Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI POKOK AKUNTANSI BIAYA PENDAHULUAN 1. Uraian Singkat Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pendekatan teoritis yang disertai contoh-contoh mengenai:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI POKOK AKUNTANSI BIAYA PENDAHULUAN 1. Uraian Singkat Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pendekatan teoritis yang disertai contoh-contoh mengenai:"— Transcript presentasi:

1 MATERI POKOK AKUNTANSI BIAYA PENDAHULUAN 1. Uraian Singkat Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pendekatan teoritis yang disertai contoh-contoh mengenai: manajemen, controller dan akuntansi biaya; konsep biaya dan sistem informasi akuntansi biaya; sistem perhitungan biaya dan akumulasi biaya; sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan; just in time dan akuntansi backflush; sistem perhitungan biaya berdasarkan proses; biaya mutu dan akuntansi untuk production loss; perhitungan biaya untuk produk sampingan dan produk gabungan; pengendalian, perhitungan biaya dan perencanaan bahan baku; FOH yang dianggarkan, aktual dan pembebanannya; FOH departementalisasi; akuntansi berdasarkan aktifitas. 2. Tujuan Instruksional Umum (TIU) Meningkatkan minat mahasiswa untuk mempelajari dan mendalami akuntansi biaya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan oleh manajer.

2 B. PEDOMAN MENGIKUTI KULIAH AKUNTANSI BIAYA 1. Kegiatan Belajar Kegiatan perkuliahan dilakukan dalam berbagai bentuk untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran, yaitu: Membaca bacaan yang relevan sebelum pertemuan dimulai. Presentasi dari pengajar tentang berbagai konsep dan permasalahan berkaitan dengan pokok bahasan. Latihan, mahasiswa diwajibkan untuk mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku wajib mengenai pokok bahasan yang telah dipresentasikan sesuai dengan petunjuk Dosen. Tugas, mahasiswa diwajibkan untuk mengerjakan tugas mandiri di rumah. Bentuk tugas dapat berupa latihan dan problem yang terdapat dalam buku wajib atau bentuk lainnya sesuai dengan instruksi Dosen. Ujian, dimaksudkan untuk mengukur kemampuan mahasiswa menerapkan berbagai konsep yang telah dibahas atau untuk memperdalam pemahaman tentang suatu konsep tertentu.

3 2.Buku Bacaan (Referensi) Sebelum dimulainya kuliah, maka kepada seluruh mahasiswa diharapkan telah membaca materi yang akan dibahas. Sebagai buku referensi digunakan: Carter, Wiiliam K. and Milton F. Usry, 2002, Cost Accounting, 13 th Edition, Thomson Learning Custom Publishing, Cincinnati, Ohio (C). 3. Penilaian a. Tugas Mandiri Tugas mandiri akan diberikan oleh masing-masing Dosen minimal satu kali sebelum UTS dan satu kali sebelum UAS. Nilai maksimal dari tugas mandiri adalah sebesar 100, nilai ini diberikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Universitas Tarumanagara. b. Kuis Kuis akan diberikan pada perkuliahan minimal satu kali sebelum UTS dan satu kali sebelum UAS. Tujuan dari pemberian kuis ini untuk menunjang kurikulum berbasis kompetensi serta memantau sampai sejauh mana penguasaan mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan, sekaligus untuk menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi UTS maupun UAS.

4 UnsurPersentase 1.Absensi (Minimal kehadiran 75%)0% 1.Tugas Mandiri (Maksimal nilai 100)20% 3. Ujian Tengah Semester35% 4. Ujian Akhir Semester45% Total100% c. Partisipasi di kelas Mahasiswa diberikan kesempatan maju ke depan kelas untuk berpartisipasi menjawab soal latihan yang sedang dikerjakan atau menjawab pertanyaan secara lisan yang diberikan oleh Dosen saat mengajar atau diskusi. Besarnya nilai partisipasi diberikan relatif menurut pertimbangan Dosen, dimana nilai ini dapat digunakan untuk membantu memperbaiki nilai tugas mahasiswa yang kurang baik. d. Nilai Komprehensif Perhitungan nilai komprehensif terdiri dari unsur-unsur absensi, tugas mandiri, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Persentase dari masing-masing unsur seperti tertera di bawah ini: Nilai KomprehensifHuruf A 70 - < 80B 56 - < 70C 45 - < 56D < 45E

5 Tatap MukaMateri 1Bab 1: Manajemen, Kontroler, dan Akuntansi Biaya 2Bab 2 : Konsep Biaya dan Sistem Informasi Akuntansi Biaya Bab 4 : Sistem Perhitungan Biaya dan Akumulasi Biaya 3Bab 5 : Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan (Job Order Costing) 4Bab 10 : Just-In-Time dan Backflushing 5, 6Bab 6 : Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing) 7Bab 7 : Biaya Mutu dan Akuntansi untuk Kehilangan dalam Proses Produksi UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) 8,9Bab 8 : Perhitungan Biaya untuk Produk Sampingan dan Produk Gabungan 10Bab 9 : Bahan Baku: Pengendalian, Perhitungan Biaya dan Perencanaan 11Bab 12 : Overhead Pabrik: Anggaran, Aktual, dan Pembebanan 12Bab13 : Biaya FOH: Departementalisasi 13Bab 14: Akuntansi Aktivitas: Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas dan Manajemen Berdasarkan Aktivitas UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) C. MATERI PERKULIAHAN AKUNTANSI BIAYA


Download ppt "MATERI POKOK AKUNTANSI BIAYA PENDAHULUAN 1. Uraian Singkat Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pendekatan teoritis yang disertai contoh-contoh mengenai:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google