Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menyusun Kalimat dalam Surat Rolyana Febrinnia Sibuea Hutagalung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menyusun Kalimat dalam Surat Rolyana Febrinnia Sibuea Hutagalung."— Transcript presentasi:

1 Menyusun Kalimat dalam Surat Rolyana Febrinnia Sibuea Hutagalung

2 Penguasaan kosa kata secara baik belum dapat menjamin seseorang dapat menyususn kalimat dengan baik. Diperlukan pengetahuan dan ketrampilan khusus untuk dapat menyususn kalimat. Agar surat bisnis dapat dipahami dengan mudah, sebaiknya kalimat yang disusun dalam surat bisnis itu dibuat singkat, padat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang majemuk.

3 Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari gabungan beberapa kalimat. Kalimat itu terdiri dari induk kalimat dan anak kalimat.

4 Contoh Kalimat majemuk: Hari Kamis Bapak Direktur Utama meresmikan dibukanya perusahaan baru yang telah mulai dibangun lima tahun yang lalu ketika pemasaran produk-produk perusahan tumbuh sangat pesat. Lebih mudah dimengerti: Hari Kamis Bapak Direktur Utama meresmikan dibukanya perusahaan baru. Perusahaan baru itu telah mulai dibangun lima tahun yang lalu ketika pemasaran produk-produk perusahaan tumbuh sangat pesat.

5 Jadi, cara yang dapat ditempuh untuk menulis kalimat yang mudah dan dipahami adalah dengan menggunakan pola kalimat yang dinamakan pola kanonik. Subjek + Predikat + Objek/Keterangan Bisnis berkembang pesat tahun ini Manajer Pemasaran melakukan penelitian pasar Direktur Utama mempromosikan Bapak Sindu sebagai Manajer Produksi yang baru

6 Contoh: Kalimat tidak efektif: Menurut rencana, dalam rapat itu akan dihadiri Direktur Utama.  Kalimat di atas tidak tepat karena subjek, yakni rapat itu, didahului dengan kata depan dalam. Kalimat efektif: Menurut rencana, rapat itu akan dihadiri Direktur Utama ( dalam di eliminasi) Menurut rencana, dalam rapat itu akan hadir Direktur Utama (dihadiri diganti dengan hadir)

7 Kalimat tidak Efektif: Menunjuk surat Saudara tertanggal 12 Februari  Kalimat menunjuk sebenarnya dipengaruhi oleh penggunaan sistem gramatika Bahasa Asing. Kalimat Efektif: Sehubungan dengan surat Saudara... Berdasarkan surat Saudara...

8 Kalimat tidak Efektif: Bersama ini kami mengundang Saudara menghadiri rapat yang akan diselenggarakan pada...  Penggunaan ungkapan bersamaan digunakan jika dalam surat undangan itu dilampirkan sesuatu. Kalimat Efektif: Dengan ini kami mengundang Saudara menghadiri rapat yang akan diselenggarakan pada...

9 Kalimat tidak efektif Atas perhatian dan kerjasamanya kami menghaturkan banyak terima kasih.  Dalam surat menyurat, kata sapaan yang digunakan harus merupakan kata sapaan untuk orang kedua spt Bapak, Ibu, Saudara atau Anda. Kalimat yang Efektif Atas perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

10 Kalimat tidak efektif Sambil menunggu kabar balasan dari Bapak sebelum dan sesudahnya tidak lupa kami sampaikan beribu-ribu terima kasih.  Kalimat surat bisnis itu harus singkat, padat, dan jelas. Kalimat jangan bertele-tele. Kalimat Efektif Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

11 Kalimat tidak Efektif: Demikian harap maklum dan mohon periksa adanya.  Kalimat ini sering ditemukan pada surat bisnis era 80-an. Kalimat penutup surat ini tidak jelas apa maksudnya. Kalimat Efektif: Demikian surat pesanan/undangan/penawaran kami. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

12 Kalimat tidak efektif Pertemuan itu akan membahas tentang rencana kenaikan upah minimum regional Kalimat efektif Pertemuan itu akan membahas rencana kenaikan upah minimum regional Dalam pertemuan itu akan dibahas rencana kenaikan upah minimum regional.

13 Alinea atau Paragraf Adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang secara bersama-sama membentuk satu kesatuan ide atau gagasan. Dalam sebuah alinea terdapat satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelasan. Pikiran utama dalam sebuah alinea dapat ditulis pada kalimat pertama atau kalimat terakhir dalam alinea tersebut. Jika pikiran utama dituliskan pada awal kalimat sebuah alinea, maka alinea ini bersifat deduktif. Jika pikiran utama dituliskan pada kalimat terakhir sebuah alinea, maka alinea tersebut bersifat induktif.

14 Alinea yang bersifat Deduktif Minum susu segar itu sangat penting bagi anak-anak. Dengan minum susu segar setiap hari anak-anak akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan fisik dan mental. Anak-anak yang minum susu segari secara teratur, pada umumnya akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik pada saat belajar daripada mereka yang jarang minum susu segar sebelum berangkat ke sekolah.

15 Alinea yang bersifat Induktif Anak-anak yang minum susu segar sebanyak paling sedikit satu gelas penuh seara teratur pada umunya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik pada saat belajar daripada mereka yang jarang minum susu segar sebelum berangkat ke sekolah. Dengan minum susu segar setiap hari, anak-anak akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan fisik dan mental. Dengan fakta tersebut nyatalah bahwa minum susu segar sangat penting bagi anak-anak.

16 Tugas: Tuliskan masing-masing 2 paragraf alinea yang bersifat Deduktif dan alinea yang bersifat Induktif yang berhubungan dengan bisnis.


Download ppt "Menyusun Kalimat dalam Surat Rolyana Febrinnia Sibuea Hutagalung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google