidak memperoleh tambahan waktu dalam mengerjakan soal test. Peserta tidak diperkenankan bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain. Peserta yang bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain akan mendapat peringatan dari pengawas. Apabila sudah mendapat 2 kali peringatan, maka untuk selanjutnya peserta akan didiskualifikasi. Jawaban benar bernilai 4, jika salah bernilai -1 dan jika tidak diisi bernilai 0. Peserta yang terlambat, tidak memperoleh tambahan waktu dalam mengerjakan soal test.

8 Apabila sudah selesai sebelum waktunya, peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan dan tetap berada di tempat sampai seluruh proses test selesai dan diperkenankan meninggalkan ruangan oleh panitia Pesona Kimia. Materi yang diujikan adalah materi kimia SMP. Tiga peserta dengan nilai tertinggi berhak menjadi juara 1,2 dan 3. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada blog BEMJ KIMIA UNJ (bemjkimiaunj.wordpress.com) pada tanggal 2 November 2010 Apabila sudah selesai sebelum waktunya, peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan dan tetap berada di tempat sampai seluruh proses test selesai dan diperkenankan meninggalkan ruangan oleh panitia Pesona Kimia. Materi yang diujikan adalah materi kimia SMP. Tiga peserta dengan nilai tertinggi berhak menjadi juara 1,2 dan 3. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada blog BEMJ KIMIA UNJ (bemjkimiaunj.wordpress.com) pada tanggal 2 November 2010

9

10 Kompetisi Kimia SMA Kompetisi Kimia SMA Terdiri atas 3 babak : – Babak Penyisihan – Babak 12 Besar – Babak Final Kompetisi Kimia SMA Terdiri atas 3 babak : – Babak Penyisihan – Babak 12 Besar – Babak Final

11 BABAK PENYISIHAN Babak penyisihan merupakan babak awal dari olimpiade kimia SMA. Pada babak ini setiap peserta mengerjakan 60 butir soal. Soal terdiri dari pilihan ganda, hubungan sebab-akibat, serta soal-soal asosiasi. Waktu pengerjaan soal selama 100 menit. Babak penyisihan merupakan babak awal dari olimpiade kimia SMA. Pada babak ini setiap peserta mengerjakan 60 butir soal. Soal terdiri dari pilihan ganda, hubungan sebab-akibat, serta soal-soal asosiasi. Waktu pengerjaan soal selama 100 menit.

12 Apabila terdapat ketidakjelasan soal atau ketidaksempurnaan soal, peserta dapat melapor ke panitia Pesona Kimia. Peserta tidak diperkenankan meminjam ataupun meminjamkan alat tulis ke peserta lain. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya untuk mengerjakan soal. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Apabila terdapat ketidakjelasan soal atau ketidaksempurnaan soal, peserta dapat melapor ke panitia Pesona Kimia. Peserta tidak diperkenankan meminjam ataupun meminjamkan alat tulis ke peserta lain. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya untuk mengerjakan soal. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal.

13 Peserta tidak diperkenankan bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain. Peserta yang bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain akan mendapat peringatan dari pengawas. Apabila sudah mendapat 2 kali peringatan, maka untuk selanjutnya peserta akan didiskualifikasi. Materi yang diujikan adalah Stoikiometri, Struktur Atom, SPU, Ikatan Kimia, Termokimia, Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Asam dan Basa, Kolifatif, Kelarutan, Buffer, Redoks, Kimia organik dan Koloid. Dua belas tim dengan nilai rata-rata tertinggi akan memasuki putaran selanjutnya. Peserta tidak diperkenankan bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain. Peserta yang bertanya ataupun melihat jawaban peserta lain akan mendapat peringatan dari pengawas. Apabila sudah mendapat 2 kali peringatan, maka untuk selanjutnya peserta akan didiskualifikasi. Materi yang diujikan adalah Stoikiometri, Struktur Atom, SPU, Ikatan Kimia, Termokimia, Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Asam dan Basa, Kolifatif, Kelarutan, Buffer, Redoks, Kimia organik dan Koloid. Dua belas tim dengan nilai rata-rata tertinggi akan memasuki putaran selanjutnya.

