Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Marsiyamsih (1113023039)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Marsiyamsih (1113023039)"— Transcript presentasi:

1

2 Oleh : Marsiyamsih ( )

3 KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Pengertian Kelarutan dan hasil kali kelarutan Pengertian Kelarutan dan hasil kali kelarutan Penyebab Kelarutan Gaya yang mempengaruhi Kelarutan Faktor-faktor yang MemperCepat Kelarutan Contoh Kelarutan Hubungan Ksp dan Kelarutan Hubungan ion senama terhadap kelarutan Memprediksi Pengendapan Berdasarkan Harga Q Memprediksi Pengendapan Berdasarkan Harga Q

4 Pengertian Kelarutan dan Hasil Kali kelarutan  Kelarutan adalah Jumlah maksimum zat terlarut yang dapat larut dalam pelarut.  Hasil Kali kelarutan adalah kondisi suatu zat yang dapat larut dalam air hingga tercapai kondisi tepat jenuh.  Dalam larutan jenuh konsentrasi garam sukar larut membentuk kesetimbangan baru yang disebut konstanta hasil kali kelarutan (Ksp)

5 PENYEBAB KELARUTAN Kelarutan terjadi akibat hasil interaksi antara molekul air yang bersifat polar dengan ion yang membentuk kristal. Selain kepolaran yang menyebabkan suatu zat dapat/tidak dapat larut dalam air adalah adanya ikatan hidrogen. Zat- zat yang dalam air dapat membentuk ikatan hidrogen, biasanya larut dalam air.

6  Gaya tarik menarik antara molekul H 2 O dengan ion padatan. Gaya ini cenderung membawa ion ke dalam larutan. Jika gaya relatif besar, maka senyawa akan lebih larut dalam air.  Gaya tarik menarik antara ion yang berlawanan muatan. Gaya ini menyebabkan ion tetap dalam keadaan padat. Ketika gaya ini besar, maka kelarutan akan sangat kecil.

7 Faktor-faktor yang MemperCepat Kelarutan Suhu Kelarutan suatu solut pada pelarut tertentu sangat bergantung pada suhu. Kelarutan akan semakin meningkat jika suhu dinaikkan melebihi 100º C. Solut ionik yang terlarut pada air bersuhu tinggi. Jenis pearut Kemampuan pelarut dalam melarutkan zat terlarut berbeda-beda Tekanan Tekanan sangat berpengaruh terhadap kelarutan; namun biasanya lemah dan diabaikan pada praktiknya.

8  NaCl = 0,615 mol/100 g air  NaBr = 0,919 mol/100 g air  NaNO 3 = 1,08 mol/100 g air  MgSO 4 = 1,83 x mol/100 g air  CaSO 4 = 4,66 x mol/100 g air.

9 H UBUNGAN K SP DAN K ELARUTAN Nilai Ksp dapat dihitung berdasarkan nilai kelarutannya dan nilai kelarutan dapat dihitung berdasarkan nilai Ksp. Hubungan tersebut dapat di tulis: S s s S =

10 Kelarutan akan semakin berkurang jika ditambahkan suatu bahan/reagen yang mengandung ion senama. Contohnya: Kelarutan Ag2CrO4 dalam larutan AgNO3 0,1 M = 2,4 x mol/L. Kira-kira 351 ribu kali lebih kecil dibandingkan dengan kelarutannya dalam air.

11  Jika Q < Ksp, maka Tidak terbentuk endapan  Jika Q = Ksp, maka larutan yang terbentuk tepat jenuh.  Jika Q > Ksp, maka larutan yang terbentuk sangat jenuh dan terbentuk endapan.

12


Download ppt "Oleh : Marsiyamsih (1113023039)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google