Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Muhamad SE. MM. Facebook : Akuntansi Syariah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Muhamad SE. MM. Facebook : Akuntansi Syariah."— Transcript presentasi:

1 Muhamad SE. MM. Facebook : Akuntansi Syariah

2 Sesi I : 1. Penjelasan SAP dan komitmen proses pembelajaran (kontrak kuliah) 2. Islam sebagai agama yang lengkap dan universal 3. Islam suatu system hidup 4. Sistem ekonomi islam 5. Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional 6. Riba dalam Ekonomi Syariah

3 Penjelasan SAP dan komitmen proses pembelajaran (kontrak kuliah) Standard peraturan keterlambatan 15 menit 1. Hp semua bergetar atau tidak bersuara 2. Mahasiswa boleh pake sepatu sandal 3. Wajib mengikuti asistensi praktikum (untuk mata pelajaran tertentu) 4. Kuliah pengganti (isi POP min 1 hari sebelumnya) Standard penilaian : 1. Kehadiran ( 10%), 2. Tugas (10%), 3. Praktikum (10%), 4. UTS (30%), 5. UAS (40%)

4 Islam sebagai agama yang lengkap dan universal Setelah Pengangkatan Nabi Muhammad menjadi Rasul maka di mulailah penyempurnaan AGAMA ALLAH di muka bumi ini. Rasulullah dengan ahlak dan budipekerti nya dan dengan intelektualnya yg dimana setiap perkataan dan perbuatan Rasulullah adalah merupakan Ridho ALLAH SWT. Menyebarkan ajaran ISLAM di muka bumi ini.

5 Rasulullah di berikan ALQUR’AN oleh ALLAH SWT. Dimana al’quran adalah kitab suci umat islam bersama al hadist dan itjma ulama Al-Qur’an berisi wahyu wahyu ALLAH SWT yang disampaikan kepada Rasulullah. Dan Al-Qur’an berisi tentang perintah dan larangan ALLAH SWT terhadap manusia. Al-Qur’an isinya tidak pernah berubah sampai akhir zaman karena di jaga oleh ALLAH SWT. Jadi Al-Qur’an tidak menyesuaikan zaman namun zaman lah yang harus menyesuaikan dengan Al-Quran. Islam sebagai agama yang lengkap dan universal

6 Dari sisi ilmu pengetahuan, Akuntansi adalah ilmu informasi yang mencoba mengkonversi bukti dan data menjadi informasi dengan cara melakukan pengukuran atas berbagai transaksi dan akibatnya yang dikelompokkan dalam account, perkiraan atau pos keuangan seperti aktiva, utang, modal, hasil, biaya, dan laba. Dalam Al Quran disampaikan bahwa kita harus mengukur secara adil, jangan dilebihkan dan jangan dikurangi. Kita dilarang untuk menuntut keadilan ukuran dan timbangan bagi kita, sedangkan bagi orang lain kita menguranginya. Islam sebagai agama yang lengkap dan universal

7 Universal bermakna dapat diterapkan dalam setiap waktu dan setiap tempat sampai hari akhir nanti. Untuk penjelasan lebih luas dapat di baca pada buku referensi ekonomi syariah ( ahmad izzan dan syahri tanjung) penerbit rosda Islam sebagai agama yang lengkap dan universal

8 Dalam hal ini, Al Quran menyatakan dalam berbagai ayat, antara lain dalam surah Asy-Syu’ara ayat yang berbunyi:”Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan dan timbanglah dengan timbangan yang lurus. Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan dan bertakwalah kepada Allah yang telah menciptakan kamu dan umat-umat yang dahulu.”

9 Islam suatu system hidup Islam suatu system hidup : islam dengan kitab suci Al-quran sangat lengkap mengatur peradaban manusia yang akan menjadikan peradaban manusia itu menjadi lebih baik. Jadi yang dimaksud islam itu system yang hidup adalah islam akan terus sesuai dengan peradaban sampai akhir zaman. Hal ini berbeda dengan system sosialist, kapitalis, dan sistem-sistem konvensional lainnya. Dimana mereka berubah berubah sesuai zaman. Ketika zaman mereka tertimpa masalah maka systrem mereka tak di akui lagi. Islam suatu system hidup : islam telah menyempurnakan hukum dan tata cara manusia bertindak di segala bentuk kehidupan. Sehingga apapun zamannya islam adalah yang terbaik. Dengan syarat setiap manusia islam dapat menerapkan al-quran dalam kehidupan mereka.

10 Sistem ekonomi islam Sistem ekonomi islam adalah sebuah sistem yang dimana cara cara pengaplikasiannya tidak lepas dari Al-Qur’an, al hadist dan itjma ulama. Sistem ekonomi islam di mulai dari sejak masa Rasulullah sampai akhir zaman. Islam memandang bahwa bumi dan segala isinya merupakan “amanah dari Allah “ kepada manusia sebagai khalifah dimuka bumi.Untuk mencapai tujuan suci.. Allah memberi petunjuk melalui rasulNya. Diantaranya Akidah, Ahlak dan Syariat

11 Sistem ekonomi islam Sistem ekonomi islam juga merupakan sistem yg eternal muamalah hal ini karena adanya yang dinamakan thawabit wa mutagoyyirat (prinsip dan variabel) dal;am islam. Dicontohkan dengan ketentuan dasar ekonomi seperti larangan, pengenaan zakat dll. Variabel merupakan instrumen untuk melaksanakan prinsip tersebut, seperti mudarabah, murabahah, bai baithaman ajil dsb.

