Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI. Frame dan keyframe Frame adalah satuan terkecil di dalam sebuah animasi dalam Flash. Ditampilkan dengan sebuah kotak kecil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI. Frame dan keyframe Frame adalah satuan terkecil di dalam sebuah animasi dalam Flash. Ditampilkan dengan sebuah kotak kecil."— Transcript presentasi:

1 IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI

2 Frame dan keyframe Frame adalah satuan terkecil di dalam sebuah animasi dalam Flash. Ditampilkan dengan sebuah kotak kecil di yang terletak di bawa angka-angka timeline. Keyframe adalah sebuah frame yang mendefinisikan satu atau beberapa perubahan di dalam animasi yang kita kembangkan. keyframe adalah sebuah frame, sedangkan sebuah frame, belum tentu dapat didefinisikan sebagai sebuah keyframe.

3 Timeline Timeline mengorganisasikan dan mengontrol isi dari sebuah dokumen melalui sebuah satuan waktu dalam satu atau kumpulan layer dan frame. Kumpulan layer adalah seperti potongan strip film yang berumpuk satu sama lain. Masing-masing berisi tampilan yang berbeda yang muncul pada Stage. Komponen utama dari Timeline adalah kumpulan layer, kumpulan frame dan sebuah Playhead.

4 Gambar Sebuah jendela timeline

5 Keterangan : A. Playhead B. Keyframe kosong C. Timeline header D. Guide layer icon E. Frame View pop ‑ up menu F. Animation frame-by-frame G. Animasi tweening H. Untuk berpindah langsung ke posisi Playhead I. Tombol onion-skinning J. Indikator frame K. Indikator Frame Rate L. Elapsed Time indicator

6 Scene Menggunakan Scenes adalah serupa dengan menggunakan beberapa file SWF secara bersamaan untuk membuat sebuah presentasi yang besar. Masing-masing Scene memiliki sebuah Timeline. Ketika Playhead mencapai frame terakhir dari sebuah Scene, playhead tersebut akan melanjutkan ke Scene selanjutnya.

7 FPS ( Frame Per Second ) Frame rate, kecepatan untuk memainkan sebuah animasi, ditunjukan dalam sebuah angka yang disebut frame per second (fps). Frame rate yang sangat lambat, membuat animasi seakan-akan putus-putus; frame rate yang terlalu cepat mengaburkan detail dari animasi.

8 Frame by frame Animasi frame-by-frame memberikan kita kontrol yang sangat rinci atas film (karena teknologi ini digunakan untuk membuat animasi gambar sampai saat ini sebelum teknik animasi komputer 2D dan 3D yang berbeda lahir). Prinsip animasi frame-by-frame ini adalah dengan membuat gambar yang menarik dalam berbagai versi dari objek yang sama dalam frame berbeda.

9 Manajemen layer menambah layer ◦ Klik kanan pada layer yang sudah ada, lalu pilih Insert Layer. ◦ Klik pada tombol Add New Layer. menggeser layer Untuk menggeser layer, kita dapat meng-klik tombol mouse pada layer yang bersangkutan dan tahan (jangan dilepas tombol mousenya). Kemudian kita dapat menggeser-geser layer tersebut ke posisi yang kita inginkan.

10 Manajemen layer memberi nama layer ◦ Untuk memberi nama pada layer, kita dapat klik 2 kali pada layer yang bersangkutan (tepat pada bagian tulisan nama layer), kemudian isilah dengan nama yang kita inginkan, lalu tekan tombol Enter. mengunci layer ◦ Fitur ini sangat berguna pada saat editing, terutama agar layer-layer yang tidak kita pakai tidak akan terganggu atau terpengaruh oleh editing kita. ◦ Untuk mengunci semua layer, klik gambar kunci yang terdapat di atas panel layer. Untuk mengunci 1 atau beberapa layer, klik tanda titik kedua di sebelah kanan nama layer.

11 Manajemen layer menyembunyikan layer ◦ Untuk menyembunyikan semua layer, klik gambar mata yang terdapat di atas panel layer. Untuk menyembunyikan 1 atau beberapa layer, klik tanda titik pertama di sebelah kanan nama layer.


Download ppt "IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI. Frame dan keyframe Frame adalah satuan terkecil di dalam sebuah animasi dalam Flash. Ditampilkan dengan sebuah kotak kecil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google