Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kalimat Matematika.  Dalam Logika, Kalimat matematika dibedakan menjadi:  Pernyataan/kalimat tertutup: Pernyataan merupakan suatu kalimat matematika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kalimat Matematika.  Dalam Logika, Kalimat matematika dibedakan menjadi:  Pernyataan/kalimat tertutup: Pernyataan merupakan suatu kalimat matematika."— Transcript presentasi:

1 Kalimat Matematika

2  Dalam Logika, Kalimat matematika dibedakan menjadi:  Pernyataan/kalimat tertutup: Pernyataan merupakan suatu kalimat matematika yang hanya benar atau salah saja tidak bisa kedua- duanya, artinya tidak sekaligus benar dan salah. Contoh: >0 2. Jumlah sudut-sudut dalam segitiga adalah 180 derajat. 3. Tidak ada bilangan prima yang merupakan bilangan genap. 4. Jika a bc. 5. Sita dan Siti adalah anak kembar. Pernyataan Tunggal Contoh: >0 2. Ariel anak yang rajin. 3. Arline mempunyai segudang prestasi. 4. Perkalian dua matriks bersifat komutatif. 5. Sita dan Siti adalah anak kembar.

3 Pernyataan majemuk terdiri dari beberapa pernyataan tunggal Contoh: 1. Tidak ada bilangan prima yang merupakan bilangan genap. 2. Perkalian dua matriks bersifat komutatif dan assosiatif 3. Arline menangis atau tertawa. 4. Jika x bilangan genap maka juga bilangan genap. 5. a bc.4 -3>0  Nilai kebenaran, setiap pernyataan dapat ditentukan nilai kebenarannya yaitu BENAR (B) atau SALAH (S). Contoh: 1.Jika p: 9 adalah bilangan prima, maka  (p)=S 2.Jika q: Jika x bilangan genap maka juga bilangan genap, maka  (q)=B. 3.Jika r: Tidak ada bilangan bilangan yang genap, maka  (r)=S 4.Jika s: Ada bilangan ganjil yang genap, maka  (s)=S

4  Bukan pernyataan/kalimat terbuka adalahkalimat matematika yang tidak dapat ditentukan benar atau salah, atau bisa benar bisa salah. Contoh: 1. Dia mahasiswa teladan. 2. x+7= y adalah bilangan prima habis dibagi 3. Dia, x, dan y adalah variabel.  Kalimat terbuka dapat menjadi pernyataan dengan cara mengganti variabel dengan konstanta yang bermakna. Contoh: 1.Arline mahasiswa teladan = adalah bilangan prima habis dibagi 3  Himpunan penyelesaian, suatu konstanta yang merupakan anggota dari semesta penggantinya dan jika mengganti variabel dalam kalimat terbuka menjadi pernyataan yang benar disebut dengan himpunan penyelesaian atau jawaban.


Download ppt "Kalimat Matematika.  Dalam Logika, Kalimat matematika dibedakan menjadi:  Pernyataan/kalimat tertutup: Pernyataan merupakan suatu kalimat matematika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google