Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PGP (Pretty Good Privacy) Oleh Idris Winarno. Overview  Pendahuluan  Permasalahan dan alasan menggunakan PGP  Arsitektur X800 pada PGP  Prinsip kerja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PGP (Pretty Good Privacy) Oleh Idris Winarno. Overview  Pendahuluan  Permasalahan dan alasan menggunakan PGP  Arsitektur X800 pada PGP  Prinsip kerja."— Transcript presentasi:

1 PGP (Pretty Good Privacy) Oleh Idris Winarno

2 Overview  Pendahuluan  Permasalahan dan alasan menggunakan PGP  Arsitektur X800 pada PGP  Prinsip kerja PGP  Step by step  Demo

3 Pendahuluan Apa itu PGP  PGP (Pretty Good Privacy) adalah program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya  Program PGP yang dibuat oleh Phill Zimmermann ini memiliki 2 versi yaitu “USA version” dan “International version”

4 Pendahuluan  Blok diagram

5 Permasalahan dan alasan menggunakan PGP Permasalahan??? Dengan semakin luasnya penggunaan dari urusan rumah tangga sampai ke rahasia perusahaan dan bahkan rahasia negara, maka orang-orang kini mempertanyakan sejauh mana dapat dipercaya untuk membawa informasi-informasi yang sensitif bagi kita.

6 Permasalahn dan alasan menggunakan PGP Alasan menggunakan PGP?  Dengan PGP, kita mendapatkan lebih dari sekedar privasi. Kita dapat memastikan bahwa ini memang berasal dari si pengirimnya dan bukan palsu dari pembuat surat kaleng yang mengatas namakan orang lain.  Sebaliknya, kita juga dapat memastikan bahwa ini memang berasal dari si pengirimnya tanpa dapat disangkal oleh si pengirim tersebut. Kita juga dapat memastikan bahwa yang kita terima atau kirim itu masih utuh tidak kurang satu karakter pun dan masih banyak keuntungan lainnya.  PGP dapat diperoleh secara gratis untuk penggunaan pribadi. Kita dapat mendownload softwarenya pada saat kita terhubung dengan internet. Semua kunci pribadi dapat kita peroleh dan tidak ada biaya tambahan yang dibebankan untuk pembuatan sertifikat maupun tanda tangan digital yang disertakan

7 Arsitektur X800 pada PGP  Confidentiality PGP melakukan enkripsi pada plain teks ( ) menjadi teks yang teracak.  Message Integrity PGP memberikan jaminan untuk tiap bagian bahwa pesan tidak akan mengalami perubahan dari saat ia dibuat sampai saat dia dibuka  Non-repudiation Dengan PGP makan akan sulit bagi seorang pengirim untuk melakukan panyangkalan terhadap dokumennya. Hal ini di karenakan adanya Signature yang ada pada PGP.  Authentication Memberikan dua layanan. Pertama, mengidentifikasi keaslian suatu pesan dan memberikan jaminan keautentikannya. Kedua, menguji identitas seseorang apabila ia akan memasuki sebuah sistem

8 Prinsip kerja PGP  Penyandian PGP

9 Prinsip kerja PGP  Membuka sandi PGP

10 Prinsip kerja PGP  Digital Signature

11 Step by step  Membuat Public dan Private Key

12 Step by step  Membuat Public dan Private Key

13 Step by step  Membuat Public dan Private Key

14 Step by step  Membuat Public dan Private Key

15 Step by step  Membuat Public dan Private Key

16 Step by step  Membuat Public dan Private Key

17 Step by step  Pass Phrase  Sejenis password, namun lebih panjang  lebih baik jika campuran huruf besar, kecil dan dan angka  harus mudah diingat  Private key disimpan dlm file di komputer anda dalam bentuk tersandi oleh pass phrase  untuk dapat menggunakannya, anda harus memasukkan pass phrase anda  percuma mencuri file private key, jika tak tahu pass phrase nya..

18 Step by step  Membuat Public dan Private Key

19 Step by step  Membuat Public dan Private Key

20 Step by step  Mengeksport public key

21 Step by step  Mengimport public key

22 Step by step  Mengirim

23 Step by step  Mengirim

24 Step by step  Membaca

25 Step by step  Membaca

26 Step by step  Membaca

27 Step by step  Membaca

28 Demo

29 Sekian Dan Terima Kasih


Download ppt "PGP (Pretty Good Privacy) Oleh Idris Winarno. Overview  Pendahuluan  Permasalahan dan alasan menggunakan PGP  Arsitektur X800 pada PGP  Prinsip kerja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google