Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis. Mengapa perlu melakukan pemodelan bisnis ?  Untuk memahami organisasi, sistem yang saat ini bekerja di organisasi yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis. Mengapa perlu melakukan pemodelan bisnis ?  Untuk memahami organisasi, sistem yang saat ini bekerja di organisasi yang."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis

2 Mengapa perlu melakukan pemodelan bisnis ?  Untuk memahami organisasi, sistem yang saat ini bekerja di organisasi yang bersangkutan, serta perangkat lunak bekerja di organisasi yang bersangkutan, serta perangkat lunak yang saat ini dimiliki.  Untuk membantu proses rekayasa-ulang, serta mengembangkan kakas-kakas pelatihan yang baik.  Untuk memahami dan mendokumentasikan apa yang sesungguhnya organisasi kerjakan.  Diagram-diagram pada pemodelan bisnis akan membantu kita untuk memahami keuntungan apa yang diperoleh dunia luar dari organisasi kita serta bagaimana organisasi kita akan berusaha mencapai sasaran-sasarannya.  Membantu dalam usaha rekayasa ulang.

3 Pemodelan Bisnis sebagai Proses Iteratif  Urutan yang paling umum dalam pengembangan perangkat lunak adalah sebagai berikut : 1. Pemodelan Bisnis - Diagram use case bisnis - Activity diagram - Entitas-entitas bisnis 2. Pemodelan Use Case - Aktor-aktor - Use case - Diagram use case

4 3. Analisis - mendeskripsikan use case. - melengkapi spesifikasi - sequence dan collaboration diagram. - diagram kelas peringkat analisis. 4. Perancangan - sequence dan collaboration diagram peringkat perancangan. - diagram kelas peringkat perancangan. - statechart diagram (jika diperlukan). - component diagram - deployment diagram 5. Implementasi - penulisan kode program (coding). - pengujian. - proses-proses deployment.

5 Konsep-konsep Pemodelan Bisnis  Aktor Bisnis : semua orang atau segala sesuatu di luar organisasi yang berinteraksi dengan organisaasi itu.

6  Pekerja Bisnis : peran yang dimainkan seseorang atau sesuatu dalam organisasi.

7  Use case bisnis : sekelompok aliran kerja dalam organisasi yang menyediakan fungsi tertentu bagi para aktor bisnis.

8  Diagram use case bisnis : memperlihatkan hubungan-hubungan antara aktor-aktor bisnis, use case bisnis dan pekerja- pekerja bisnis untuk suatu organisasi. Take Order Sales Collect Funds Make Part Ship Part Manufacturing

9  Activity Diagram : berguna untuk memodelkan aliran- aliran kerja dari suatu use case dalam bentuk grafis.

10  Entitas Bisnis : suatu objek yang digunakan oleh organisasi untuk mengendalikan bisnisnya.  Unit Organisasi

11 Mengidentifikasi aktor bisnis  Untuk mendapatkan aktor-aktor bisnis, kita seharusnya melihat pada lingkup proyek dimana kita akan dikembangkannya serta berusaha menentukan apa yang ada di luar lingkup proyek kita.  Kita juga harus menentukan segala sesuatu yang ada di luar batasan bisnis kita, entah itu orang-orang, perusahaan- perusahaan, serta entitas-entitas lainnya.

12 Mengidentifikasi pekerja bisnis  Untuk mengidentifikasi pekerja-pekerja bisnis, sekali lagi kita harus melihat pada lingkup proyek kita.  Pertimbangkan setiap peran dalam struktur organisasi itu alih-alih posisinya.  Pertimbangkan bahwa seseorang mungkin memiliki peran-peran yang berbeda dalam bisnis tersebut.

13 Mengidentifikasi use case bisnis  Untuk mengidentifikasi use case bisnis, kita bisa memulainya dari pernyataan visi dan misi organisasi, yang merupakan peringkat tertinggi dari sasaran bisnis dalam menciptakan nilai-nilai tertentu bagi lingkungannya.

14 Mengidentifikasi interaksi-interaksi  Menggambarkan diagram use case bisnis yang memperlihatkan interaksi-interaksi yang terjadi di antara mereka.  Suatu tanda panah yang berarah dari pekerja bisnis ke use case bisnis menggambarkan bahwa pekerja bisnis memulai proses tertentu yang dilukiskan dengan use case.

15 Mendokumentasikan rincian  Untuk tiap use case bisnis, dokumentasikan aliran-aliran kerja dalam tiap use case.

16 latihan  Buat activity diagram dalam kegiatan menelpon !


Download ppt "Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis. Mengapa perlu melakukan pemodelan bisnis ?  Untuk memahami organisasi, sistem yang saat ini bekerja di organisasi yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google