14 BABAK 12 BESAR Babak 12 Besar terdiri dari 3 babak : – Babak Modal – Babak Chems Box – Babak Rebutan Babak 12 Besar terdiri dari 3 babak : – Babak Modal – Babak Chems Box – Babak Rebutan

15 Babak Modal Masing-masing tim hanya berhak menjawab soal-soal dari amplop yang mereka pilih saja. Setiap amplop terdiri atas 7 soal. Waktu pengerjaan soal selama 10 menit. Peserta tidak diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Masing-masing tim hanya berhak menjawab soal-soal dari amplop yang mereka pilih saja. Setiap amplop terdiri atas 7 soal. Waktu pengerjaan soal selama 10 menit. Peserta tidak diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.

16 Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Jawaban benar bernilai 20, jika jawaban benar semua, mendapatkan nilai 150. Jika jawaban salah, peserta yang bersangkutan tidak mendapatkan pengurangan nilai. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Jawaban benar bernilai 20, jika jawaban benar semua, mendapatkan nilai 150. Jika jawaban salah, peserta yang bersangkutan tidak mendapatkan pengurangan nilai.

17 Babak Chems Box Terdiri dari 4 box dengan nilai yang berbeda. Masing-masing box terdiri dari 5 soal dengan materi yang berbeda-beda. Babak ini terdiri dari 3 putaran, dimana masing- masing putaran tiap tim berkesempatan memilih 1 soal dari 4 box yang tersedia. Setiap soal dikerjakan dalam waktu 2 menit setelah MC selesai menbacakan soal. Terdiri dari 4 box dengan nilai yang berbeda. Masing-masing box terdiri dari 5 soal dengan materi yang berbeda-beda. Babak ini terdiri dari 3 putaran, dimana masing- masing putaran tiap tim berkesempatan memilih 1 soal dari 4 box yang tersedia. Setiap soal dikerjakan dalam waktu 2 menit setelah MC selesai menbacakan soal.

18 Apabila setelah 2 menit, tim yang bersangkutan tidak bisa menjawab atau jawaban salah, maka pertanyaan dapat dilempar ke kelompok lain sebanyak 1x lemparan. Apabila jawaban benar, akan mendapat nilai tertera, jika tidak menjawab mendapat 0 dan jika salah dikurangi nilai tertera. Kelompok lain yang dapat menjawab akan mendapat setengah nilai tertera, tetapi jika salah tidak dikurangi. Apabila setelah 2 menit, tim yang bersangkutan tidak bisa menjawab atau jawaban salah, maka pertanyaan dapat dilempar ke kelompok lain sebanyak 1x lemparan. Apabila jawaban benar, akan mendapat nilai tertera, jika tidak menjawab mendapat 0 dan jika salah dikurangi nilai tertera. Kelompok lain yang dapat menjawab akan mendapat setengah nilai tertera, tetapi jika salah tidak dikurangi.

19 Babak Rebutan Terdiri dari 10 soal rebutan dengan nilai bertingkat. Jika jawaban benar, akan mendapat nilai tertera dan jika salah dikurangi nilai tertera. Jika jawaban salah, dapat dilempar 1x ke kelompok lain. Kriteria pemenang adalah yang mendapatkan nilai tertinggi. Terdiri dari 10 soal rebutan dengan nilai bertingkat. Jika jawaban benar, akan mendapat nilai tertera dan jika salah dikurangi nilai tertera. Jika jawaban salah, dapat dilempar 1x ke kelompok lain. Kriteria pemenang adalah yang mendapatkan nilai tertinggi.

20 Keterangan Pada Babak Modal, Babak Chems Box dan Babak Rebutan, 12 tim akan dibagi menjadi 3 sesi berdasarkan undian. Sesi 1 untuk nomor undian 1,2,3,4, sesi 2 untuk nomor undian 5,6,7,8 dan sesi 3 untuk nomor undian 9,10,11,12.

21 Peserta yang lolos ke babak final adalah 3 tim dengan masing-masing tim yang menjuarai setiap sesi. Jika pada suatu sesi terdapat lebih dari satu tim yang memiliki nilai sama, maka akan diadakan babak taruhan nilai untuk memperoleh 1 tim yang berhak lolos ke babak final. Peserta yang lolos ke babak final adalah 3 tim dengan masing-masing tim yang menjuarai setiap sesi. Jika pada suatu sesi terdapat lebih dari satu tim yang memiliki nilai sama, maka akan diadakan babak taruhan nilai untuk memperoleh 1 tim yang berhak lolos ke babak final.

