Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGAM TAHFIZH Kurikulum Kepesantrenan SMPIT As Syifa Boarding School Tahun Pelajaran 2014-2015 “24 Jam Membina Generasi Qurani dengan Hati dan Keteladanan”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGAM TAHFIZH Kurikulum Kepesantrenan SMPIT As Syifa Boarding School Tahun Pelajaran 2014-2015 “24 Jam Membina Generasi Qurani dengan Hati dan Keteladanan”"— Transcript presentasi:

1 PROGAM TAHFIZH Kurikulum Kepesantrenan SMPIT As Syifa Boarding School Tahun Pelajaran “24 Jam Membina Generasi Qurani dengan Hati dan Keteladanan”

2 A. TARGET DAN SASARAN Tilawah Bagus Hafalan Lancar Akhlaq Mulia

3 B. TUJUAN 1.Membina murid untuk mendapatkan hafalan standar minimal dan bacaan yang bagus sesuai kaidah hukum tajwid. 2.Melayani murid untuk mencapai kuantitas dan kualitas hafalan dengan bagus dan lancar. 3.Mencetak murid yang istimewa dan unggul dalam hafalan Al-Qur’an.

4 C. KEGIATAN RUTIN TAHFIZH Ziyadah Senin – Sabtu 05: :30 Muroja’ah Senin - Sabtu 15: :00 Isti’daad Senin – Jum’at 19: :00 Tilawah Mandiri Setiap waktu

5 D. TEKNIS PELAKSANAAN TAHFIZH 1.Kegiatan ziyadah dilaksanakan setiap hari senin - sabtu ba’da shubuh, jam 05:00-06:30 wib. 2.Kegiatan muroja’ah dilaksanakan setiap hari senin- jum’at ba’da ashar, jam :00 wib. 3.Murid wajib berada di halaqohnya masing-masing pada waktu yang telah ditentukan. 4.Murid maju dan duduk di hadapan guru tahfizh masing-masing secara bergiliran. 5.Murid menyetorkan hafalan ayat-ayat yang sudah di persiapkan di malam hari (isti’daad). 6.Hafalan yang disetorkan saat ziyadah sekurang- kurangnya 3 baris.

6 D. TEKNIS PELAKSANAAN ZIYADAH DAN MUROJA’AH 8.Hafalan yang disetorkan saat muroja’ah sekurang- kurangnya 2 halaman 9.Bila hafalan murid belum lancar, maka guru tahfizh akan meminta murid untuk mengulangi dan dan menyetorkan kembali hafalannya. 10. Setelah menyetorkan hafalan ziyadah dan muroja’ah, murid wajib tilawah mandiri sebanyak 5 halaman 11. Murid yang sudah menyetorkan hafalan tidak diperkenankan meninggalkan masjid, kelas atau halaqohnya sampai pada waktu yang telah ditentukan. 12. Ziyadah dan muroja’ah harus berurutan, tidak diperkenankan melompat surat begitu juga setiap juz harus berurutan dimulai dari juz 30 sampai seterusnya.

7 E. PENYELESAIAN SATU JUZ Hafal 3 baris per hari Selesai dalam waktu 100 hari sudah terhitung waktu libur pekanan. Hafal 5 baris per hari Selesai dalam waktu 75 hari sudah terhitung waktu libur pekanan. Hafal setengah halaman per hari Selesai dalam waktu 53 hari sudah terhitung waktu libur pekanan. Hafal satu halaman per hari Selesai dalam waktu 25 hari sudah terhitung waktu libur pekanan.

8 F. MARHALAH TAHSIN Makhroj Nun Sukun dan Tanwin Mad Asli / Thobi’i Ghunnah Ahkamul Mad Gharibul Qur’an

9 G. TARGET MINIMAL YANG HARUS TERCAPAI Kelas 7 Semester Gasal : Tahsin dan ½ juz dari juz 30 Semester Genap : Juz 30 tuntas Kelas 8 Semester Gasal : Juz 29 tuntas Semester Genap : ½ juz dari juz 28 Kelas 9 Semester Gasal : Juz 28 tuntas Semester Genap : Muroja’ah dan Ujian Akhir Tahfizh

