Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
April• Mei • Juni • 2014 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 Keith Augustus Burton, Kontributor Utama
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx Kristus dan Hukum-Nya Keith Augustus Burton, Kontributor Utama 2014 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 Kristus dan Hukum-Nya Pendahuluan Umum
“Dari sejak awal pertentangan besar di surga, sudah menjadi tujuan Setan untuk membuang hukum Allah.” (Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld 8, hlm 612) Mengapa? Karena hukum sebagai dasar pemerintahan Allah, mengungkapkan integritas moral alam semesta, dan merobohkan hukum tersebut adalah juga merobohkan aturan moral ciptaan itu sendiri.

6 Kristus dan Hukum-Nya Pendahuluan Umum
Allah menciptakan manusia sebagai ciptaan yang dapat mengasihi. Walaupun demikian, kasih tidak bisa ada tanpa kebebasan, yaitu kebebasan moral. Dan, kebebasan moral itu tidak dapat ada tanpa hukum, yaitu hukum moral. Kasih bersandar pada kebebasan, dan kebebasan bertumpu pada hukum. Sebab itu, inti pemerintahan Allah, yaitu dasar pemerintahan tersebut—suatu pemerintahan kasih—haruslah hukum-Nya.

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Pada Triwulan ini kita akan mempelajari hukum, khususnya membahas pertanyaan tentang mengapa begitu banyak orang Kristen –salah mengerti hubungan antara hukum dan anugerah—telah jatuh dalam jerat penolakan terhadap keabsahan yang berkelanjutan dari Sepuluh Hukum sehingga tanpa sadar sedang membantu usaha untuk “merubuhkan” hukum Allah

8 Kristus dan Hukum-Nya Daftar Isi:
1. Hukum-hukum di Zaman Kristus 2. Kristus dan Hukum Musa 3. Kristus dan Tradisi Keagamaan 4. Kristus dan Hukum Dalam Khotbah Di Atas Bukit 5. Kristus dan Hari Sabat 6. Kematian Kristus dan Hukum 7. Kristus, Kegenapan Hukum Taurat 8. Hukum Allah dan Hukum Kristus 9. Kristus, Hukum dan Injil 10. Kristus, Hukum dan Perjanjian-perjanjian 11. Para Rasul dan Hukum 12. Gereja Kristus dan Hukum 13. Kerajaan Kristus dan Hukum

9 HUKUM-HUKUM DI ZAMAN KRISTUS
Pelajaran 1 HUKUM-HUKUM DI ZAMAN KRISTUS

10 Kata-kata Pembuka Sepuluh Hukum bukan hanya sekedar suatu daftar kewajiban-kewajiban. Sebaliknya itu menyediakan kerangka moral untuk memelihara suatu hubungan perjanjian dengan Allah sebagai respons terhadap kasih-Nya

11 Tujuan Pelajaran Untuk membantu setiap anggota kelas Sekolah Sabat untuk menetapkan dasar suatu pendekatan yang lebih positif terhadap hukum Allah. Pelajaran ini juga penting untuk menyadarkan bahwa kita memerlukan hukum agar kita menikmati kualitas hidup yang lebih tingggi.

12 Ayat Hafalan “Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi mereka sendiri.” Roma 2:14

13 Pengantar Dalam zaman Perjanjian Baru, ketika seorang menggunakana kata umum untuk “hukum” (nomos dalam bahasa Yunani, lex dalam bahasa Latin, dan Torah dalam bahasa Ibrani), orang tersebut bisa saja sedang merujuk pada salah satu dari sekian banyak hukum. Pekan ini menyelidiki berbagai hukum yang berlaku di masyarakat pada zaman Kristus dan gereja yang mula-mula. Kita akan mempelajari pelbagai hukum tersebut tetapi hanya dalam konteks yang dapat menolong kita meletakkan fondasi tentang Sepuluh Hukum.

14 Understand the purposes of marriageA
Hukum-hukum di Zaman Kristus Selayang Pandang b 1. Hukum Romawi (Lukas 2:1-5) 2. Hukum Musa (Kisah 18:14, 15) 3. Hukum Moral (Yakobus 2:8-12)

15 Understand the purposes of marriageA
Hukum-hukum di Zaman Kristus b 1. Hukum Romawi (Lukas 2:1-5)

16 Hukum-hukum di Zaman Kristus 1. Hukum Romawi
Lukas 2:1-5 “... Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia... Demikian juga Yusuf pergi... Ke... Betlehem, karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud -- supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, ... yang sedang mengandung.”

