Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesi 1: PERUSAHAAN DAERAH DALAM PERSPEKTIF STRATEGIS Dr. Heru Kurnianto Tjahjono.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesi 1: PERUSAHAAN DAERAH DALAM PERSPEKTIF STRATEGIS Dr. Heru Kurnianto Tjahjono."— Transcript presentasi:

1 Sesi 1: PERUSAHAAN DAERAH DALAM PERSPEKTIF STRATEGIS Dr. Heru Kurnianto Tjahjono

2 PERSPEKTIF STRATEGI AGENCY THEORY TRANSACTION COST RESOURCE DEPENDENCE POPULATION ECOLOGY INSTITUTIONAL

3 WHAT IS STRATEGY? DESIGN PLANNING POSITIONING COGNITIVE ENTEPREUNEURIAL CULTURAL POWER LEARNING ENVIRONMENTAL CONFIGURATIONAL

4 Shared values Structure System Strategy Staff Skill Style Politics Demographic Economic Regulation Social Technology Human Right Government Bureaucracy Globalization McKinsey 7’s Model Organizational Effectiveness

5 Sesi 2: KONSEP PERAN DAN PEMBERDAYAAN BUMD Dr. Heru Kurnianto Tjahjono

6 Latar Belakang Dalam hubungan ini, sebagai sumber-sumber penerimaan daerah keseluruhannya dalam pelaksanaan otonomi dan desentralisasi ini adalah: (a) Pendapatan Asli Daerah; (b) Dana Perimbangan; (c) Pinjaman Daerah dan (d) Lain-lain Penerimaan yang sah. Sumber PAD tersebut meliputi; (a) hasil pajak daerah; (b) hasil retribusi daerah; (c) hasil perusahaan milik daerah dan hasil kekayaan daerah lainnya yang dipisahkan dan (d) lain- lain PAD yang sah.

7 Latar Belakang Tujuan dibentuknya BUMD : untuk melaksanakan pembangunan daerahmelalui pelayanan jasa kepadamasyarakat, penyelenggaraan kemanfaatan umum dan peningkatan penghasilan pemerintah daerah.

8 Latar Belakang Studi Biro Analisa Keuangan Depkeu (1997): perkembangan BUMD secara kuantitatif cukup pesat, yaitu dari 122 buah pada awal Pelita I hingga mencapai 651 buah pada tahun Namun tidak diikuti dengan peningkatan pada sisi kualitasnya, yang antara lain dapat dilihat dari kemampuan BUMD dalam memobilisasi dan menghasilkan pendapatannya.

9 Analisis Internal dan Eksternal Analisis Eksternal Analisis Internal

10 Analisis Eksternal

11 Analisis Internal Isu 1: Seberapa baik strategi saat ini berjalan? Isu 2: Apa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman? Isu 3: Apakah biaya dan harga kompetitif? Isu 4: Apakah lebih kompetitif dibandingkan pesaing kunci?

12 Strategi BUMD Meningkatkan kinerja Usaha (1) Strategi Pengusahaan Perusahaan, - tindakan memperbaiki kinerja perusahaan, (a) Mengatasi kelemahan internal diantaranya melalui penetapan kembali core business, likuidasi unit bisnis yang selalu rugi, dan memperbaiki sistem manajemen organisasi; (b) Memaksimumkan kekuatan internal, yang antara lain dengan cara mengkonsentrasikan bisnis pada usaha yang berprospek tinggi, memperluas pasar dengan mempertahankan dan mencari pelanggan baru, serta mencari teknik produksi baru yang dapat meningkatkan efisiensi usaha; (c) Mengatasi ancaman eksternal, dengan cara memperbaiki mutu produk dan jasa, meningkatkan kualitas SDM serta meningkatkan kreativitas dan keaktifan tenaga pemasaran dalam mencari terobosan baru; dan (d) Memaksimumkan peluang eksternal, yang antara lain melalui upaya kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan sejenis atau yang dalam keterkaitan. Contoh joint venture

13 (2) Strategi Penumbuhan Perusahaan, adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan sesuai dengan ukuran besaran yang disepakati untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. BUMD dikatakan tumbuh jika perusahaan daerah itu berhasil meningkatkan antara lain, volume penjualan, pangsa pasar, besarnya laba dan aset perusahaan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan agar perusahaan terus tumbuh berkembang diantaranya adalah mengkonsentrasikan bisnis pada produk yang representatif, melakukan perluasan pasar, pengembangan produk baru, dan integrasi horizontal dan/atau vertikal. Strategi BUMD ….

14 (3) Strategi Penyehatan Perusahaan, yaitu yang dilakukan melalui pendekatan strategik dan pendekatan operasional. Dalam pendekatan strategik, misalnya, jika terjadi kesalahan strategis seperti ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan misinya, maka perlu dilakukan penilaian menyeluruh terhadap bisnis yang dilakukan untuk perubahan dan penyempurnaannya. Sedangkan dengan pendekatan operasional ditujukan untuk melakukan perubahan operasi perusahaan tanpa merubah strategi bisnis. Dalam hubungan ini langkah-langakah yang biasa diambil olehperusahaan dalam rangka penyehatan operasi diantaranya adalah: (a) Meningkatkan penghasilan yang diperoleh dengan berbagai teknik bisnis, misalnya pemotongan harga, peningkatan promosi, penambahan dan perbaikan pelayanan konsumen, memperbaiki saluran distribusi dan memperbaiki kualitas produk, dan (b) Melaksanakan pemotongan biaya (penghematan). Strategi BUMD ……….

15 Strategi Generik

16 Rantai Nilai Perusahaan


Download ppt "Sesi 1: PERUSAHAAN DAERAH DALAM PERSPEKTIF STRATEGIS Dr. Heru Kurnianto Tjahjono."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google