Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CCED UNILA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UNIVERSITAS LAMPUNG Center for Career and Entreprenurship Development PROFIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CCED UNILA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UNIVERSITAS LAMPUNG Center for Career and Entreprenurship Development PROFIL."— Transcript presentasi:

1 CCED UNILA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UNIVERSITAS LAMPUNG Center for Career and Entreprenurship Development PROFIL

2 CCED UNILA Sambutan Rektor Universitas Lampung Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraakatuh, Tabik Puun ! Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menganugrahkan kita semua berbagai nikmat yang selayaknya kita syukuri sehingga kita terus dapat beraktivitas dan terus berkarya untuk melanjutkan dharma membangun Universitas Lampung yang kita cintai bersama menuju pencapaian visi unila yang telah diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Unila 2005 – 2025, yaitu; “Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh terbaik di Indonesia (Top Ten University)”.

3 CCED UNILA Sambutan Rektor Universitas Lampung Era globalisasi yang penuh persaingan pasar kerja, baik ditingkat lokal, nasional maupun global, memerlukan lulusan perguruan tinggi yang mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab berdasarkan kompetensi, kreativitas dan inisiatif. Universitas Lampung sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan output berupa lulusan-lulusan terdidik dan terampil terus mengupayakan peningkatan daya saing lulusan agar mampu berkompetisi di pasar kerja maupun menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Indikator pertama yang dipakai untuk mengukur daya saing lulusan, yaitu kecepatan penyerapan lulusan oleh dunia kerja atau lamanya waktu tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama. Namun bukan hanya sekedar memperoleh pekerjaan, tetapi kualitas pekerjaan yang diperoleh lulusan menunjukkan gambaran kompetensi yang telah dimiliki oleh lulusan tersebut. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan merupakan lembaga yang dibentuk oleh Universitas Lampung yang bertujuan menyiapkan dan membekali lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan dunia kerja agar mampu bersaing dan menjembatani lulusan Universitas Lampung bukan hanya agar dapat terserap di pasar kerja tetapi bisa menghasilkan wirausahawan yang menciptakan lapangan pekerjaan baru.

4 CCED UNILA Hal tersebut menjadikan UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung memiliki peranan strategis dalam menciptakan lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Harapan agar UPT. Pengembangan Karir Kewirausahaan mampu memberikan kontribusi terbaiknya bukan hanya dalam meningkatkan kemampuan daya saing lulusan melalui berbagai kegiatan yang mengarah pada peningkatan keterampilan dan keahlian mahasiswa dan lulusan, akan tetapi juga harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak (stakeholders) khususnya dunia usaha dan industri. Selain itu juga UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan berkewajiban melakukan tracer study secara berkelanjutan dan meningkatkan serta mengembangkan budaya wirausaha dikalangan mahasiswa dan alumni. Untuk pencapaian hal tersebut, perlu melakukan terobosan-terobosan dengan tetap berpedoman pada kebijakan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Strategik Universitas Lampung. Sambutan Rektor Universitas Lampung

5 CCED UNILA Akhirnya, S emoga UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Unila dapat memberikan kontribusi terbaik sehingga tujuan agar Lulusan Universitas Lampung dapat sukses baik karir maupun berwirausaha dapat terwujud serta mampu mengambil bagian dalam proses pencapaian visi Unila. Amin. Bandarlampung, 01 Oktober 2014 Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. NIP Sambutan Rektor Universitas Lampung

6 CCED UNILA PENGANTAR WAKIL REKTOR BIDANG KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI UNIVERSITAS LAMPUNG Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberikan kekuatan dan kesempatan dalam rangka ikhtiar membangun bangsa dan negara Indonesia. Salah satu tantangan Indonesia untuk maju adalah belum optimalnya pembangunan Sumber Daya Manusia. Semakin tingginya tingkat produktifitas perguruan tinggi menghasilkan lulusan menciptakan ledakan angkatan kerja muda terdidik yang semakin menambah berat beban permasalahan bangsa Indonesia. Ledakan angkatan kerja muda terdidik ini membutuhkan penanganan secara serius, terukur dan efektif karena masalah pengangguran intelektual merupakan problem yang cukup rawan.

