Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGGUNAAN IT PADA KONSULTASI GIZI I. Haeruman T., Instalasi Gizi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung JL. Pasteur No. 38 Bandung gmail.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGGUNAAN IT PADA KONSULTASI GIZI I. Haeruman T., Instalasi Gizi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung JL. Pasteur No. 38 Bandung gmail.com."— Transcript presentasi:

1 PENGGUNAAN IT PADA KONSULTASI GIZI I. Haeruman T., Instalasi Gizi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung JL. Pasteur No. 38 Bandung gmail.com

2

3 Latar Belakang Tuntut lebih profesional dengan menggunakan sumber daya yang ada (Konsultasi Gizi). Professional biasanya identik dengan mutu terjamin dan kadang biaya tinggi  pelayanan cepat, tepat, akurat & teknologi tinggi, bila perlu “instant.” (Pengantar Nutrclin2, 2009) Konsultasi Gizi manual” yang membutuhkan waktu lama terutama pada saat menjabarkan pengaturan makan sehari pada leaflet. Software yang ada tidak bisa di rubah atau tidak up to date perkembangan keilmuan gizi pada saat ini & perkembangan IT.

4 Tujuan Suatu tools / alat untuk mengatasi masalah tersebut  Bisa di update (Mis : penentuan kalori). Program sederhana yang bisa berjalan disemua “Platfrom”. Syazana Dunia Diet  program konsultasi gizi sederhana berbasis spreadsheet yaitu excel AG gizi dapat mengetahui secara mendalam alur program tersebut sehingga bisa menentukan jenis perhitungan kalori dan menyunting isi materi konsultasi gizi.

5 Metode Penelitian & Pengembangan Proses penelitian & pengembangan dari program berbasiskan spreadsheet (program pengolahan angka)  EXCEL. logika aritmetika  Fungsi IF, Vlookup, Hyperlink. Metode perhit kalori : hariss benedict, miflith atau menentukan kalori sendiri, dan menambah atau mengurangi jenis diet.

6 Persyaratan Spesifikasi Komputer Untuk Program Syazana Dunia Diet OS (System Operasi) Windows XP – 8 yg terpenting ms office bisa berjalan pada platform tsb (Android atau IOS/Apple). Processor yang disaranakan Pentium II keatas, hal ini berhubungan dengan program OS yang digunakan. Program softwarenya disarankan menggunakan MS- Office 2003 ke atas (Office 2007, Office 2010 dan Office 365).

7 Prosedur Syazana Dunia Diet

8

9

10 Program Syazana Dunia Diet merupakan program pembantu ahli gizi dalam melakukan konsultasi gizi. Merupakan program sederhana yang masih tandem kepada program excel, sehingga awal proses penggunaannya tidak memerlukan proses instalasi. Proses perhitungan kebutuhan zat gizi atau mengurangi jumlah konsumsi makanan dalam program Syazana Dunia Diet masih berdasarkan perhitungan diatas kertas dan teori dalam pustaka, belum melalui uji coba untuk populasi yang banyak. Kesimpulan

11 Saran Program Syazana Dunia Diet merupakan program sederhana yang tidak dapat berdiri sendiri (tandem terhadap program excel), sehingga perlu pengembangan lebih lanjut agar bisa “Stand Alone” (tidak menumpang terhadap program lain). Isi materi dan cara kerja program masih memiliki beberapa kekurangan sehingga perlu pengembangan lebih lanjut, terutama materi atau pengaturan diit perlu mengadaptasi NCP.

12 PENGEMBANGAN SELANJUTNYA

13 TERIMA KASIH 51 K453P


Download ppt "PENGGUNAAN IT PADA KONSULTASI GIZI I. Haeruman T., Instalasi Gizi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung JL. Pasteur No. 38 Bandung gmail.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google