10 1. Murid mengikuti kegiatan tahsin sampai bisa membaca Al Qur’an dengan baik. 2. Pembinaan ini ditargetkan untuk dapat mencapai kualitas bacaan yang lebih baik sesuai dengan kaidah hukum tajwid. 3. Kegiatan berjalan seperti biasa (ziyadah, muroja’ah, isti’daad dan tilawah mandiri [kelas 8-9], [kelas 7, syarat dan ketentuan berlaku]) H. PENGELOMPOKAN MURID (Kelas Tahsin)

11 I. PENGELOMPOKAN MURID (Kelas Tahfizh) 1.Murid sudah bisa membaca Al Qur’an dengan sesuai kaidah hukum tajwid. 2. Pembinaan ini ditargetkan untuk dapat mencapai kuantitas dan kualitas hafalan yang lebih baik sesuai dengan target kelulusan sekolah. 3. Kegiatan berjalan seperti biasa (ziyadah, muroja’ah, isti’daad dan tilawah mandiri)

12 J. PENGELOMPOKAN MURID (Kelas Takhasus) 1. Murid telah menyelesaikan hafalan 3 juz dan sudah diujiankan secara lancar baik hafalan maupun bacaan. 2. Pembinaan ini ditargetkan untuk dapat mencapai kuantitas dan kualitas hafalan yang lebih baik sesuai kemampuan masing-masing murid. 3. Kegiatan berjalan seperti biasa (ziyadah, muroja’ah, isti’daad dan tilawah mandiri)

13 K. TARGET HAFALAN Target Harian Dapat menghafal 3 baris disetiap harinya Target Tahunan Dapat menyelesaikan hafalan minimal 1 juz Target Sekolah Lulus dari SMPIT As-Syifa dengan hafalan 3 juz, lulus ujian tahfizh dan mendapatkan syahadah tahfizh. Target Khusus Dapat menyelesaikan hafalan minimal 10 juz, lulus ujian tahfizh dan mendapatkan syahadah tahfizh.

14 L. KEGIATAN PENDUKUNG Musabaqoh Internal dan Eksternal (menyesuiakan dengan kegiatan-kegiatan yang ada). Pembinaan lomba dan parade tahfizh khusus kelas 9 yang akan di wisuda. Bagi murid kelas 9 yang belum mencapai target 3 juz sampai semester gasal maka akan ada program diasramakan selama 1 pekan. Begitu juga untuk murid kelas 7/8 yang belum mencapai target minimal di semester genapnya, maka akan diasramakan selama 1 pekan.

15 M. KRITERIA KELULUSAN UJIAN TAHFIZH 1. Murid telah menyelesaikan setoran hafalan sesuai target kelas. 2. Murid telah menyelesaikan ujian tahfizh sesuai target kelas dan lulus dalam setiap juz, yaitu: Kelas 7 : Juz 30 Kelas 8 : Juz 29 Kelas 9 : Juz Murid telah menyelesaikan ujian tahfizh sesuai waktu yang ditentukan. 4. Murid yang tidak lulus dapat mengikuti remedial sampai batas waktu terakhir ujian tahfizh.

16 J. KRITERIA KELULUSAN UJIAN TAHFIZH 5. Murid dianggap lulus apabila memenuhi tiga kriteria, yaitu: Kelancaran, Tajwid, dan Fashohah. 6. Kelancaran tidak lebih dari 3 kesalahan per dua halaman. Yang dimaksud dengan kesalahan adalah ketika murid tidak bisa melanjutkan bacaannya setelah diberikan teguran sebanyak dua kali. 6. Tajwid terkait dengan kemampuan murid menerapkan hukum-hukum tajwid dalam bacaannya. 7. Fashohah terkait dengan ketepatan pengucapan makharijul huruf. 8. Murid mencapai nilai KKM sesuai target kelas masing-masing, yaitu: >>Kelas 7: 77 >>Kelas 8: 77 >>Kelas 9: 77

17 N. SURAT KETERANGAN TAHFIZH Mutaba’ah Tahfizh Buku evaluasi harian perkembangan murid. Rapor Tahfizh Diberikan kepada murid setiap akhir semester. Surat Keterangan dan Ijazah Tahfizh Diberikan kepada murid yang lulus ujian tahfizh sebanyak 3 juz keatas.