17 Hukum Romawi Hukum Sipil
Sejak zaman republik yang mula-mula, orang-orang Roma telah menyadari betapa pentingnya hukum-hukum tertulis bagi keteraturan pemerintahan masyarakat. Faktanya, sistem hukum konstitusional yang dibentuk oleh orang-orang Roma tetap menjadi dasar system hukum yang banyak ditemukan dalam masyarakat demokratis saat ini.

18 Hukum Romawi Hukum Sipil
Hukum Roma berkenaan dengan aturan dalam masyarakat. Hukum itu tidak hanya tertuju pada hal-hal pemerintahan, tetapi juga pada perilaku hukum dalam ruang lingkup setempat. ... Hukum Roma juga berhubungan dengan hal-hal seperti perzinahan dan hubungan tuan dengan hamba. Banyak aturan sosial mirip dengan apa yang ada dalam Perjanjian Lama dan masyarakat lainnya.

19 Hukum Romawi Hukum Sipil
Romawi mengizinkan kerajaan-kerajaan jajahannya untuk mempertahankan kebiasaan-kebiasaan mereka, tetapi semua yang ditaklukkan diharapkan tunduk kepada hukum kekaisaran dan pembuat hukum. Terlepas dari pemeliharaan yang ajaib dalam kehamilan Maria dan campur tangan Tuhan yang jelas dalam kehamilan itu, dua orang tersebut (Yusuf dan Maria) tetap patuh pada hukum negara yang menuntut mereka. meninggalkan rumah mereka, bahkan ketika Maria sedang hamil tua.

20 DISKUSIKAN Pelajaran apakah yang Anda dapatkan dari pengalaman Yusuf dan Maria sehubungan dengan sikap mereka terhadap Hukum Sipil? Menurut Anda sebagai seorang anggota Gereja MAHK, bagaimanakah seharusnya sikap kita terhadap Hukum Sipil yang ada di tempat di mana kita berada?

21 Understand the purposes of marriageA
Hukum-hukum di Zaman Kristus b 2. Hukum Musa (Kisah 18:14, 15)

22 Hukum-hukum di Zaman Kristus 2. Hukum Musa
Kisah 18:14,15 “..., berkatalah Galio kepada orang-orang Yahudi itu: "Hai orang-orang Yahudi, jika sekiranya dakwaanmu mengenai suatu pelanggaran atau kejahatan, sudahlah sepatutnya aku menerima perkaramu, tetapi kalau hal itu adalah perselisihan tentang perkataan atau nama atau hukum yang berlaku di antara kamu, maka hendaklah kamu sendiri mengurusnya; aku tidak rela menjadi hakim atas perkara yang demikian.”

23 2. Hukum Musa Sipil Sekalipun orang-orang Yahudi berada dibawah pemerintahan Bangsa Roma..., mereka diberikan kewenangan terkait hal-hal khusus sehubungan dengan adat-istiadat dan agama mereka (lihat Kisah 18:15). Badan legislative yang bertanggungjawab untuk mengatur hukum Yahudi disebut Sanhedrin.

24 2. Hukum Musa Sipil Dewan ini terkadang disebut juga mahkamah, mahkamah Sanhedrin terdiri dari 71 orang yang dipilih dari antara para imam, tua-tua, serta para rabi dan diketahui oleh imam besar. Dewan ini berfungsi sebagai mahkamah tertinggi yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan, adat-istiadat, dan hukum-hukum orang Yahudi.

25 1. Membayar Pajak Bait Suci (Keluaran 30:13)
2. Hukum Musa Sipil Hukum kemasyarakatan Yahudi didirikan atas undang-undang sipil yang dinyatakan dalam lima kitab Musa...hukum-hukum tersebut dianggap sebagai hukum Musa. Contoh Hukum Musa: 1. Membayar Pajak Bait Suci (Keluaran 30:13) 2. Mengenai Perceraian (Ulangan 24:1-4) 3. Pernikahan Levirat (Ulangan 25:5) 4. Sunat bagi anak laki-laki (Imamat 12:3) 5. Pezina – dilontari batu (Ulangan 22:23,24)

26 2. Hukum Musa Upacara Hukum Upacara, berpusat pada kemah pertemuan dan bentuk-bentuk pelayanannya, ... semuanya ini dirancang untuk mengajar anak-anak Israel tentang rencana keselamatan dan menunjukkan kepada mereka Sang Mesias yang akan datang.

27 2. Hukum Musa Upacara Sistem upacara tersebut dimaksudkan berfungsi hanya sebagai contoh, yaitu lambang tentang kenyataan masa depan-kedatanganYesus dan kematian serta pelayanan Imam Besar-Nya. Sekali Dia telah memenuhi pekerjaan-Nya di atas dunia, sistem yang kuno ini –sekaligus dengan korban-korban, ritual-ritual, dan perayaan-perayaan-tidak lagi diperlukan.