22 BABAK FINAL Babak Final berupa lomba cerdas cermat yang terdiri dari 3 babak, yaitu : – Babak Modal – Babak Benzene Point – Babak Rebutan Babak Final berupa lomba cerdas cermat yang terdiri dari 3 babak, yaitu : – Babak Modal – Babak Benzene Point – Babak Rebutan

23 Babak Modal Masing-masing tim hanya berhak menjawab soal-soal dari amplop yang mereka pilih saja. Setiap amplop terdiri atas 7 soal. Waktu pengerjaan soal selama 10 menit. Peserta tidak diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Masing-masing tim hanya berhak menjawab soal-soal dari amplop yang mereka pilih saja. Setiap amplop terdiri atas 7 soal. Waktu pengerjaan soal selama 10 menit. Peserta tidak diperkenankan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.

24 Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Jawaban benar bernilai 20, jika jawaban benar semua, mendapatkan nilai 150. Jika jawaban salah, peserta yang bersangkutan tidak mendapatkan pengurangan nilai. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan catatan dalam bentuk apapun pada saat pengerjaan soal. Jawaban benar bernilai 20, jika jawaban benar semua, mendapatkan nilai 150. Jika jawaban salah, peserta yang bersangkutan tidak mendapatkan pengurangan nilai.

25 Babak Benzene Point Pada babak ini setiap tim mendapatkan 6 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 6 menit. Jawaban benar dari tiap soal bernilai 10. Jika 6 soal tersebut dapat terjawab semua dengan benar, tim yang bersangkutan akan mendapatkan nilai 60 dikalikan 6. Pada babak ini setiap tim mendapatkan 6 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 6 menit. Jawaban benar dari tiap soal bernilai 10. Jika 6 soal tersebut dapat terjawab semua dengan benar, tim yang bersangkutan akan mendapatkan nilai 60 dikalikan 6.

26 Babak Rebutan Terdiri dari 10 soal rebutan dengan nilai bertingkat. Jika jawaban benar, akan mendapat nilai tertera dan jika salah dikurangi nilai tertera. Jika jawaban salah, dapat dilempar 1x ke kelompok lain. Kriteria pemenang adalah yang mendapatkan nilai tertinggi. Terdiri dari 10 soal rebutan dengan nilai bertingkat. Jika jawaban benar, akan mendapat nilai tertera dan jika salah dikurangi nilai tertera. Jika jawaban salah, dapat dilempar 1x ke kelompok lain. Kriteria pemenang adalah yang mendapatkan nilai tertinggi.

27

28 Ketentuan Lomba Tema dari poster yang dibuat adalah “Green Chemistry” Ukuran kertas poster adalah A3, tanpa garis tepi. Desain poster dibuat dalam bentuk manual. Peralatan gambar berupa pilih salah satu diantara cat air, cat minyak atau crayon. Poster yang dibuat harus sesuai dengan tema dan Orisinil (karya sendiri dan belum pernah dilombakan). Tema dari poster yang dibuat adalah “Green Chemistry” Ukuran kertas poster adalah A3, tanpa garis tepi. Desain poster dibuat dalam bentuk manual. Peralatan gambar berupa pilih salah satu diantara cat air, cat minyak atau crayon. Poster yang dibuat harus sesuai dengan tema dan Orisinil (karya sendiri dan belum pernah dilombakan).

29 Isi poster memuat alur pikir yang jelas, yaitu latar belakang, permasalahan, tujuan, kesimpulan/saran. Tonjolkan bagian-bagian yang dianggap paling penting untuk diinformasikan. Identiitas peserta ditulis pada bagian belakang poster dan bagian depan map. Identitas terdiri dari : Nama lengkap, Asal sekolah, dan Judul Poster. Isi poster memuat alur pikir yang jelas, yaitu latar belakang, permasalahan, tujuan, kesimpulan/saran. Tonjolkan bagian-bagian yang dianggap paling penting untuk diinformasikan. Identiitas peserta ditulis pada bagian belakang poster dan bagian depan map. Identitas terdiri dari : Nama lengkap, Asal sekolah, dan Judul Poster.

