Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Topik Bahasan PENGENDALIAN PEMBANGUNAN PRB-BK. Pengertian 1. Istilah Pengendalian sering diartikan sama dengan pengawasan/ supervisi tetapi juga sering.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Topik Bahasan PENGENDALIAN PEMBANGUNAN PRB-BK. Pengertian 1. Istilah Pengendalian sering diartikan sama dengan pengawasan/ supervisi tetapi juga sering."— Transcript presentasi:

1 Topik Bahasan PENGENDALIAN PEMBANGUNAN PRB-BK

2 Pengertian 1. Istilah Pengendalian sering diartikan sama dengan pengawasan/ supervisi tetapi juga sering diartikan berbeda. 2. Pengawasan berhenti sampai pada proses adanya temuan/penyimpangan pelaksanaan dari rencana/ standarnya, termasuk rekomendasi/ tindaklanjutnya. 3. Pengendalian sampai pada dilakukannya tindakan perbaikan atas penyimpangan tersebut. 4. Pengawas hanya sampai pada memberikan saran tindaklanjut/ perbaikan atas temuan sedangkan tindaklanjutnya dilakukan oleh pengendali. 5. Pengendalian lebih luas dari sekedar pengawasan/supervisi.

3 Sasaran/Keluaran Pengendalian 1. Kegiatan/Pekerjaan terlaksana secara benar, lancar /terkoordinasi dan terarah menuju perwujudan bangunan yang direncanakan; 2. Meningkatnya kemampuan dari personil organisasi pelaksana pekerjaan untuk melaksanakan tugas/kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya secara benar dan teliti; 3. Dilakukan tindakan perbaikan atau penyelesaiaan atas temuan penyimpangan/ kesalahan/kekurangan dari setiap pekerjaan sehingga dapat kembali sesuai dengan standar yang telah dipersyaratkan/direncanakan sebelumnya

4 Ukuran Sasaran/Keluaran Pengendalian 1.Jumlah Kuantitas dan Kualitas hasil pekerjaan yang dilaksanakan memenuhi standar yang dipersyaratkan/direncanakan (Tepat Kualitas); 2.Jumlah Waktu dan jumlah biaya pelaksanaan pekerjaan konstruksi sesuai dengan jadwal (Tepat Waktu) dan Biaya (Tepat Biaya) yang telah direncanakan. 3.Jumlah Instrumen/Administrasi pemeriksaan & pengukuran hasil pekerjaan yang dibuat sesuai dengan standar administrasi yang telah ditetapkan/direncanakan. 4.Jumlah laporan yang dibuat secara benar dan tepat waktu sesuai instrumen dan periode pelaporan yang telah direncanakan

5 Ukuran Sasaran/Keluaran Pengendalian 5.Jumlah temuan/permasalahan/penyimpangan pelaksanaan pekerjaan dilapangan, termasuk konflik yang terjadi; 6.Jumlah bukti fisik/administrasi tindakan perbaikan atau penyelesaiaan permasalahan atas temuan/penyimpangan negatif/kesalahan atau kekurangan dari pekerjaan yang dilaksanakan; 7.Jumlah personil/unit kerja organisasi lapangan yang bekerja sesuai dengan tugas/tanggungjawabnya sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya; 8.Koordinator/Ketua Organisasi Pelaksana Pekerjaan dilapangan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas setiap unit kerja dan bertanggungjawab atas keseluruhan penyelenggaraan pelaksanaan kegiatan

6 Langkah-Langkah Pengendalian 1. Merencanakan : a. Ditentukan/dipilih ”mana yang ingin dikendalikan”; b. Tetapkan ”suatu satuan ukuran; c. Tetapkan ”suatu Patokan/Standar” dari satuan ukuran; d. Buat instrumen pengukuran Patokan dilapangan, sesuai satuan ukuran pekerjaan yang telah ditetapkan

7 2. Melaksanakan a. Supervisi/Pengawasan (Membimbing, Mengarahkan) agar kemampuan mereka (personil pelaksana pekerjaan) terus meningkat dalam melaksanakan tugas dengan benar dan teliti. b. Inspeksi atau pengecekan/pemeriksaan terhadap pelaksanaan tugas/kegiatan yang dilaksanakan. c. Pengukuran dan pelaporan hasil pemeriksaan berdasarkan instrumen yang telah Anda persiapkan, kemudian Evaluasi Hasil Pelaksanaan (Bandingkan hasil pengukuran dengan standar/ patokannya dan lakukan penilaian untuk mengetahui apakah ada penyimpangan).Pengukuran/penilaian pelaksanaan sesuai standar pengukuran kegiatan tersebut. d. Tentukan dan lakukan tindakan koreksi/penyelesaian masalah yang terjadi (penyimpangan negatif) bila ada atau Berikan pujian yang sesuai atas keberhasilan (penyimpangan positif)

8 Cakupan Kualitas Kegiatan PRB PRB-BK A. Persyaratan Mutu prasarana dan sarana PRB PRB-BK tidak hanya dilihat pada sekedar kualitas fisik konstruksi tetapi haruslah meliputi : 1. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam upaya PRB, 2. Dapat dioperasikan/berfungsi, 3. Tersedia akses yang mudah/aman untuk digunakan oleh warga pemanfaat, 4. Menjamin keselamatan (keamanan, kekuatan) dan Kesehatan warga pemanfaat, 5. Menjamin tidak menimbulkan dampak negatif atas sosial dan Lingkungan.

9 Cakupan Kualitas Kegiatan PRB-BK B. Mutu pekerjaan Konstruksi meliputi : 1. Lingkup aktivitas setiap pekerjaan (termasuk Jadwal pelaksanaan setiap aktivitas dan pengamanan keselamatan kerja), 2. Kuantitas/volume pekerjaan yang harus diselesaikan, Metode Kerja, Persyaratan Bahan/alat, Komposisi Campuran, Dimensi/Ukuran Pekerjaan, dan lain-lain yang tercantum dalam spesifiksi teknis/gambar rencana.

10 Upaya-upaya Pendekatan Pengendalian/Supervisi Kualitas PRB yang dibangun Masyarakat 1. Targetkan Kualitas, bukan kuantitas; 2. Harus Tegas dari awal; 3. Pelatihan/coaching yang kontinyu; 4. Gunakan sistem On The Job Training/ Praktek lapangan/ Trial; 5. Seleksi Mandor dan tim pelaksana; 6. Beli Alat/Bahan yang bermutu baik; 7. Ketat dalam penerimaan bahan/alat; 8. Segera laporkan masalah; 9. Rapat Rutin Evaluasi Lapangan.

11 Perhatikan Gambar Kegiatan dibawah, Apa yang perlu diperbaiki ?

12 Sekian dan Terima Kasih PRB-BK PNPM MANDIRI PERKOTAAN


Download ppt "Topik Bahasan PENGENDALIAN PEMBANGUNAN PRB-BK. Pengertian 1. Istilah Pengendalian sering diartikan sama dengan pengawasan/ supervisi tetapi juga sering."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google