28 2. Hukum Musa Rabi-rabi Orang-orang Yahudi ...juga telah terbiasa dengan hukum para rabi (yang adalah merupakan senjata cerdik dari orang Farisi. Mereka bertanggungjawab untuk memastikan agar hukum Musa tetap relevan bagi umat Yahudi. Mereka menggunakan hukum-hukum ini sebagai dasar bagi perundang-undangan mereka. Mereka menambahkan hukum-hukum tertulis ini dengan hukum lisan yang berisi tafsiran-tafsiran para rabi terkemuka.

29 Hukum lisan dikenal dengan halka, yang berarti “berjalan.”
2. Hukum Musa Rabi-rabi Hukum lisan dikenal dengan halka, yang berarti “berjalan.” halakoth rabbinic tersebut disusun dan dicatat dalam bentuk buku. Beberapa tafsiran dari zaman Yesus bertahan dalam komentar yang dikenal sebagai Midrash, sedangkan yang lainnya dicatat dalam kumpulan hukum yang disebut Mishnah

30 DISKUSIKAN Bagaimana menurut Anda tentang Hukum Musa. Apakah Anda setuju bahwa Hukum Musa itu tidak relevan lagi bagi kita umat Kristiani yang saat ini? Berilah pendapat Anda!

31 Understand the purposes of marriageA
Hukum-hukum di Zaman Kristus b 3. Hukum Moral (Yakobus 2:8-12)

32 Hukum-hukum di Zaman Kristus 3. Hukum Moral
Yakobus 2:8-12 “... jikalau kamu menjalankan hukum utama ..., kamu berbuat baik ... Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya ... Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang.

33 3. Hukum Moral Sepuluh Hukum
Sekalipun hukum Romawi, hukum Musa, dan hukum rabi-rabi telah banyak memberi dampak bagi kehidupan orang Yahudi ... banyak orang yang mengikuti agama Israel yang hidup di luar Palestina dan di seberang perbatasan Kekaisaran Romawi. Jadi, banyak dari hukum –hukum tersebut tidak memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Sebagai pengikut Allah orang Israel tentulah telah memelihara Sepuluh Hukum

34 3. Hukum Moral Sepuluh Hukum
Sepuluh Hukum melampaui semua tatanan hukum yang diperkenalkan kepada orang Yahudi di abad pertama. Sekalipun orang Farisi, yang dengan teliti menghafal 613 hukum Musa, mereka mengakui pentingnya Sepuluh Hukum.

35 3. Hukum Moral Sepuluh Hukum
Bagian Mishnah yang disebut Tamid (5:1) berisi perintah rabi-rabi untuk membaca Sepuluh Hukum setiap hari. Pada saat itu dipercaya bahwa semua hukum yang lain telah termasuk dalam Sepuluh Hukum.

36 DISKUSIKAN Wahyu 12:17 menempatkan penurutan kepada perintah Allah dalam konteks konflik terakhir antara baik dan jahat. Apakah menuruti perintah ini benar-benar menyelamatkan umat yang sisa ini, ataukah ini hanyalah suatu tanda lahiriah dari sesuatu yang lebih besar? Jelaskan jawaban Anda

37 Ellen G. White, Selected Messages,jld. 1, hlm. 230.
KUTIPAN ROH NUBUAT “Pengetahuan tentang hukum Allah dan rencana keselamatan diberikan kepada Adam dan Hawa oleh Kristus sendiri. Mereka dengan teliti menyimpan pelajaran penting itu lalu meneruskannya dengan kata-kata secara lisan kepada anak-anak mereka, dan kepada anak-anak dari anak-anak mereka. Dengan begitu, pengetahuan tentang hukum Allah telah dipelihara.” Ellen G. White, Selected Messages,jld. 1, hlm. 230.

38 RANGKUMAN Berbagai macam hukum mengatur masyarakat pada zaman Kristus. Suatu pemahaman tentang konteks sejarah dan budaya menyediakan sebuah kerangka bagi hukum moral Allah, yaitu sepuluh Hukum Allah

39 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Melalui pelajaaran ini kita diharapkan untuk memahami berbagai jenis hukum yang dirujuk di dalam Alkitab Sebagai seorang Kristen kita harus menghargai hukum Allah sebagai suatu ungkapan karekter dan kasih Allah yang kekal. Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab untuk mengasihi Allah dengan cara memelihara hukum-Nya

40 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google