Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Communication Technology Update and Fundamentals Presented by Group 2 class 04PKO: Ferren Ebenazer (1301064405 ) Sri Lestari (1301064411) Tengku Dessy.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Communication Technology Update and Fundamentals Presented by Group 2 class 04PKO: Ferren Ebenazer (1301064405 ) Sri Lestari (1301064411) Tengku Dessy."— Transcript presentasi:

1 Communication Technology Update and Fundamentals Presented by Group 2 class 04PKO: Ferren Ebenazer (1301064405 ) Sri Lestari (1301064411) Tengku Dessy Juliansah (1301064696 ) Adista Indri Prasetyastuti (1301064872) Ellyna (1301064891) Claudia Theresia Dameria (1301065004 ) Gita Ramadhani (1301065010) Aldita Ruslim (1301070300)

2 Topik-Topik Pembahasan 1.Introduction a.Introduction to Communication Technologies b.Historical Perspectives on Communication Technology c.Understanding Communication Technologies d.The Structure of Communication Industries e.Communication Policy and Technology 2.Electronic mass media a.Digital Television b.Multichannel Television Services c.IPTV: Streaming Media d.Interactive Television e.Radio Broadcasting 3.Computers & consumer electronics a.Personal Computers b.Video Games c.Virtual & Augmented Reality d.Home Video e.Digital Audio f.Digital Imaging and Photography

3 Introduction...

4 1. a. Introduction to Communication Technologies 5 aspek yang saling mempengaruhi dalam teknologi komunikasi: – Sistem sosial: sistem politik, sistem ekonomi, sistem media, dll. – Infrastruktur organisasi: authorised dealer, pabrik, distributor, dll. – Perangkat keras: pesawat televisi, broadband router, satelit, dll – Perangkat lunak: program aplikasi, Anti virus, Mozilla Firefox, dll. – User individu Di mana ke 5 aspek tersebut masing-masing dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: – Enabling factor: faktor yang memungkinkan aplikasi teknologi komunikasi – Limiting factor: faktor yang membatasi proses penciptaan dan adopsi teknologi komunikasi – Motivating factor: faktor pemicu individu / kelompok untuk mengadopsi teknologi baru – Inhibiting factor: faktor yang menghambat adopsi / pemakaian teknologi komunikasi baru

5 1. b. Historical Perspectives on Communication Technology Popularitas media cetak menurun pada tahun 1990an karena koran, majalah & buku dalam bentuk audio mulai bermunculan sirkulasi Koran cetak terus menurun kontroversi tentang pelanggaran kekayaan intelektual 2001, radio satelit terus berkembang peminatnya. Popularitas Internet terus meningkat, terutama dengan berkembangnya high-speed broadband connection Pemakaian telepon seluler dan situs jejaring sosial meningkat

6 1. c. Understanding Communication Technologies Teknologi komunikasi dapat dikaji dengan teori-teori berikut: – Uses and Gratifications theory – Media System Dependency Theory – Social Learning Theory/Social Cognitive Theory – The Theory of the Long Tail

7 1. d. The Structure of Communication Industries Secara garis besar, industri komunikasi bisa dibagi menjadi: – Media massa – buku, koran, tabloid, film, radio, televisi, – Telekomunikasi – telefoni, wireless, SLI – Komputer – software & hardware – Elektronika consumer – video game, kamera, home theatre – Internet – provider jaringan, provider konten, Google Perkembangan struktur industri komunikasi pada masa yang akan dating diprediksi seperti berikut: – Menurunnya sirkulasi koran cetak – Media yang didukung oleh advertiser – Mobile revolution – Meningkatnya waktu yang dihabiskan audiens untuk menikmati media

8 1. e. Communication Policy and Technology Peraturan dalam industri komunikasi berusaha menyeimbangkan kepentingan negara dengan kepentingan perusahaan komunikasi. Peraturan yang dibuat mencakup: – Content regulation –seberapa banyak perlindungan yang diberikan dan pengawasan kegiatan distribusi konten yang beredar di antara audiens. – Structural regulation – menetapkan jumlah organisasi media yang diijinkan beroperasi, struktur organisasi, kepemilikan perusahaan. – Technical regulation – melindungi “pemain” baru yang memasuki suatu pasar baru, agar tidak dihimpit oleh pesaing-pesaing liar Tren konvergensi / merger perusahaan media komunikasi juga diatur untuk mencegah munculnya raksasa media yang terlalu berpengaruh. Persaingan dipandang baik untuk menjamin maksimalnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada audiens, juga untuk meregulasi harga dan melindungi konsumen.