30 KRITERIA PENILAIAN – Kesesuaian poster dengan tema – Keindahan, kerapihan, dan kreativitas – Pesan yang terkandung dalam poster – Kesesuaian poster dengan tema – Keindahan, kerapihan, dan kreativitas – Pesan yang terkandung dalam poster

31 Pengiriman poster dilakukan dengan disertai bukti pembayaran yang dimasukkan ke dalam map dan dikirim langsung atau via pos ke sekretariat bemj kimia FMIPA UNJ, kampus B jalan pemuda no 10, Rawamangun, Jak-Tim. Pengiriman Poster : Oktober Pengumuman 10 besar akan dilakukan pada tanggal 2 November 2010 melalui Blog BEMJ Kimia yakni : bemjkimiaunj.wordpress.combemjkimiaunj.wordpress.com Peserta yang lolos 10 besar, menyiapkan Presentasi Poster di depan Juri, hari Minggu tanggal 7 November 2010 di Kampus A UNJ. Pengumuman dan Pembagian Hadiah tanggal 7 November 2010 di Kampus A UNJ. Pengiriman poster dilakukan dengan disertai bukti pembayaran yang dimasukkan ke dalam map dan dikirim langsung atau via pos ke sekretariat bemj kimia FMIPA UNJ, kampus B jalan pemuda no 10, Rawamangun, Jak-Tim. Pengiriman Poster : Oktober Pengumuman 10 besar akan dilakukan pada tanggal 2 November 2010 melalui Blog BEMJ Kimia yakni : bemjkimiaunj.wordpress.combemjkimiaunj.wordpress.com Peserta yang lolos 10 besar, menyiapkan Presentasi Poster di depan Juri, hari Minggu tanggal 7 November 2010 di Kampus A UNJ. Pengumuman dan Pembagian Hadiah tanggal 7 November 2010 di Kampus A UNJ.

32 Jadwal Rangkaian Acara Pesona Kimia Sabtu, 23 Oktober 2010 ( Kampus B UNJ ) – Technical Meeting Sabtu, 30 Oktober 2010 ( Kampus B UNJ ) Pembukaan Rangakaian TEKIM XIV Babak Penyisihan Kompetisi Kimia SMA Kompetisi Kimia SMP Pameran Poster Sabtu, 23 Oktober 2010 ( Kampus B UNJ ) – Technical Meeting Sabtu, 30 Oktober 2010 ( Kampus B UNJ ) Pembukaan Rangakaian TEKIM XIV Babak Penyisihan Kompetisi Kimia SMA Kompetisi Kimia SMP Pameran Poster

33 Sabtu, 6 November 2010 ( Kampus A UNJ ) – Babak 12 Besar Kompetisi Kimia SMA Minggu, 7 November 2010 ( Kampus A UNJ ) Babak Final Kompetisi Kimia SMA Presentasi Lomba Poster Pengumuman Juara seluruh rangkaian Lomba Pesona Kimia Sabtu, 6 November 2010 ( Kampus A UNJ ) – Babak 12 Besar Kompetisi Kimia SMA Minggu, 7 November 2010 ( Kampus A UNJ ) Babak Final Kompetisi Kimia SMA Presentasi Lomba Poster Pengumuman Juara seluruh rangkaian Lomba Pesona Kimia

34 Peserta Merupakan perwakilan dari sekolah, instansi atau individu yang telah terdaftar pada panitia pelaksana dan telah melakukan registrasi ulang. Tidak diperkenankan mengadakan pergantian peserta dengan alasan apapun. Jika peserta yang telah terdaftar kemudian membatalkan keikutsertaannya maka uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan, serta secara otomatis terdiskualifikasi. Peserta hadir 30 menit sebelum pembukaan perlombaan. Peserta yang terlambat boleh mengikuti lomba tetapi tidak diberikan perpanjangan waktu.

35 Perlengkapan Peserta menggunakan seragam sekolah masing-masing dan name tag peserta yang telah diberikan oleh panitia. Selama perlombaan berlangsung peserta diperkenankan untuk : - Membawa kalkulator, (bagi peerta kompetisi Kimia SMA babak penyisihan) Selama perlombaan berlangsung peserta tidak diperkenankan untuk : - Mengaktifkan handphone dan alat komunikasi lainnya. - Makan dan Minum selama perlombaan berlangsung. Peserta hanya diperbolehkan menggunakan pulpen sebagai alat tulis. Membuat kegaduhan saat mengerjakan soal


Download ppt "Apa itu Pesona Kimia ??? Pesona Kimia merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Temu Kimia yang diadakan oleh BEMJ KIMIA pada setiap tahunnya. Pesona."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google