Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertumbuhan Toko Modern terkait Perilaku Konsumen (bahasan tugas perorangan) Pedagang dan pasar tradisional di daerah perkotaan semakin terjepit oleh ekspansi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertumbuhan Toko Modern terkait Perilaku Konsumen (bahasan tugas perorangan) Pedagang dan pasar tradisional di daerah perkotaan semakin terjepit oleh ekspansi."— Transcript presentasi:

1 Pertumbuhan Toko Modern terkait Perilaku Konsumen (bahasan tugas perorangan) Pedagang dan pasar tradisional di daerah perkotaan semakin terjepit oleh ekspansi toko- toko modern. Dan tanpa perlindungan sistematis, keberadaan pasar tradisional dipastikan akan tergerus. Pesatnya pertumbuhan toko modern ditengarai terkait perubahan perilaku konsumen yang menginginkan keamanan berbelanja, kepastian harga, dan tanpa tawar menawar.

2 Tipe Konsumen Tipe konsumen dapat dikelompokkan/menurut kategori sbb.: 1.Pembeli Pria (mudah terpengaruh) 2.Pembeli Wanita (sulit dipengaruhi oleh penjual) 3.Pembeli Remaja (mudah dipengaruhi oleh penjual) 4.Pembeli Lansia (dipengaruhi oleh pengalaman) 5.Pembeli Ragu-ragu (sulit dalam pengambilan keputusan) 6.Pembeli yang Sadar (memiliki informasi sebelumnya tentang apa yang diinginkan/dibeli).

3 SEGMENTASI PASAR Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, dimana masing-masing segmennya cendrung bersifat homogen dalam segala aspek. Berdasar segmen tersebut, kemudian perusahaan berusaha mengembangkan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing- masing segmen.

4 MANFAAT SEGMENTASI PASAR Segmentasi pasar didasarkan pada kelompok- kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk dan memerlukan bauran pemasaran (marketing mix) tersendiri. Manfaat segmentasi pasar (London & Della Bitta, Consumer Behavior: Concept and Applications, McGraw Hill Inc.,1984), antara lain; cepat dapat mendeteksi kecendrungan perubahan pasar, merencanakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, dll.

5 SEGMENTASI PASAR YANG EFEKTIF Menurut Philif Kotler( baca buku Manajemen Pemasaran), segmentasi pasar yang efektif : Dapat diukur; besar dan daya beli segmen harus dapat diukur dengan tingkat tertentu, Dapat dicapai; seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif, Cukup besarnya; suatu kelompok akan pantas disebut segmen bila cukup besar atau cukup menguntungkan, Dapat dilaksanakan; seberapa jauh efektif dapat disusun untuk menarik bagi segmen.

6 Mendalami berbagai Definisi/Pengertian Perlu mendalami lebih lanjut (tugas mandiri) pengertian dan pembahasan rinci tentang hal-hal berikut: behavior (isme), perilaku manusia, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia, Perilaku ekonomi, Pasar tradisional, Pasar modern.


Download ppt "Pertumbuhan Toko Modern terkait Perilaku Konsumen (bahasan tugas perorangan) Pedagang dan pasar tradisional di daerah perkotaan semakin terjepit oleh ekspansi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google