Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FLUIDA TAK BERGERAK Tekanan (P) adalah Gaya (F) yang diderita sebuah benda tiap satu satuan luas (A) Sehingga dirumuskan …. P = F/A Bila yang memberi tekanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FLUIDA TAK BERGERAK Tekanan (P) adalah Gaya (F) yang diderita sebuah benda tiap satu satuan luas (A) Sehingga dirumuskan …. P = F/A Bila yang memberi tekanan."— Transcript presentasi:

1 FLUIDA TAK BERGERAK Tekanan (P) adalah Gaya (F) yang diderita sebuah benda tiap satu satuan luas (A) Sehingga dirumuskan …. P = F/A Bila yang memberi tekanan adalah karena berat sebuah benda yang lain, maka F = w yaitu berat benda ( w = m.g) Karena m = ρ.V, maka w = ρ.V.g Karena Volume benda teratur adalah luas alas (A) kali tinggi (h), maka V = A.h dan berarti w = ρ.A.h.g Akhirnya P = F/A = w/A = ρ.A.h.g/A = ρ.h.g Tekanan tersebut disebut dengan tekanan hidrostatik.

2 FLUIDA TAK BERGERAK P = F/A = w/A = ρ.A.h.g/A = ρ.h.g Keterangan : P = tekanan (N/m 2 ) ρ = massa jenis fluida (Kg/m 3 ) h = kedalaman titik yang dihitung tekanannya diukur dari permukaan fluida. g = percepatan grafitasi (m/dt 2 )

3 Gaya Archimedes Bila sebuah benda berada di atas atau di dalam fluida, maka benda akan menerima gaya angkat ke atas sebesar berat fluida yang dipindahkan(didesak) oleh benda tersebut. F A = ρ.g.V F A = gaya Archimedes (N) ρ = massa jenis fluida (Kg/m 3 ) G = percepatan grafitasi (m/dtk 2 ) V = volume benda yang tercelup dalam fluida (m 3 )

4 Gaya Archimedes Bilamana keadaan benda yang berada dalam fluida spt pada gambar adalah setengah volume benda tercelup, maka nilai V pada persamaan F A = ρ.g.V adalah hanya 0,5 kali Volume benda seluruhnya. fluida FAFA


Download ppt "FLUIDA TAK BERGERAK Tekanan (P) adalah Gaya (F) yang diderita sebuah benda tiap satu satuan luas (A) Sehingga dirumuskan …. P = F/A Bila yang memberi tekanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google