9 Electronic Mass Media...

10 2. a. Digital Television Televisi digital adalah TV dengan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar dan suara ke TV. Kelebihan yang tidak dimiliki televisi analog yaitu : – Mengirimkan informasi dengan lebih cepat – Informasi dapat diubah, diproses, dimodifikasi kedalam berbagai bentuk – Bisa memproses informasi dalam jumlah yang besar – Tidak mudah terpengaruh gangguan dari luar

11 2. b. Multichannel Television Services Layanan televisi multi channel meliputi: – Televisi kabel  Saluran premium  Pay per View  Video on Demand (VOD  Near Video on Demand – Satelit siaran langsung – Televisi berlangganan

12 2. c. IPTV: Streaming Media IPTV (Internet Protocol Television) adalah televisi dengan layanan multimedia yang dikirimkan menggunakan metode Internet protokol melalui jaringan broadband dan bukan disampaikan secara tradisional melalui frekuensi radio siaran, satelit sinyal atau kabel. Kelebihan IPTV adalah: – Lebih personal – Menawarkan banyak pilihan program – Layanan interaktif, siaran dapat di pause atau rewind – Kualitas gambar yang tinggi – Konten dapat diberikan sesuai permintaan – Menyediakan Video, game, karaoke sesuai permintaan – Pemirsa dapat memesan makan dan berbelanja tanpa perlu beranjak dari menonton TV – Hanya memerlukan saluran Internet dan piranti pendukung internet seperti PC atau Set Top Box yang disambung ke TV

13 2. d. Interactive Television Interactive TV adalah konvergensi TV dengan teknologi media digital seperti komputer, perekam video pribadi, konsol game, dan perangkat mobile, yang memungkinkan interaktivitas pengguna. Kelebihan TV interaktif: – Layanan komunikasi dua arah layaknya internet – Pemirsa dapat memilih sendiri waktu untuk menonton – Remote tidak lagi untuk memilih saluran tapi juga untuk melihat simpanan program yang disimpan. – Memudahkan pemirsa mencari program yang disukai – Lebih personal – Interaksi antara pemirsa dengan televisi – Konten/ program-program yang disajikan berdasarkan permintaan pelanggannya.

14 2. e. Radio Broadcasting Teknologi radio brkembang dari: – Radio analog – Radio digital - informasi dikirm menggunakan sinyal digital – Radio AM - menggunakan modulasi amplitudo; mudah terganggu bangunan, cuaca, sumber-sumber frekuensi radio lain. – Radio FM - proses siaran radio menggunakan variasi frekuensi – HD (Hybrid Digital) Radio – dapat menghantarkan kualitas suara CD melalui gelombang radio FM. Kelebihan HD radio :  Suara lebih jernih seperti CD  Sinyal bermutu bagus.  Programnya dapat disimpan jika ingin mendengar lain waktu  Dapat di pause dan di rewind  Memiliki layanan interaktif dimana pendengar bisa ikut serta acara di radio atau request lagu  Menawarkan banyak pilihan musik yang sesuai dengan keinginan pendengar

15 Computers & Consumer Electronics...

16 3. a. Personal Computers Komputer pada mulanya dinamakan “calculators” karena kemampuannya untuk memecahkan persamaan matematika. Komputer berfungsi umum yang pertama diciptakan pada akhir Perang Dunia II dan dinamakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komponen utama sebuah komputer: – Perangkat keras (hardware)  CPU (Central Processing Unit) - “otak” komputer yang menjalankan tugas matematika dan penalaran sesuai dengan informasi / data yang di-input.  Memory – CPU memerlukan kapasitas memori untuk menyimpan semua data dan instruksi sebelum diproses lebih lanjut. Ada 2 jenis memory yaitu RAM (Random Access Memory) dan storage memory. – Perangkat lunak (software)  OS (Operating Systems) - serangkaian perintah tertulis dan program yang dimuat di dalam RAM dan menjalankan fungsinya dalam CPU. OS mengatur aplikasi software lainnya, mencari dokumen, menerima input data, dll.  Utilities – program yang didesain untuk memperbaiki kualitas performa komputer. Contoh: anti-virus, Microsoft Office, “pop-up blocker”, dll