18 N. TATA TERTIB TAHFIZH 1. Murid wajib mengikuti kegiatan ziyadah, muroja’ah dan isti’daad di waktu yang telah ditentukan oleh Pj. Tahfizh. 2. Murid wajib hadir di halaqohnya masing-masing maksimal 5 menit setelah dzikir shalat. 3. Murid yang tidak hadir karena sakit atau izin diharapkan menyertakan surat keterangan dari wali asrama yang bersangkutan, jika tidak menyertakan surat maka dianggap alpha dan akan diproses sesuai aturan yang ada.

19 4. Murid yang sakit tidak diperkenankan berada di asrama, murid wajib berada di Ruang Kesehatan selama kegiatan tahfizh. 5. Murid wajib menggunakan pakaian yang sopan, tidak diperkenankan menggunakan kaos, celana training atau sejenisnya. Boleh menggunakan jaket jika menggunakan baju yang sopan. 6. Selama kegiatan tahfizh berlangsung kamar akan dikunci. 7. Selama kegiatan tahfizh, murid dilarang membuat keributan, tidur dan aktivitas yang mengganggu proses kegiatan tahfizh. 8. Setiap murid yang alpha, akan segera ditindak sesuai aturan yang berlaku ditahfizh.

20 9. Murid wajib menggunakan Mushaf Standar Utsmani, ukuran minimal 15x21cm, tidak perkata, bertajwid, arti dan per halamannya 15 baris. 10. Selama kegiatan tahfizh, murid dilarang berolahraga. 11. Murid diperkenankan pulang ke asrama setelah pembelajaran tahfizh pagi minimal jam 06:00 wib, sore jam 17:00 wib, malam 30 menit setelah isti’daad. 12. Kegiatan isti’daad untuk kelas 8 dan 9 di Mesjid An-Nuur, kelas 7 di Kamar yang sudah ditentukan. 13. KBM kelompok tahsin kelas 7 di sekolah, untuk kelas 8 dan 9 di Mesjid. #Syarat berlaku…!!!

21 14. Murid Tahsin wajib membawa buku dan alat tulisnya untuk mencatat materi yang akan disampaikan dari guru tahfizhnya. 15. Bagi murid yang tidak mentaati semua aturan yang telah ditetapkan dan berani membuat jenis pelanggaran baru maka akan ditindak sesuai aturan yang ada. 16. Peraturan yang dianggap penting buat kebaikan proses pembelajaran tahfizh akan segera menyusul sesuai waktu yang ideal dimasanya.

22 M. NAMA GURU TAHFIZH DAN AMANAHNYA NONAMAAMANAH 1 Rani Nurdiani PJ. Tahfizh 2Lia Maspupah Guru Kelas 9 3Riris Rindiyah Guru Kelas 9 4Susan Nopianti Guru Kelas 9 5Wina Sedjati Guru Kelas 9 6Wardah Islamiyah Guru Kelas 9 7Lyza Guru Kelas 9 8Nuraeni Guru Kelas 9

23 9Siti Nurhayati Guru Kelas 8 10Amin Chodiroh Guru Kelas 8 11Hajrah Guru Kelas 8 12Sumini Guru Kelas 8 13Kurniasih Guru Kelas 8 14Rizky Aulia Guru Kelas 8 15Millati Aulia Guru Kelas 8 16Wirdani Guru Kelas 8 17Nihayatul Maram Guru Kelas 7 18Ipi Cucu Pasihah Guru Kelas 7 19Isma Salbiyah Guru Kelas 7

24 20Dzaatul Iffah Guru Kelas 7 21Ayi Rohayati Guru Kelas 7 22Neni Yani Nuryani Guru Kelas 7

25 “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk diingat, maka adakah orang yang mau menghafalnya.” (QS. Al Qomar: 17)  Janji Allah SWT :

26 “Para penghafal Al Qur’an adalah pengemban tugas dan visi misi yang mulia. Jika niatnya ternodai, justru akan berakibat buruk pada mereka”. (Motivasi)


Download ppt "PROGAM TAHFIZH Kurikulum Kepesantrenan SMPIT As Syifa Boarding School Tahun Pelajaran 2014-2015 “24 Jam Membina Generasi Qurani dengan Hati dan Keteladanan”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google