7 CCED UNILA PENGANTAR WAKIL REKTOR BIDANG KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI UNIVERSITAS LAMPUNG Pengangguran tenaga muda terdidik merupakan pemborosan sumber daya. Padahal dalam situasi Indonesia yang sedang membangun, bukan saja yang dibutuhkan sumber daya alam, modal, tetapi juga sumber daya manusia yang berkualitas untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan sumber daya lainnya. Oleh karena itu, tenaga kerja muda terdidik yang mengganggur perlu diarahkan agar menjadi sumber daya produktif, baik untuk peningkatan taraf hidup diri sendiri maupun orang lain. Dengan komitmen dan konsistensi yang tinggi, kami yakin permasalahan diatas dapat segera ditemukan solusinya. Universitas Lampung melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan yang berfungsi sebagai lembaga yang menghubungkan dunia pendidikan dan dunia usaha, akan terus melakukan upaya-upaya nyata untuk membekali alumni Unila dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja maupun memperkokoh budaya wirausaha mahasiswa dan alumni sehingga membantu alumni untuk meningkatkan produktifitas ekonominya.

8 CCED UNILA PENGANTAR WAKIL REKTOR BIDANG KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI UNIVERSITAS LAMPUNG Upaya yang dimaksud adalah dengan melaksanakan program dan kegiatan yang mengarah pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya di Provinsi Lampung. Saya Wakil Rektor III Universitas Lampung selaku penanggungjawab jalannya program dan kegiatan UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung berharap semoga dapat mengambil peran dalam peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa dan alumni Universitas Lampung agar dapat terserap oleh kalangan dunia usaha atau menjadi pelaku usaha. Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Bandar Lampung, 01 Oktober 2014 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung Prof. Dr. Sunarto, S.H., M.H. NIP

9 CCED UNILA I. PENDAHULUAN  Aspek Ketenagakerjaan dalam dunia industri merupakan faktor yang esensial, dimana saat ini terjadi kesenjangan antara tenaga kerja yang dihasilkan oleh dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha.  Pendidikan yang selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan industri akan menjamin kualitas yang berkelanjutan. Sebagai salah satu indikator penting dalam kualitas pendidikan, relevansi menjadi kata kunci yang harus diperhatikan dalam membangun dan mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia.  Pembangunan pendidikan seharusnya membawa dampak terhadap kualitas Sumber Daya Manusia atau modal manusia (human capital) di Indonesia yang terampil dan kreatif, namun hal tersebut belum maksimal karena angka pengangguran masih relatif tinggi.

10 CCED UNILA I. PENDAHULUAN  Tantangan pembangunan pendidikan ke depan akan meningkat karena kebutuhan dan peran pendidikan untuk membentuk SDM yang handal. Hal ini terkait dengan upaya untuk memenuhi komitmen global dalam mencapai sasaran Milenium Development Goals (MDGs), Education for All (EFA), dan Education for Sustainable Development (EfSD)  Beberapa permasalahan yang menjadi penyebab tingginya angka pengangguran berpendidikan tinggi diantaranya adalah : 1.Ketidaksesuaian antara pemerolehan kompetensi pendidikan dengan kebutuhan / persyaratan lapangan kerja yang tersedia, 2.ketidakseimbangan antara permintaan dengan penawaran, serta kualitas SDM yang dihasilkan. 3.Banyaknya job seeker bila dibandingan job maker.

11 CCED UNILA I. PENDAHULUAN  Dalam upaya mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Lampung sebagai penghasil tenaga kerja dan wirausahawan perlu hadir menjadi solusi permasalahan di atas,  Dilatarbelakangi penjabaran di atas, Universitas Lampung Melalui pengembangan UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan sebagai upaya mengatasi permasalahan karir dan kewirausahaan mahasiswa dan alumni sedini mungkin melalui penyiapan ketrampilan (softskill), kepemimpinan dan kewirausahaan sekaligus penyiapan data base alumni.

