Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi User - Sistem Batch input Direct manipulation.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi User - Sistem Batch input Direct manipulation."— Transcript presentasi:

1

2 Komunikasi User - Sistem Batch input Direct manipulation

3 INTERAKSI user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang)

4 INTERAKSI KOMUNIKASI USER – SISTEM GAGAL ? user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang)

5 INTERAKSI user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang) KOMUNIKASI USER – SISTEM GAGAL ?

6 TERMINOLOGI dalam INTERAKSI Domain Domain daerah keahlian & pengetahuan dalam kegiatan nyata daerah keahlian & pengetahuan dalam kegiatan nyata Task Task operasi yang memanipulasi konsep pada domain Goal Goal output yang diinginkan dari sebuah tugas Intention Intention aksi khusus yang disyaratkan untuk mencapai tujuan aksi khusus yang disyaratkan untuk mencapai tujuan Task Analysis Task Analysis melibatkan identifikasi problem space untuk user dari sistem interaktif dalam aspek domain, tugas, tujuan, rencana. Menilai sistem interaktif

7 System defined core languange Atribut komputasI User defined task languange Atribut psikologis

8 MODEL INTERAKSI (DONALD NORMAN)

9

10 PEMODELAN SISTEM

11 Model konseptual atau model perancang: – model yang diciptakan oleh perancang Gambaran sistem (system image) – sistem yang diciptakan oleh perancang dan dilihat oleh pengguna – menyangkut apa yang terlihat di layar tampilandokumentasi Model mental (pengguna): – model yang diciptakan oleh pengguna ketika pengguna berinteraksi dengan suatu sistem – model mental terbentuk jika USER pernah menggunakan sistem

12 INTERFACE menyebabkan MASALAH bagi USER GULF of EXECUTION Perbedaan antara formulasi user aksi untuk mencapai tujuan dengan aksi yang diperbolehkan sistem GULF of EVALUATION Perbedaan antara presentasi fisik state sistem dengan harapan user

13

14

15 ERGONOMI Karakteristik fisik dari interaksi Interface meningkatkan/menurunkan kinerja user

16 Pengaturan Kontrol & Display Fungsional Kontrol & display diatur sedemikian rupa sehingga terhubung secara fungsional Sekuensial Kontrol & display diorganisasikan dengan menunjukkan urutan penggunaannya Contoh : area penerbangan (aviation) Frekuensi Fungsi yang paling sering, diletakkan pada lokasi yang mudah diakses

17 Posisi Fisik user dapat menjangkau semua kontrol nyaman, semua display terlihat Temperatur Penelitian menunjukkan bahwa kinerja user akan menurun pada suhu yang tinggi/rendah – hilang konsentrasi Pencahayaan Pencahayaan yang cukup harus tersedia untuk memudahkan user melihat user Suara/Kebisingan Waktu Display CRT tidak baik dilihat dalam waktu lama

18

19 Sistem Interaktif

20 TUJUAN SISTEM INTERAKTIF an interactive system allows for a dialog between the computer and the user Prof. Dr. Armin B. Cremers

21 TUJUAN SISTEM INTERAKTIF How to make USABLE How to measure the USABILITY

22 PARADIGMA INTERAKSI PRINSIP USABILITY

23 PARADIGMA INTERAKSI Kemajuan teknologi komputer dan membangun aplikasi kreatif meningkatkan kualitas interaksi

24 Time Sharing System Beberapa terminal terhubung seri ke host komputer

25 Time Sharing System Beberapa terminal terhubung seri ke host komputer Sistem menjadikan user lebih REAKTIF & KOLABORATIF

26 Video Display Unit ( VDU ) Tampilan di layar lebih baik daripada cetakan untuk menyajikan informasi strategis dalam jumlah besar yang digunakan untuk pemrosesan cepat