17 3. b. Video Games Timeline di atas menggambarkan tahapan perkembangan Video gama sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1970an. 3 Merk game consoles terpopuler adalah: Sony Playstation, Microsoft Xbox & Nintendo Wii. Trend permainan video game: – Keluhan orang tua tentang kekerasan yang dipelajari anaknya dari game perang, pertempuran. – Mobile gaming: video game bisa digunakan melalui handphone. Pelopornya adalah Nokia N-Gage – Munculnya MMORPGs (Massive Multiplayer Online Role-Playing Games) seperti Counter Strike, World of Warcraft, The Sims.

18 3. c. Virtual & Augmented Reality Virtual Reality (VR)Augmented Reality (AR) Seluruh syaraf sensorik manusia dirangsang sehingga seakan-akan pemain tersedot ke dalam dunia yang diciptakan komputer Komputer yang menterjemahkan informasi virtual ke dunia nyata Menggantikan dunia nyata dengan dunia mayaHanya memperindah dunia nyata Perangkat keras system VR terdiri dari: 1) Komputer 2) Head-mounted display lengkap dengan earphone 3) Sensor yang mendeteksi gerakan user. Kegunaan VR:  Militer – melatih pasukan dalam pertempuran maya, operasional peralatan perang, dll  Kedokteran – latihan mengoperasi pasien tanpa resiko membahayakan nyawa siapa pun  Hiburan – video game

19 3. 4. Home Video Sebuah rumah menangkap sinyal elektronik dengan 3 cara:  Udara – transmisi VHF (Very High Frequency) & UHF (Ultra High Frequency)  Kabel – teknologi optical fiber memungkinkan transmisi sinyal elektronik secara aman dan jarak jauh  Tangan – video yang direkam dengan VCR(Video Casette Recorder), laser disc, DVD, Blu-Ray Discs, High Definition Videos Konsumen berada di titik puncak dari kesenangan belanja di home video. Kualitas tontonan semakin baik, meningkatkan minat audiens untuk berada di rumah dan menonton video dari Home Theater set, menggunakan Blu-Ray Disc Player dan televisi LCD High Definition.

20 3. e. Digital Audio Sebuah rekaman digital tidak lebih dari serangkaian angka, dan karenanya dapat disalin melalui jumlah yang tak terbatas dari generasi tanpa degradasi sinyal. Teknologi ini memungkinkan kemampuan untuk membuat dan mendistribusikan jumlah yang tak terbatas sebuah salinan asli gelombang suara melalui reproduksi digital -> timbullah masalah pelanggaran hak cipta, kekayaan intelektual, dsb Contoh teknologi digital audio: – Digital Audiotape – Compact Disc – DVD-Audio – MP3 – Podcasting

21 3. f. Digital Imaging & Photography Digital Still Cameras (DSC) – Consumer Electronics Association melaporkan bahwa DSCs ditemukan di lebih dari 62% dari seluruh rumah tangga AS Kamera Digital Single Lens Reflect (DSLR) – Harga rata-rata kamera DSLR anjlok US $ 125 – Pengguna DSLR semakin dari demografi yang sama, seperti ekonomi rendah (kurang dari $ 600) pembelian kamera ini meningkat 23% Konvergensi handphone dengan kamera

22 Thank you... All of the biggest technological inventions created by man - the airplane, the automobile, the computer - says little about his intelligence, but speaks volumes about his laziness. ~ Mark Kennedy


Download ppt "Communication Technology Update and Fundamentals Presented by Group 2 class 04PKO: Ferren Ebenazer (1301064405 ) Sri Lestari (1301064411) Tengku Dessy."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google