Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS MANFAAT SKB Pihak-pihak yang membutuhkan laporan SKB : 1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS MANFAAT SKB Pihak-pihak yang membutuhkan laporan SKB : 1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan."— Transcript presentasi:

1 RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS MANFAAT SKB Pihak-pihak yang membutuhkan laporan SKB : 1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan atas laporan SKB karena ia akan menilai manfaat apa yang akan diperolehnya apabila menanamkan dana pada proyek ybs. 2. Pihak Kreditor Pihak kreditor berkepentingan dalam menilai kelayakan proyek, termasuk penilaian mengenai kemampuan proyek dalam pemenuhan kewajiban kepada kreditor. Disamping itu, untuk kreditor Bank juga akan melakukan penilaian mengenai bonafiditas & kompetensi pemilik proyek & pengurus, serta kualitas & kuantitas agunan yang diserahkan sebagai jaminan kredit. 3. Pihak Manajemen Perusahaan Biasanya pihak manajemen perusahaan berkepentingan dalam kaitan rencana perluasan / pengembangan usaha di masa mendatang. 4. Pihak Pemerintah Pihak pemerintah memerlukan laporan SKB antara lain terkait dengan apakah proyek yang akan direalisasikan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah. 5. Pihak Masyarakat Masyarakat perlu menilai apakah suatu proyek layak didirikan, misalnya terkait dengan : - Apakah proyek tidak membahayakan bagi masyarakat sekitar ( misalnya : polusi, dll ); - Apakah proyek dapat meningkatkan pendapatan & kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar. Arranged by. R. AGUS BAKTIONO

2 ASPEK ASPEK YANG DIANALISIS DALAM S K B A. ASPEK PASAR & PEMASARAN Aspek Pasar dan pemasaran merupakan aspek pertama yang perlu dianalisis karena terkait dengan apakah produk yang akan dihasilkan proyek dibutuhkan oleh masyarakat / konsumen. Di samping kebutuhan konsumen, dalam analisis aspek pasar ini juga dilakukan penelitian mengenai luas pasar, potensi pasar, pangsa pasar, persaingan, kemungkinan pertumbuhan, dll. B. ASPEK TEKNIK & TEKNOLOGI Pada aspek ini dianalisis mengenai kebutuhan teknis proyek, misalnya : jenis teknologi yang digunakan, kapasitas produksi, pemakaian mesin / peralatan, lokasi proyek, tata letak pabrik, dll. C. ASPEK MANAJEMEN DAN SDM Dalam aspek manajemen & SDM, yang perlu dianalisis ada dua hal, yaitu : - Masa Pra Operasi Masa pra operasi yaitu meliputi masa pengurusan ijin-ijin, masa pembangunan proyek, dan masa uji coba. - Masa Operasional Analisis aspek manajemen dalam masa operasi lebih terkait pada pengaturan mengenai kebutuhan tenaga kerja dari mulai penyusunan struktur organisasi, kualitas & kuantitas kebutuhan TK, dan hal-hal lain yang terkait dengan SDM.

3 ASPEK ASPEK YANG DIANALISIS DALAM S K B D. ASPEK LEGAL ( YURIDIS ) Analisis aspek yuridis terutama berkaitan dengan ijin-ijin yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup proyek, misalnya : ijin usaha, ijin lokasi, dll. E. ASPEK EKONOMI & LINGKUNGAN Dalam aspek ini dianalisis mengenai ekonomi makro ( misalnya : inflasi, tingkat suku bunga, tingkat pengangguran, tingkat pendapatan masyarakat, manfaat proyek terhadap perekonomian, dll ) serta lingkungan ( misalnya : AMDAL ). F. ASPEK FINANSIAL Aspek finansial terutama berkaitan dengan apakah proyek dapat menghasilkan keuntungan dan mampu memenuhi kewajibannya. Arranged by. R. AGUS BAKTIONO


Download ppt "RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS MANFAAT SKB Pihak-pihak yang membutuhkan laporan SKB : 1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google