12 CCED UNILA II. LANDASAN KEBIJAKAN Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301); Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Lembaga Layanan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 48, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4502);

13 CCED UNILA II. LANDASAN KEBIJAKAN Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157); Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2011;

14 CCED UNILA II. LANDASAN KEBIJAKAN Keputusan Menteri Keuangan Nomor 501/KMK.05/2009 tentang Penetapan Universitas Lampung pada Departemen Pendidikan Nasional Sebagai Instansi Pemerintah Yang Menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata kerja Universitas Lampung

15 CCED UNILA III. Visi VISI “MENJADI PUSAT JASA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PERGURUAN TINGGI 10 TERBAIK (TOP TEN) DI INDONESIA”

16 CCED UNILA IV. Misi MISI Melaksanakan penelusuran dan pendataan lulusan (Tracer study) Membina mahasiswa dan alumni melalui p ela- tihan untuk meningkatkan kewirausahaan Memberikan layanan perekrutan, Pembinaan dan konsultasi karir Memberikan layanan dan menjalin kerjasama dengan stake holder serta peningkatan mutu kelembagaan

17 CCED UNILA V. TUJUAN 1 2 Menyiapkan lulusan dengan penyiapan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja dan dunia usaha; 3 Mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja melalui data base/ tracer study lulusan yang dihasilkan Universitas Lampung 4 Meningkatkan layanan dan jalinan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri guna mendukung sinergisitas perguruan tinggi dan dunia kerja dan dunia usaha. Menumbuhkan minat dan budaya kewirausahaan serta melahirkan wirausahawan baru dari lulusan Universitas Lampung Penyelenggaraan program sistem pengembangan UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan bertujuan untuk:

18 CCED UNILA TEXT Penyusunan dan pelaksanaan rencana strategik kelembagaan Penerapan manajemen mutu 1.Penguatan dan pengembangan kelembagaan berbasis kinerja Penciptaan kesekretariatan yang mendukung suasana kerja Evaluasi kinerja kelembagaan secara berkelanjutan VI. Program dan Kegiatan

19 CCED UNILA 2.Peningkatan kajian ilmiah Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan kewirausahaan VI. Program dan Kegiatan Melakukan kegiatan diskusi, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya tentang ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan kewirausahaan Menerbitkan publikasi tentang dunia ketenagakerjaan dan Sumber Daya Manusia dan kewirausahaan

20 CCED UNILA 3.Meningkatnya daya saing lulusan/ alumni VI. Program dan Kegiatan a.Tersedianya dokumen sistem evaluasi lulusan (tracer study) yang berisi kebijakan, strategi, peraturan dan borang monitoring dan evaluasi lulusan yang sesuai standar b.Melaksanakan tracer study secara berkelanjutan

21 CCED UNILA TEXT a.Tersedianya instrumen penilaian kepuasan mahasiswa dan alumni yang sesuai dengan standar c.Menyelenggara kan berbagai pelatihan bagi mahasiswa/ alumni dalam peningkatan soft skill 4.Menyelenggarakan jasa pelatihan bagi mahasiswa dan alumni b.Menyelenggarakan dan menyediakan layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa /lulusan yang sesuai stand ar VI. Program dan Kegiatan

22 CCED UNILA TEXT a.Menyediakan website PKK yang dapat diakses oleh mahasiswa dan alumni serta dunia usaha c. Membuat brosur, famlet dan media sosialisasi, promosi lainnya 5.Meningkatkan promosi dan sosialisasi kerjasama pengembangan SDM dan penyaluran lulusan Unila dengan instansi pemerintah (pusat dan daerah) dan swasta b. Melakukan sosialisasi dan promosi PKK unila kepada stake holders d. Menjalin kerjasama baik swasta, BUMN & BUMD serta instansi pemerintah VI. Program dan Kegiatan

