Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur Geologi Primer Windu Ganar PJ2D007044 MarediyantiPusvitaJ2D008033 Nailatul ImiJ2D008037 Ophi Thio RendyJ2D009007 Maila ShofaJ2D009008 Syamsul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur Geologi Primer Windu Ganar PJ2D007044 MarediyantiPusvitaJ2D008033 Nailatul ImiJ2D008037 Ophi Thio RendyJ2D009007 Maila ShofaJ2D009008 Syamsul."— Transcript presentasi:

1 Struktur Geologi Primer Windu Ganar PJ2D MarediyantiPusvitaJ2D Nailatul ImiJ2D Ophi Thio RendyJ2D Maila ShofaJ2D Syamsul IlmiJ2D Faizal AhmadJ2D Anjar OktikawatiJ2D009011

2 Pengertian Struktur Primer Struktur primer : sruktur yang terbentuk bersamaan dengan terbentuknya batuan beku. Struktur ini dijadikan acuan dalam penentuan arah muda suatu lapisan batuan (younging direction)ntuknya batuan

3 Proses Pembentukan Terjadi pada saat terbentuknya batuan beku dan batuan sedimen

4 Jenis struktur primer yang terjadi pada saat pembentukan batuan beku Dike Batolit Lacolit Sill Stock Lopolit

5 Dike bentuk tubuh batuan beku yang memotong struktur batuan disekitarnya yang memiliki bentuk tabular dengan kedua sisinya sejajar Dimensi lebar : cm-m Dimensi panjang : km manganut hukum cross-cutting relationship

6

7 Batholit Dimensi paling besar Bentuk tidak beraturan kumpulan massa dari sejumlah tubuh- tubuh intrusi yang berkomposisi agak berbeda Panjang : > 1000 km Lebar :> 250 km Ketebalan : km

8

9 Stock Sama seperti batholit namun dengan dimensi yang lebih kecil Bagian atas batholit

10

11 Sill intrusi batuan beku yang konkordan atau sejajar terhadap perlapisan batuan yang diterobosnya.

12

13 Lakolit Batuan beku yang menerobos diantara batuan sedimen batuan yang diterobosnya melengkung atau cembung ke atas, membentuk kubah landai

14

15 Lopolit bentuknya mirip dengan lakolit hanya saja bagian atas dan bawahnya cekung ke atas.

16

17 Dike Batholit Stock Sill

18 Lakolit Lopolit

19 Jenis struktur primer yang terjadi pada saat pembentukan batuan sedimen Cross bedding Flat bedding Flame struktur Flute cast Pillow structure Vesicle Ripple mark Load cast

20 Cross Bedding Struktur sedimen yang dihasilkan oleh kegiatan arus air atau arus angin dengan arah yang bervariasi terbentuk dalam struktur bedforms oleh gerakan sedimen akibat fluida yang mengalir Fungsinya yaitu untuk menunjukkan pola terjadinya arah arus media sedimentasi (air, angin, gletser, dll) pada dimana media cross bedded (batuan, tanah) pada masa lampau.

21 Cross Bedding

22 Flat Bedding Flat Bedding memiliki struktur per lapisan yang hampir sama dengan cross bedding. Hanya saja bentuk per lapisannya secara mendatar

23 Ripple Mark terbentuk akibat aktivitas erosi ripple : suatu bentuk struktur yang menunjukkan undulasi berjarak teratur pada permukaan pasir berasal dari adanya suatu arus,misalnya arus angin membawa material pasir sebagai material transport kemudian dengan mekanisme pergerakan arus mengendapkan material pasir tadi pada bagian depan suatu ripple. Ripple mark dapat digunakan untuk menentukan arah arus dan menentukan top dan bottom.

24

25 Graded Bedding terdapat gradasi ukuran butir dari kasar ke halus (dicirikan oleh perubahan sistematis butir clast atau ukuran butir dari dasar ke atas,dimana sedimen berstruktur kasar ada di dasar, semakin ke atas, semakin halus butirannya) terjadi karena longsoran batuan di bawah permukaan air di daerah berlereng terjal Fungsinya untuk menentukan ukuran butir dan untuk menentukan letak bedded top dan bottom.

26 Graded Bedding

27 Load Cast Tanda tunggal yang terdiri dari pembengkakan dalam bentuk sedikit tonjolan, yang dalam atau dangkal bulat karung, bongkol yang menonjol, yang sangat tidak beraturan benjol, atau bulat mammillary atau penonjolan papilliform pasir atau kasar lainnya clastics, memanjang ke bawah menjadi lebih halus- halus, lembut, dan awalnya mendasari hydroplastic materi, seperti tanah liat basah, lumpur, atau gambut, yang berisi depresi awal. Aplikasinya yaitu untuk mencari lapisan atas yang lebih berat dan tebal.

28 Load Cast

29 Convolute Bedding Struktur sedimen yang paling tidak berstruktur dikarenakan pengaruh energy gelombang bolak – balik dan tidak menentu sehingga menghasilkan alur sedimentasi yang sulit untuk diprediksi.

30 Convolute Bedding

31 Flame structure Struktur yang membentuk load cast, akan tetapi material- material adalah hasil kontak antara pasir dengan lempung. Kenampakan struktur ini terlihat dari bergabungan pasir dengan lempung akibat adanya penekanan.

32

33 Flute Cast Struktur yang berupa celah-celah atau butiran-butiran pembentuk struktur ini terputus-putus. Struktur ini terbentuk akbat adanya pengaruh dari aliran turbulen pada batuan dasar, sehingga terjadi proses penggerusan. Media transportasi yang membawah material berupa pasir mengisinya.

34 Flute Cast

35 Pillow Structure Merupakan struktur yang berupa kenampakan seperti bantal- bantal, material pembentuk struktur ini berupa pasir. Material-material tadi tertimbun, kemudian mengalami penekanan kebawah.

36 Pillow Structure

37 Vesicle Merupakan struktur yang menunjukkan adanya lubang- lubang, bekas keluarnya gas, akibat adanya tekanan dari sedimen di atasnya.

38 Vesicle

39 Cross Bedding Ripple Mark Gradded Bedding Load Cast

40 Convolute Bedding Flame Structure Flute Cast Pillow Structure Vesicle

41 TERIMA KASIH


Download ppt "Struktur Geologi Primer Windu Ganar PJ2D007044 MarediyantiPusvitaJ2D008033 Nailatul ImiJ2D008037 Ophi Thio RendyJ2D009007 Maila ShofaJ2D009008 Syamsul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google