12 Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional Ekonomi syariah : Islam datang dg sistem nilai yg komprehensif dan terpadu. Islam mengatur bukan saja urusan dunia tetapi juga urusan akhirat.islam juga mengatur tentang aspek dan nilai dari professi akuntan, islam ingin menghantarkan semua pihak baik manajemen, karyawan, investor, analis, dan akuntan menuju keselamatan dunia dan akhirat. 1. filosofi islam: Tauhid uluhiyah Tauhid rububiyah Khilafah Tazkiyah Alfalah

13 Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional 2. konsep/ prinsip: Tertuang dalam alqur’an dan hadist yg dimplmentasikan oleh Rasulullah SAW. sedangkan teknik ada terdapat beberapa kesamaan.

14 Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional Ekonomi konvensional :sistem yang di redusir dari sistem kapitalis, sosialist, sistem sosial.cenderung bersifat sekuler. Sistem ini tidak mepercayai yang ghaib dan tidak memperdulikan akhirat. Kebenaran sistem ini hanya di nilai dari rasionalisme, empiris dan berbagai pengalaman atau zaman. 1. Filosofi sistem konvensional : keuntungan yg sebesar besarnya, tanpa bersentuhan dengan nilai nilai agama. 2. Konsep: kesejahteraan material yang bersifat liberal. Tidak berhubungan dengan agama.

15 Riba Riba : berasal dari bahasa arab yang berarti tambahan (alziyadah), berkembang (an numuw), meningkat (al irtifa), dan membesar (al uluw).dengan demikian riba dapat diartikan sebagai pengambilan tambahan dalam transaksi pinjam meminjam, bahkan tambahan dalam transaksi jual beli yang dilakukan secara batil dapat dikatakan riba. Riba : adalah sesuatu yang di haramkan dalam agama islam. Tetapi di sahkan bahkan di anjurkan dalam sistem ekonomi lain.

16 riba Riba akibat utang piutang: 1. Riba qardh, yaitu suatu tambahan atau tingkat kelebihan tertentu yang di syaratkan thd yang berutang. 2. Riba jahiliyyah, yaitu utang yang di bayar lebih dari pokoknya. Karena si peminjam tidak dapat membayar utang pada waktu yang ditetapkan.

17 riba Riba akibat jual beli : 1. Riba fadhl, pertukaran barang sejenis dengan kadar atau takaran berbeda dan barang yang di pertukarkan termasuk dalam jenis barang ribawi…( emas, perak, bahan makanan pokok beras,gandum dan barang makanan tambahan lauk pauk, sayur mayur dll) 2. Riba nasi’ah, yaitu penangguhan atas penyerahan atau penerimaan jenis barang ribawi yang di pertukarkan degan jenis barang ribawi lainnnya. Riba Nasi’ah terjadi karena perbedaan, perubahan dan tambahan antara yang diserahkan saat ini dan di serahkan kemudian.

18 Riba Pada tahun 1990 majalah infobank melakukan riset terhadap 489 responden yg terdidik di jakarta: Pendapat tentang suku bunga bank Tidak setuju31,7% Kurang setuju25,9% Sangat tidak setuju 8,1% 65,7% sedangkan yg tidak setuju 34,3%

19 Riba Motivasi menyimpan uang di bank: Untuk keamanan61,4% Untuk mendapatkan Hadiah 5,0% Lain lain22,7% Untuk Mendapatkan BUNGA10,9%

20 RIBA Ayat-ayat Al-Qur’an yang melarang riba : Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada ALLAH dan tinggalkan sisa riba (yang belum di pungut) jika kamu orang- orang yang beriman, (QS, albaqarah :278) Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa ALLAH dan Rasulnya akan memerangi kamu. Dan jika kamu bertobat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiya.(dirugikan).(QS albaqarah :279)

21 RIBA Orang orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan)penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah di sebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal ALLAH telah menghalalkan jualbeli dan mengharamkan riba. Orang- orang yang telah sampai kepadanya larangan dari tuhannya lalu terus berhenti(dari mengambil riba maka baginya apa yang diambilnya dahulu (sebelum datang larangan dan urusannya (terserah) kepada ALLAH. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuini penghuni neraka, mereka kekal didaalmnya ( QS Albaqarah: 275)

22 RIBA Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak bertambah di sisi ALLAH. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan ALLAH, maka (yang berbuat demikian) itulah orang orang yang melipat gandakan (pahalanya). (QSAr ruum : 39) Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan ALLAH tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (QS Albaqarah :276)

23 Riba Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah di larangh darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan batil. Kami telah menyediakan untuk orang orang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih (QS An Nisa: 161)

24 Riba Dari penjelasan ayat ayat Alqur’an tentang pengharaman RIBA maka mungkin terbersit di hati kecil manusia.. “ kalau begitu orang2 miskin tak kan dapat maju ekonominya karena tidak bisa meminjam kepada RENTENIR dan lembaga RENTENIR. Tetapi janganlah lupa bahwa ALLAH maha adil… ALLAH telah melakukan larangan tetapi juga menawarkan kebahagiaan.. Orang yang meberi pinjaman tanpa RIBA maka pahalanya lebih besar di banding orang yg bersedekah. Karena secara logika orang yg meminjam pasti mebutuhkan sedangkan orang yang memberi sedekah belum tentu orang tersebut (yang diberi sedekah membutuhkan).

25 Wallahu A’lam Bissawab … hanya ALLAH yang maha benar.


Download ppt "Muhamad SE. MM. Facebook : Akuntansi Syariah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google