23 CCED UNILA TEXT 6.Menyelenggarakan program magang kerja bagi mahasiswa/alumni VI. Program dan Kegiatan a. Menyelenggarakan program magang mahasiswa dan alumni pada perusahaan, BUMN dan Instansi Pemerintah b. Menyelenggarakan program magang mahasiswa dan alumni pada perusahaan, BUMN, BUMD dan Swasta

24 CCED UNILA TEXT a.Menyelenggara kan pameran kewirausahaan c. Memfasilitasi terbentuknya inkubator bisnis 7. Menumbuhkan dan mengembangkan minat dan budaya berwirausaha serta mendorong lahirnya wirausahawan dari mahasiswa dan alumni b.Menyelenggara kan kajian ilmiah baik diskusi, seminar, kuliah umum dan kajian ilmiah lainnya tentang kewirausahaan d.Memfasilitasi Kerjasama dunia usaha dengan mahasiswa atau alumni yang berwirausaha VI. Program dan Kegiatan

25 CCED UNILA TEXT 8.Menyalurkan dan meningkatkan aksesibilitas mahasiswa/i dan alumni ke dunia kerja VI. Program dan Kegiatan a.Menyediakan informasi kerja kepada mahasiswa dan alumni b.Menyelenggara kan bursa /pameran kerja (job fair dan bursa kerja) secara periodik

26 CCED UNILA TEXT 9.Menyediakan jasa perekrutan, pembinaan dan konsultasi pengembangan SDM bagi dunia usaha, BUMN & BUMD serta instansi pemerintah. VI. Program dan Kegiatan a.Menyediakan jasa perekrutan, pembinaan dan konsultasi pengembangan SDM bagi pihak swasta, BUMN & BUMD serta instansi pemerintah yang membutuhkan. b.Melakukan dokumentasi hasil kegiatan pembinaan dan konsultasi pengembangan

27 CCED UNILA VII. KONSEP KELEMBAGAAN 1. Ketua 2. Divisi-divisi Divisi Tracer Study dan Teknologi Informasi Divisi Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir Divisi Kemitraan dan Penjaminan Mutu Koordinator Assesement Center 4. Dukungan Administrasi Kantor dan Umum (Ka. Sub. Bagian TU)  Administrasi Umum dan Keuangan  Administrasi Program dan Kegiatan  Administrasi Pelayanan Pelanggan (Customer Service) dan Promosi  Administrasi IT  Administrasi Perlengkapan, Kebersihan dan Ekspedisi

28 CCED UNILA Penasehat Wakil Rektor I Wakil Rektor II Penasehat Wakil Rektor I Wakil Rektor II Pembina Rektor Universitas Lampung Pembina Rektor Universitas Lampung SUB. BAG. TU Penanggungjawab Wakil Rektor III Penanggungjawab Wakil Rektor III Ketua Kepala Divisi Tracer Study dan IT Kepala Divisi Tracer Study dan IT 1. Staff Administrasi Umum dan Keuangan 2. Staff Layanan Pelanggan dan Promosi 3. Staff Program dan Kegiatan 4. Staff Teknologi Informasi 5. Staf Perlengkapan, Kebersihan dan ekspedisi 6. Staf Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP) 1. Staff Administrasi Umum dan Keuangan 2. Staff Layanan Pelanggan dan Promosi 3. Staff Program dan Kegiatan 4. Staff Teknologi Informasi 5. Staf Perlengkapan, Kebersihan dan ekspedisi 6. Staf Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP) Kepala Divisi Kewirausahaan, Inkubator Bisnis Kepala Divisi Kewirausahaan, Inkubator Bisnis Kepala Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir Kepala Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir Kepala Divisi Kemitraan dan Penjaminan Mutu Kepala Divisi Assesment Center VIII. BAGAN STRUKTUR ORGANISASI