27 Programming Toolkit dari alat bantu pemrograman ini diharapkan akan tercipta sistem interaktif yang lebih kompleks

28 Sistem Window & Sistem WIMP Untuk mencapai tujuan user  perlu mengaktifkan beberapa window secara bersamaan

29 Personal Computer teknologi tak selalu harus canggih melainkan nyaman digunakan

30 Model Interaksi manusia - komputer Command Line

31 Interaksi berbasis Bahasa Alami Perlu sistem penterjemah pada 2 arah

32 Natural Languange User  semakin luwes bahasa yang digunakan, lebih baik Perancang sistem  makin luwes bahasa user, makin rumit sistem penterjemah

33 Perintah Terjemahkan bahasa dBase : DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0 Cetak daftar semua mahasiiswa dengan IP > 3.0

34 keuntungan - tidak memerlukan sintaks khusus, - luwes, - alamiah kelemahan mempunyai dualisme, bertele-tele, tidak efisien dan perancangan perangkat lunaknya sangat rumit

35 Tipe Interaksi Menu - Pilih mouse/tombol

36 Tipe Interaksi Borang

37 SISTEM PENJENDELAAN

38 Manfaat Penjendelaan Penampilan lebih banyak informasi Pengaksesan lebih banyak sumber informasi Pengkombinasian berbagai informasi Pengontrolan bebas atas sejumlah program

39 Direct Manipulation Respon cepat secara visual & audio pada layar memudahkan pemberian informasi mengenai aksi user WYSIWYG (repesentasi dokumen final nantinya)

40 Penerapan Manipulasi Langsung Editor WYSIWYG SIMULATOR Kontrol Lalu Lintas Penerbangan

41

42

43 LEARNABILITY Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif & mencapai performance maksimal”

44 LEARNABILITY SYNTESIZABILITY Mendukung user  memperkirakan efek dari operasi sebelumnya pada keadaan sekarang

45 LEARNABILITY FAMILIARITY Pengetahuan & pengalaman user dalam dunia nyata dapat diterapkan saat berinteraksi dengan sistem baru  affordance

46 FLEXIBILITY Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi

47 ROBUSTNESS MENGGUNAKAN KOMPUTER UNTUK MENCAPAI SEKUMPULAN TUJUAN YANG TERKAIT DENGAN PEKERJAANNYA Observability - Analisis Terperinci & Pemahaman Atas Kebutuhan User - Bunyi, Tulisan Tidak Boleh Menganggap Semua user telah mahir dalam menggunakan Komputer

48 PERANCANGAN TAMPILAN INTERFACE YANG BAIK = TAMPILAN MENARIK PERANCANG HARUS: -BERJIWA SENI -MENGERTI PENGGUNA -MAMPU MENDOKUMENTASI

49 DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas (lembar kerja tampilan) n Pengisian data Pribadi Nama : Alamat : Tgl. Lahir : Navigasi : -Klik “selesai” ganti tampilam dengab no. 1 - klik “simpan” aktifkan penyimpan berkas - klik “Batal” kosongkan borang Keterangan : -Judul jendela pakai arial 12point - teks pakai arial 10 No. sheet : 5 simpanBatalselesai

50 DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas ( jaring semantik tampilan) T1 T2 T3 ESC Alt-X T5 selesai T4 cetak simpan

51 DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas b. Menggunakan peranti Prototype c. Menulis tekstual (kaitan masing-masing jendela) d.Menggunakan CASE

52 DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas b. Menggunakan peranti Prototype c. Menulis tekstual (kaitan masing-masing jendela) d.Menggunakan CASE Note : b & d tidak selalu diterapkan, berharga cukup mahal

53 CASE

54 CARA PENDEKATAN (PROGRAM APLIKASI) Special purpose software General purpose software Special purpose software General purpose software

55 Special Purpose Software User Centered Design User Design

56 General Purpose Software Menekan “memaksa” user menggunakan sistem dengan CUSTOMIZATION

57 `


Download ppt "Komunikasi User - Sistem Batch input Direct manipulation."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google