29 CCED UNILA Pembina: Rektor Universitas Lampung Penasehat: Wakil Rektor I Wakil Rektor II Penanggungjawab: Wakil Rektor III Kepala UPT: Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A. Kepala Sub. Bag TU: Achmad Syarifudin, SH Kepala Divisi Tracer Study: Dedy Yuliawan, S.E., M.Si. Kepala Divisi Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis: Deddy Aprilani, S.AN, M.A. Kepala Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir: Diah Utaminingsih, S. Psi, MA., Psi. Kepala Divisi Kemitraan dan Penjaminan Mutu: Helvi Yanfika, S.P., M.E.P. Kepala Divisi Assesment Center: Shinta Mayasari, S.Psi., M.Psi., Psi. Bendahara Pembantu Pengeluaran : Samsul Bahri,SH. Staf Pendukung Administrasi Umum dan Keuangan: Indrayani, SE. Administrasi Program dan Kegiatan: Dwi Nurcahyono, Dimas Pajar Kasih Administrasi Pelayanan Pelanggan: Fauziah Kemala, SH, MH Administrasi IT: Rendi Agung Wijaya, ST Perlengkapan dan ekspedisi: Budi IX. KEPENGURUSAN

30 CCED UNILA Bertanggung jawab terhadap perwujudan visi dan pelaksanaan misi PKK dengan mengkoordinasikan dan mengevaluasi seluruh kegiatan PKK sehingga terlaksananya program yang telah direncanakan Bertanggungja wab kepada Rektor Universitas Lampung Melaksanakan kegiatan manajerial di UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung X. Job Description Menjalin komunikasi dan kerjasama kepada pihak- pihak terkait baik Internal maupun Eksternal Ketua Melaksanakan berbagai kegiatan yang mengarah pada tanggung jawab ketua, meliputi:

31 CCED UNILA Melaksanakan kegiatan administrasi kantor dan administrasi umum guna mendukung Pelaksanaan program dan kegiatan Divisi Membantu pelaksanaan program dan menjalin kerjasama dengan stakeholders Ka Subbag TU Melaksanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan kesekretariatan, meliputi: Melakukan perencanaan, pengawasan dan mengkoordinasikan kegiatan staf Pendukung guna keberhasilan program dan kegiatan X. Job Description

32 CCED UNILA X. Job Description Divisi Tracer Study dan IT Melakukan Sistem Tracer study on line berdasarkan panduan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Kemendiknas Merencanakan dan melaksanakan kegiatan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus dari Universitas Lampung, transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir Mendesain dan melaksanakan berbagai program dan kegiatan tracer study. Meliputi : Merencanakan dan mengembangkan Sarana Pendukung dan Informasi Teknologi guna memperlancar pelaksanaan operasional kelembagaan

33 CCED UNILA TEXT Mengelola dan mengembangkan inkubator bisnis dan Pengembangan minat dan budaya Kewirausahaan Menyelenggarakan kegiatan dan kajian ilmiah baik diskusi, seminar, kuliah umum dan kajian ilmiah lainnya tentang kewirausahaan Membina dan mengembangkan kerjasama dalam mengembangkan budaya kewirausahaan Divisi Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Merencanakan dan melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang terkait dengan pengembangan minat dan budaya kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni sehingga mampu mendorong dan menciptakan wirausahawan- wirausahawan dari kalangan mahasiswa dan alumni. Kegiatannya meliputi: Menyelenggara kan pelatihan- pelatihan Kewirausahaan mahasiswa dan alumni X. Job Description

34 CCED UNILA TEXT Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir Merencanakan dan melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembinaan dan konsultasi karir yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dan pengembangan sumber daya manusia baik untuk lingkungan intern Universitas (mahasiswa dan alumni) juga lingkungan ektern universitas, meliputi antara lain: b. Bursa Kerja (Job Fair) c. Bursa Kerja On Line d. Magang e. Pengembangan SoftSkill Mahasiswa a. Konseling Kerja dan Karir e. Melayani jasa pelatihan Pengembangan Softskill X. Job Description

35 CCED UNILA TEXT Divisi Assessment Center Merencanakan dan melaksanakan berbagai program dan kegiatan pengujian psikologi, pengukuran kinerja, penilaian untuk promosi meliputi antara lain: b. Human Resource Assessment c. Penilaian untuk Promosi a. Melaksanakan kegiatan layanan jasa rekrutment dan seleksi X. Job Description

36 CCED UNILA TEXT Divisi Kemitraan, Layanan Pelanggan dan Jaminan Mutu Merencanakan program dan kegiatan kemitraan dengan stakeholder dan penjaminan mutu kelembagaan ;meliputi antara lain: b. Melakukan penjaminan Mutu Internal c. Melakukan sosialisasi, promosi dan networking a. Menjalin kerjasama dan melayani kemitraan stake holders X. Job Description

37 CCED UNILA TEXT Sub. Bagian Administasi Umum dan Keuangan Membantu Kasub Bag TU dalam pengelolaan manajemen kantor (administrasi umum) dan keuangan a.Pengelolaan surat masuk dan keluar b. Akuntansi (penganggaran, penatausahaan dan pelaporan) X. Job Description

38 CCED UNILA TEXT Staf Adm. Program dan Kegiatan Membantu Kasub Bag TU dalam pelaksanaan administrasi dan pengarsipan serta pelaporan program dan kegiatan divisi-divisi, meliputi: a.Menyiapkan berbagai sarana dan Teknis pendukung pelaksanaan program dan kegiatan b. Pengarsipan dan dokumentasi program dan kegiatan c. Membantu penyelesaian laporan program dan kegiatan X. Job Description

39 CCED UNILA TEXT Staf Adm. Pelayanan Pelanggan dan Promosi Membantu Kasub Bag TU dalam pengelolaan pelayanan member dan mitra serta stake holder, meliputi; b. Melakukan Pendataan/ data base member, mitra dan stake holder a.Melakukan administrasi dan Layanan pelanggan, mitra dan stake holder X. Job Description

40 CCED UNILA TEXT Staf Administrasi IT Membantu Kasub Bag TU dalam pengelolaan Informasi dan Teknologi, sosialisasi dan promosi b. Melakukan pengarsipan dan pelaporan system IT lembaga a.Melakukan pengelolaan, pengembangan dan maintenance sistem IT seperti; website, social media, media partner, dan media sosialisasi dan promosi lembaga lainnya X. Job Description

41 CCED UNILA TEXT Staf Perlengkapan, Kebersihan dan Ekspedisi Membantu Kasub Bag TU dalam pengelolaan manajemen kantor (administrasi umum) dan keuangan a. Melaksanakan Pengelolaan kebersihan, kerapihan, konsumsi, dan perlengkapan kantor b. Melakukan pengiriman surat keluar dan ekspedisi lainnya X. Job Description

42 CCED UNILA XI. VALUE CHAIN UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PERIODE PEMBELAJARAN MASA KERJA BEKERJA MAHASISWA ALUMNI SMT-1SMT-2SMT-3SMT-4SMT-5SMT-6SMT-7SMT-8 BERBISNIS 4. ASSESSMENT CENTER 3. DIVISI PENGEMBANGAN KARIR 2. DIVISI KEWIRAUSAHAAN1. DIVISI TRACER STUDY PELATIHAN MAHASISWA PELATIHAN ALUMNI/MASYARAKAT NETWORKING

43 CCED UNILA XII. Penutup Demikian Profil Unit Pelakana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung. Semoga Transformasi kelembagaan dari Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) menjadi UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan ini dapat semakin memberi manfaat bagi seluruh stakeholders dan semakin meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan serta melahirkan wirausahawan wirausahawan yang handal dan berdaya saing dari mahasiswa dan alumni Universitas Lampung.

44 CCED UNILA Contacts: Fauzia Kemala Shinta, SH, MH ( ) Office: Universitas Lampung Jl. Sumantri Brojonegoro No 1 Gedung Balai Bahasa lt 1 Bandar Lampung Contacts: Fauzia Kemala Shinta, SH, MH ( ) Office: Universitas Lampung Jl. Sumantri Brojonegoro No 1 Gedung Balai Bahasa lt 1 Bandar Lampung


Download ppt "CCED UNILA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UNIVERSITAS LAMPUNG Center for Career and Entreprenurship Development PROFIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google